Cara Menambah Berat Badan Bagi Tubuh Kurus

Dalam kesempatan ini gue mau berbagi informasi tentang Cara Menambah Berat Badan Bagi Tubuh Kurus. Kenapa gue share hal ini, karena gue juga merasakan kesulitan untuk menambah berat badan. Kamu juga tipe orang yang makan banyak, tapi gak gemuk juga? Wajib baca deh tulisan ini!
Cara Menambah Berat Badan
Informasi yang gue dapet ini bersumber dari video Denny Santoso. Buat kamu yang suka dengan dunia Enterpreneur dan digital marketing, pasti tau siapa itu Denny Santoso. Selain itu, beliau juga sering share tentang dunia kesehatan. Gue baru tau juga, ternyata beliau adalah founder duniafitnes.com.

Dalam video itu, Denny Santoso menjelaskan tentang tipe tubuh manusia yakni Ectomorph. Tipe tubuh manusia Ectomorph adalah tipe atau bentuk tubuh yang cenderung kurus dan langsing. Biasanya orang yang memiliki jenis tubuh itu sangat ingin sekali menaikkan berat badan, salah satunya adalah gue.

Gue udah melakukan banyak cara menambah berat badan seperti makan banyak, makan lebih sering, makan sayur, bahkan makan apapun tanpa pantangan sudah gue lakukan. Tapi, cara itu belum mampu menambah berat badan tubuh gue. Paling, perut gue sedikit lebih maju. Tapi secara keseluruhan sih tetap begitu-begitu aja, kurus dan cukup ramping lah. :D

Dijelaskan juga bahwa tubuh tipe ectomorph ini tidak bisa menyimpan lemak, sehingga dengan tubuh seperti ini, tidak bisa menaikkan berat badan dengan cara menambah lemak atau makan banyak. Karena tubuh Ectomorph, tidak didesain untuk menyimpan lemak.

Klo pola makan seperti itu terus dilakukan dengan makan sering dan makan banyak dengan berharap dapat menambah berat badan. Malah berbahaya loh, karena bisa terjadi penumpukan lemak didalam darah. Dalam jangka panjangnya sih akan berbahaya bagi kesehatan seperti kolesterol naik ataupun stroke. Waduh! :(

Gue pikir dengan makan banyak bisa sedikit lebih gemuk. Bahkan pernah gue pernah liat di google.artikel tentang cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu. Isi artikelnya sih intinya makan banyak.

Karena pengen banget badan lebih berisi, gue juga sempat cari via google tentang cara menambah berat badan dengan cepat, cara menambah berat badan secara alami. Nyatanya, gak ada yang ampuh untuk menaikkan berat badan gue. Dan gak ada yang menjelaskan tentang tipe tubuh Ectomorph ini.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Cara menambah berat badan paling benar dan sehat bagi tubuh Ectomorph adalah dengan menaikkan massa otot. Massa otot hanya dapat ditingkatkan dengan cara latihan beban. Perlu diperhatikan juga, otot hanya bisa dibesarkan dan dibentuk lebih berisi dengan latihan beban yang berat.
Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
Nah, menaikkan massa otot dengan latihan beban ini nih yang gak pernah gue lakukan. Biasanya sih klo olaharaga cuma jogging ataupun maen futsal. Eh untuk Futsal udah jarang sih, lebih sering jogging setahun belakangan ini.

Ternyata, olahraga seperti jogging atau futsal yang sering gue lakukan itu termasuk dalam kardio dan dianjurkan untuk dikurangi olahraga kardio. Karena jika tidak dikurangi, kamu makan banyak dan latihan beban, harusnya kalori yang kamu makan jadi otot kamu. Tapi malah kebuang juga karena melakukan olahraga kardio. Sehingga kalori yang dibutuhkan untuk menambah massa otot menjadi berkurang.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh!

Jadi, buat kamu yang ingin menambah berat badan. Perbanyak latihan beban dan mulai kurangi olahraga kardio. Itu sih sih intinya.

So, karena udah tau hal itu. Belakangan ini gue mulai melakukan latihan beban dari peralatan yang ada di rumah. Gue mulai cari juga beberapa referensi untuk menambah massa otot via google. Ya, semoga sih ada hasilnya. Hehe

Okedeh, demikianlah informasi yang bisa gue sampaikan tentang cara menambah berat badan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

26 Responses to "Cara Menambah Berat Badan Bagi Tubuh Kurus"

  1. Ngurusin anak �� jadi kurus deh..

    ReplyDelete
  2. Suami aku nih yg kurus gak bisa gemuk mau makanan banyak juga, tapi hobinya olahraga sepedaan sama renang, ternyata malah harus angkat beban ya, oke noted vangeb deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Dari video penjelasan Denny Santoso sih gitu. Lalu beberapakali baca n video yang lain juga banyak yg nyarain hal demikian.

      Delete
  3. Terus kalo cewek gimana bang? Duhh
    Pingin banget naikan berat badan. Biar dikira anak SD mulukkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Klo cewek gak tau sih. Mungkin sama aja, soalnya gak dijelasin khusus cewek atau cowok.

      Delete
  4. Awalnya udah ngangguk-ngangguk pas bilang soal 'Denny2' itu. Kirain yang pemain basket. TERNYATA ITU DENNY SUMARGO YHAA.

    Wah, baru tahuuu. *langsung angkat2 pacar* *sombong*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah sombong punya pacar ya. Tolong jaga perasaan para jomblo. HAHAHA

      Delete
  5. ternyata ini penyebab badan saya ga bisa gemuk, badan saya ternyata tipe ecthomoprh. udah nyobaik makan banyak yg ada kolesterol, bener banget tuh.

    yahh kalau latihan beban ini yg paling males, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro. Gue juga salah satu tipe tubuh ecthomorph nih. Susah banget naikin berat badan.

      Gue juga males, tapi mulai sedikit demi sedkit mengurasi rasa males untuk angkat beban. Hehe

      Delete
  6. Dulu saya juga pernah turun banget BB karena ada masalah. Caranya sih minum temulawak untuk ningkatin nafsu makan. Eh sekarang malah kelebihan bbnya >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo temulawak belum pernah coba sih kak.

      Ya bersyukur dong klo sekarang udah lebih berat badannya. Hihi

      Delete
  7. owww kayaknya gue jg harus sering latihan beban nih bro, biar gak makin ramping gue hehhe

    ReplyDelete
  8. gw juga orang kerempeng yg bingung gmn caranya biar gemuk. awalnya gw kira cacingan, namun bisa jadi gw juga tipe orang Ectomorph. wah adanya artikel ini sangat mencerahkan pastinya.....
    thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke bro. Sama2 dan semoga badan lo gak kerempeng lagi (kayak gue). Hehe

      Delete
  9. Kuingin menguruskan badan dong. Kadang suka ngiri sekali sama mereka yang tidak bisa gendut, tapi mereka iri sama saya yang berisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA... Intinya sih emang harus banyak bersyukur sih ya kak. Paling penting kan badan sehat. :D

      Delete
  10. Sembilan, tiap hari juga kamu musti makan sayur paling sedikit 2 jenis. Pagi misalnya bayam, sorenya kangkung atau sawi kamu campur pake bakso. Banyakin sayurnya.

    Sepuluh, karbo. Aku sehari bisa ngabisin roti sariroti yg kupas kulit itu, yang bungkusnya warna kuning. iya satu hari satu bungkus sari roti yg isinya 10 lapis itu. Aku masak pake mentega dan telur. hambar? Kasih keju kalo kamu mau. Tapi aku sih gak. Soalnya mukaku gampang jerawatan. Kadang suka kasih, tapi ya dikit aja. Kan udah ada gurihnya dari mentega.
    Jadi telurnya yg masih mentah kamu taro di piring ceper. ambil roti setangkap, kamu cemplungin di situ lalu goreng di wajan datar yang udah diolesin mentega. Gitu aja.

    ReplyDelete
  11. sebelas, Minum SUSU!! Aku minum susu ensure rasa cokelat 2x sehari. Ini yang lumayan berperan sih menurut aku. Kadang aku siang2 juga minum. jadi 3x sehari. Di dalam kalengnya kan ada sendok takarnya. Nah aku bikin susu ensure itu dgn takaran 4 sendok di gelas 250ml. Airnya ga usah banyak2. pakein gula dikit aja. Ya rasanya agak kekentelan gitu tapi enak kok. Daripada kamu banyakin airnya nanti perutmu malah kembung dan males makan. Ya buyar udah rencananya kalo gitu.

    Dua belas, makan malam jangan di atas jam 8.
    Kalo bisa kamu makan jam 7 malam harus disiplin. Kenapa? Karena butuh waktu 2 jam untuk makanan bisa "turun". Kalo kamu makan agak maleman, khawatir nanti kamu ngantuk lah, apalah.. lalu ketiduran dan kalo dibiasain bikin perutmu jadi buncit. Bikin kerjaan lagi kan bikin perut jadi flat -_-

    udah tuh, tiap hari kayak gitu aja terus. Sabar, jangan banyak pikiran. Jangan stress. Jalanin aja layaknya ini adalah rutinitas kamu sehari-hari. Kalo ditungguin malah akan terasa lama. Jalanin aja... tunggu dalam waktu 1 - 2 bulan.

    Inget yang paling penting jangan sering begadang. Good luck!

    ReplyDelete
  12. Nih, kesaksian dari mantan orang kurus:

    Aku berat badan bulan lalu 42 kilo. Sekarang 48, masih mau nambah jadi 55.
    Caranya gimana?

    Pertama-tama.... niatin dulu lah, lalu berdoa.

    Kedua, bikin buku untuk jurnal kamu selama program penambahan berat badan. Di buku itu, isinya rencana kamu, daftar nutrisi (cari di google, print, tempel ke buku itu), daftar makanan... jadwal olahraga..., jadwal makan, takaran minum air putih per hari...dsb.

    ketiga, bersihkan dulu tubuhmu dari segala cacing. Minum combantrin sebelum tidur. Ada cacing atau tidak, kita kan gak tau makanan yg selama ini kita konsumsi bersih apa gak. kan kadang suka jajan di pinggir jalan gak selalu higienis. Ya udah lah percaya sama aku, tenggak aja itu combantrin buat jaga2. Sukur2 besok pagi kamu bisa poopoo sekalian keluar cacingnya (kalo ada).

    Keempat, biasakan minum yakult tiap hari. Kenapa? Jangan dianggap enteng. Iklan atau apalah. Aku gak jualan dan gak diendorse jugak__hahaha. Coba kamu baca kandungan di yakul, itu penting buat tubuh. Kamu mau makan banyak kayak apa tapi pencernaanmu gak lancar, ya ga berhasil. Dari dokterku, tiap hari itu harus poopoo. 2 botol yakul di aku sih gak mempan. Aku minum bisa 3-4 botol sehari. 2 di pagi hari, 1 di siang hari, 1 lagi di malam hari setelah makan. 8000 perak, bang, daripada beli di indomaret mending telpon agen yakul sepedahan. Murmer. aku punya nih nomornya klo kamu mau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lima, Minum air 3 liter dalam satu hari. Kalo aku punya gelas seukuran 500ml. Jadi per hari aku harus minum 6 gelas itu. Minum air putih bisa menyehatkan dan mempercantik kulit juga lho. Penting bagi tubuh yg 70 apa 75%nya mengandung air. orang2 bilang 2 liter cukup. Ya dulu, sekarang semakin panas... udah beda takarannya.

      Enam, abis subuhan, coba jalan keliling komplek rumah. 2-3 puteran cukup lah asal rutin.

      Tujuh, gimana caranya supaya bangun pagi ga ngantuk.. ya tidur setelah jam 9, sebelum jam 10. Jam 9 sih aku udah masuk kamar, udah geletakan di tempat tidur. Gak bisa tidur? PAKSA diri kamu untuk merem. Ya meremin mata aja udah. Baca doa sebelum tidur, niatin dalem hati...mau tidur supaya bsa bangun pagi. Tidur larut malam juga gak bagus untuk kesehatan. Kamu tau, tiap malam saatnya sel2 dalam tubuh regenerasi. Makanya tidur jangan larut malam. kalo kamu masih aktif, ya itu memperlambat sel2 itu utk bekerja. Tiba2 udah pagi aja deh dan sel2nya gagal kerja. Trus nanti kamu umur sekian, kamu merasa keliatan lebih tua.. sementara ada org lain dgn umur yg sama lebih keliatan muda dari kamu. haha...

      Delapan, tiap hari kamu musti makan buah minimal 3 jenis. Minimal banget 3 jenis. Kalo aku tiap hari 6 jenis buah, 2 kali dalam sehari. Pagi misalnya, aku blender jus pisang, melon dan anggur. Sorenya aku blender stroberi, wortel dan kiwi. Ya gitu2 aja tiap hari, kombinasinya bisa berubah-ubah sesuai selera kamu.

      Delete
    2. Latihan beban sih untuk yg mau ngebentuk otot yah. Kalo caraku pure utk yg mau nambah berat badan aja. Banyak yang bilang aku kurusnya turunan. Kalo turunan katanya emang gak bisa gemuk. Iya, memang mamaku dulunya kurus, jadi gemuk setelah punya anak. Dan aku sudah patahkan isu itu. Bullshit itu. Dulu aku juga pernah ke dokter di rawamangun, katanya aku termasuk ectomorph. haha... gak enak bgt nasibku dikasih label macam2. Dibilang gak bisa gemuk karena turunan lah, gak bisa gemuk karena memang tipeku bukan tipe badan yg bisa gemuk. Terus, aku harus ikut aja seperti kerbau dicucuk hidungnya dibilang gini-gitu iyain aja.. No way! Siapapun bisa gemuk asal ada kemauan dan tekad. Karena biasanya di tengah2 udah pada loyo dan males2an. Aku selalu coba untuk menemukan motivasi tiap hari. Ada lagi yg mau bilang aku gak akan pernah bisa gemuk? Ngomong sama tangan...

      Makan banyak tapi gak ada yg dikeluarin ya bahaya juga sih. Makanya lancarin dulu pencernaan. Makan pepaya setiap hari. PEPAYA itu penting banget buat pencernaan.

      Dari mana aku bisa bikin semua daftar2 itu?
      Ya aku mikir sendiri dan liat2 di google kira-kira apa saja yg dibutuhkan tubuhku, bagaimana sel2 dalam tubuh bekerja, gimana makanan dan minuman mempengaruhi organ2 di tubuhku. Bagaimana bisa melakukan olahraga tanpa terasa seperti kewajiban. Contoh gampang, pilih saja tangga daripada naik lift. Jalan kaki daripada naik transportasi untuk jarak tempuh yg tidak terlalu jauh. Kalo aku ya biasain jalan dari The Peak Sudirman sampai monas. Atau misalnya harus belanja kebutuhan dapur, ya aku lebih pilih jalan kaki dari The Peak ke Grand Indonesia.

      Dari kecil sampe umur aku ke 20 sekian aku gak pernah gemuk. Sempet disangka pemakai obat2an. Kadang, datang ke dokter utk minta bantuan malah dapetnya kekecewaan dikasih label ini itu. Sekarang, siapapun yg bilang aku gak akn pernah bisa gemuk dengan alasan turunan lah, bukan tipe badanku utk gemuk lah, aku berani bilang... itu bullshit. Masalahnya cuma KAMU MAU ATAU TIDAK?

      Delete
  13. Wah, makasih banyak Mas Ran Soeki atas sharingnya yg bermanfaat. Intinya sih harus tetap konsisten dan terus berusaha ya. Karena gak ada yg gak mungkin deh klo usaha terus menerus.

    Yos! Makin semangat nih. Semoga bisa menaikkan berat badan. Aamiin... Jangan lupa temen2 yang mau share juga boleh nih. Terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Kalau saya lagi program diet bro, perut saya sudah offside terlalu keluar wkwkwk, ya kalau yang kurus pengen berisi yang gendut pengen kurus tapi berisi juga hehe.

    Mari Hidup sehat.

    ReplyDelete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel