Yuk Kita Bernostalgia dengan Jajanan Sekolah Jaman Dulu. Masih Ingat gak?

Masa kanak-kanak, khususnya ketika menduduki bangku Sekolah Dasar (SD) merupakan masa-masa paling menyenangkan dan penuh nostalgia menurut gue.

Masih jauh dari berbagai konflik rumit prahara duniawi, pertemanan yang masih murni, pelajaran sekolah yang belum terlalu sulit, hingga jajanan sekolah enak dan selalu nangkring di depan gerbang setiap pulang sekolah. 

Menurut temen-temen semuanya, mana nih diantara itu semua yang paling bikin rindu masa SD? Hehe...
nostalgia dengan jajanan sekolah zaman dulu
Banyak diantara kita yang justru rindu akan jajajan sekolah yang rutin dikonsumsi sepulang sekolah sambil menanti jemputan orang tua. Meskipun gue termasuk orang yang gak terlalu suka jajan, terkadang gue suka kangen juga sama jajanan masa kecil.

Perubahan zaman membuat jajanan sekolah sedikit mengalami perubahan seperti jajanan masa SD yang sudah naek kelas menjadi jajanan mall atau bahkan ada beberapa jenis jajanan sekolah zaman dulu yang udah gak pernah gue temui lagi saat ini, yang membuat kerinduan gue akan masa-masa SD semakin bertambah besar. Serius! banyak banget jajanan SD yang enak tapi udah gak pernah gue temui lagi. Kangen parah!

Oleh karena itu, dalam rangka mengobati rindu, gue mau sedikit membahas mengenai beberapa jenis jajanan sekolah enak yang sempat trend di era anak 90an yang sebagian besar udah jarang atau bahkan gak pernah gue temui lagi.


Jajanan Sekolah Enak Trend Anak 90an

1. Chiki

Meskipun jajanan yang satu ini dipenuhi dengan micin yang cenderung kurang sehat, namun tidak bisa dipungkiri bahwa makanan ringan satu ini banyak dirindukan oleh sebagian besar generasi 90an.

Sering kali dijumpai di warung-warung, bahkan pernah gue ngerasain harganya masih 100 rupiah cuy. Anjir! Inflasi dari zaman gue SD parah banget. Hahaha...

Chiki itu sendiri sering gue jumpai dengan aneka ragam rasa yang nikmat, mulai dari rasa coklat, keju, hingga ayam, yang membuat anak-anak tidak akan bosan. Sayang seribu sayang, jajanan sekolah enak ini udah jarang gue temui lagi, baik itu di warung ataupun di mini market manapun. Mungkin karena sudah tergeser dengan aneka ragam jajanan enak lainnya.


2. Rambut Nenek

Rasa manis dengan tekstur yang seperti rambut seorang nenek, entah dari mana asalnya jajanan sekolah enak satu ini justru dinamai dengan nama ‘Rambut Nenek’. Ada yang tau jawabannya? :D

Terbuat dari gula, rambut nenek sering kali disajikan dengan biskuit tipis yang nikmat. Kamu bisa memakannya satu per satu ataupun dibentuk seperti burger.

Selain enak, rambut nenek juga salah satu jenis jajanan sekolah enak yang nagihin. Dijamin kamu ingin terus menyantapnya.

Tetapi, perlu hati-hati ya. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak jika tidak mau gigi menjadi ompong dan berlanjut ke sakit gigi. Intinya sih, harus rajin sikat gigi deh!

Hingga saat ini, rambut nenek masih banyak gue temui dibeberapa tempat dari Abang gerobak ala kadarnya sampai abang gerobak kekinian.


3. Nyam Nyam

Dengan logo ciri khas singa berwarna kuning, hampir semua generai 90an pasti pernah atau tau makanan ringan yang satu ini. Meskipun merupakan salah satu jajanan sederhana, yakni biskuit yang dicelupkan ke dalam saus coklat yang lezat, nyaris semua anak-anak 90an menyukainya. Kalian suka juga kan? Hehehe

Dulu, nyam nyam memiliki beraneka ragam rasa dan jenis. Selain biskuit yang dicelupkan dengan aneka ragam rasa saus, seperti coklat, strawberry, dan chocoberry.

Nyam nyam juga memiliki variasi jenis lainnya, seperti nyam nyam rice crispy, mister nyam nyam, nyam nyam olez, nyam nyam face cookies, dan masih banyak lagi.

Hanya saja saat ini serial jajanan nyam nyam udah gak selengkap dulu. Kemasannya pun juga sudah berubah dan makin mengecil dengan harga yang semakin mahal.


4. Wafer Superman

Yang terakhir adalah wafer superman. Jajanan sekolah satu ini masih dijual, baik itu di warung maupun di mini market, meskipun sudah tidak mudah untuk ditemukan.

Selain dijadikan sebagai camilan ringan sepulang sekolah, wafer superman juga sering kali dijadikan sebagai bingkisan kado untuk anak-anak. Ada pernah ngado ke doi pake wafer superman? Hehe


* * *
Waktu kecil sih gue masih belum takut untuk jajan macem-macem, yang penting keliatan enak dan berwarna pasti langsung gue sikat deh.

Klo saat ini sih gue udah mulai memikirkan makanan sehat yang baik untuk tubuh. Udah mulai sok ahli gizi walaupun sering lupa. Ya walaupun masih sering khilaf untuk jajan aneh-aneh. Hehehe

Gue merasa bener-bener bikin nostalgia bahas jajanan sekolah era 90an itu. Dan gue amati juga, budaya jajan sepulang sekolah sering gue liat di anak-anak SD zaman now. Bahkan gak jarang juga, banyak para pelaku usaha yang memanfaatkan momen ini untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan dengan omzet yang dihasilkan bisa mencapai puluhan juta. Mantul banget!

Oh iya, untuk temen-temen semuanya yang ingin ikut menjajal peluang usaha jajanan sekolah tapi masih bermodal kecil. Tidak perlu kuatir, karena jajanan sekolah tidak terlalu membutuhkan modal yang gede.

Dan gue mau kasih beberapa jenis jajanan sekolah masa kini yang bisa temen-temen jadikan referensi peluang usaha dengan omzet yang menggiurkan melaui link berikut ini https://www.cekaja.com/info/ide-usaha-jajanan-anak-sekolah-yang-beromzet-jutaan-rupiah/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel