Mengenal Lebih Dekat PCR Test untuk Mendiagnosis Covid-19

Sampai akhir tahun 2020 sepertinya masih akan terlihat suram karena belum terkendalinya Virus Corona yang mewabah di seluruh penjuru dunia. Imbasnya ke semua lini kehidupan kita dan saya pikir Anda juga pasti sudah merasakan dampaknya bukan?

Di negeri kita tercinta ini, sepertinya masih belum ada tanda-tanda untuk berhenti perang dengan Covid-19 ini. Terlebih lagi, Gubernur DKI baru-baru ini akan memberikan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang akan diberlakukan senin besok tanggal 14 September 2020.

Memang kita tidak asing lagi dengan adanya PSBB, karena memang sebelumnya pemerintah sudah memberlakukan PSBB beberapa bulan yang lalu saat mulai masuknya virus corona ke tanah air.

Setelah memberlakukan PSBB kemudian pemerintah mulai memberlakukan New Normal. Simpelnya sih gini meskipun virus corona masih terus mewabah di Indonesia, tapi masyarakat sudah bisa beraktivitas namun tetap menjaga protokol kesehatan. Ya kira-kira gitu sih. Hehe...

Sebagai warga negara yang baik kita juga wajib ikut andil dalam memutus penyebaran dengan mengurangi aktifitas di luar rumah dan jika harus pergi setidaknya selalu mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Jika Anda dari bepergian dari lokasi zona merah atau sedang mengalami tanda-tanda sakit seperti Covid-19. Ada baiknya sih langsung lakukan tes kesehatan untuk mendiagnosis virus corona sedini mungkin.

tes covid 19

Dalam mendiagnosis Covid-19, Indonesia menggunakan beberapa tes yang umum digunakan seperti Rapid Test dan Test PCR. Keduanya memiliki sejumlah perbedaan yang cukup signifikan.

Nah, dalam tulisan ini saya mau share informasi tentang PCR Test untuk mendiagnosis Covid 19. Untuk Rapid Test mungkin akan kami tulis di postingan selanjutnya ya.

Jadi, PCR adalah singkatan dari Polymerase Chain Reaction. Tes ini menggunakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Tes ini akan mendapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2.

Dari segi waktu, hasil Tes PCR bisa diketahui relatif lebih cepat. Tes ini dilakukan dengan menggunakan alat usap melalui hidung. Selain itu, pengambilan cairan tubuh juga bisa dilakukan melalui dahak.

Dari segi harga, Tes PCR cenderung lebih mahal dibandingkan tes lainnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan tes ini cenderung lebih mahal, mulai dari alat-alat medis dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada beberapa tempat ada yang mematok harga dari ratusan ribu hingga jutaan.

Tapi ditengah wabah seperti sekarang ini, untuk sekedar cari info terkait PCR Test rasanya ada takut-takut gimana gitu. Untungnya kita hidup di zaman serba digital yang bisa mencari informasi apapun lewat smartphone.

Terkait Tes PCR ini, ada sebuah aplikasi kesehatan yang memberikan solusi lengkap dan terpercaya yang bernama Halodoc. Pasti pernah dengan aplikasi Halodoc ini dong? Soalnya kan sering muncul juga di iklan-iklan televisi maupun iklan digital.

Salah satu layanan terbaik Halodoc saat ini adalah bisa mencari rumah sakit terdekat yang menyediakan Tes PCR beserta harganya secara lengkap hanya dengan sekali klik.

Enaknya itu, setelah kita mengetahui harga dan lokasi rumah sakit yang menyediakan Tes PCR. Kita bisa daftar langsung melalui Halodoc loh dan kita bisa menyesuaikan dengan jadwal yang tersedia.

Jadi, kita gak perlu lagi ribet untuk sekedar daftar dan antri karena bisa langsung daftar melalui Halodoc.

Aplikasi Halodoc sudah tersedia di Google Play Store dan juga Apple Store. Silahkan langsung mengunduh aplikasi tersebut untuk mendapatkan informasi selengkapnya.



Rifqi Banyol Silahkan berkunjung ke blog gue ya bro. Thanks supportnya! Disini bro! Banyolanesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel