-->

10 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia

Indonesia cukup dikenal masyarakat dunia memiliki tempat wisata yang indah dan beranekaragam. Namun bukan hanya itu saja yang sudah dikenal dunia, negara kita juga punya banyak aneka makanan khas indonesia yang terkenal di duniaMakanan khas Indonesia yang mendunia itu berasal dari berbagai penjuru tanah air dengan cita rasa yang menggugah selera.

Bahkan ada beberapa makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia yang juga pernah mendapat penghargaan sebagai makanan terlezat. Mantap! Bukan cuma kita sebagai warga negara Indonesia yang mengakui kelezatan makanan khas Indonesia, tapi dunia juga sudah mengakui akan kelezatannya.

Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia

Di bawah ini, gue mau share 10 makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia. Tulisan ini gue rangkum dari beberapa sumber yang terpercaya. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.


1. Rendang

Makanan Khas Indonesia
Rendang, Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia.
Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia di posisi pertama. Tentu aja kamu gak heran, karena makanan khas dari daerah Sumatera Barat ini memang sudah terkenal akan kelezatannya sejak zaman dahulu. Gue yakin, pasti kamu sudah pernah mencicipinya bukan?

Rendang merupakan olahan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah terbaik. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang sehingga terciptalah salah satu makanan terlezat dari Indonesia.

Bahkan tahun 2017 lalu, salah satu kantor berita kenamaan dunia, CNN pernah merilis makanan terenak di dunia dan Rendang asal Indonesia berada di urutan pertama sebagai makanan terenak di dunia. Mantap!


2. Nasi Goreng
Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia
Nasi Goreng yang mengguah selera.

Nasi goreng merupakan olahan nasi yang digoreng yang dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah pilihan. Nasi Goreng bisa kamu nikmati diseluruh penjuru tanah air, dari Nasi Goreng pinggir jalan, sampai restoren mewah kamu bisa menemuinya.

Nasi Goreng bukan hanya populer di Indonesia, tapi juga sudah terkenal di dunia. Bahkan mantan Presiden Amerika Barack Obama pun sangat hafal dengan makanan ini dan mengakui bahwa Nasi Goreng benar-benar enak. Kamu juga setuju bukan dengan Barack Obama?

Sama halnya Rendang, Nasi Goreng juga masuk nominasi CNN dan berada di posisi kedua sebagai makanan terenak di dunia.


3. Sate

Makanan Khas Indonesia yang Mendunia
Salah satu makanan paling banyak dicari setiap hari, sate.
Sate adalah makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia dan secara umum dibuat dari bahan dasar daging ayam, sapi, dan kambing. Daging-daging itu kemudian dipotong kecil-kecil lalu ditusuk dan dipanggang menggunakan bara api. Buh! Rasanya benar-benar menggugah selera makan deh klo udah mencium aroma dari asapnya.

Di Indonesia sendiri sate sudah menyebar di berbagi sudut kota di Indonesia, baik di pinggir jalan sampai di restoran mewah. Namun yang terkenal di Indonesia umumnya hanya sate madura dan sate padang saja.

Belakang ini bukan hanya wisatawan mancanegara yang mencari sate, tetapi sudah banyak restoran internasional yang menyediakan menu sate sebagai salah satu menu andalannya.


4. Bakso

Gambar Makanan Khas Indonesia
Bakso memang mantap!
Bakso adalah makanan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya. Bakso merupakan olahan daging yang dibuat bulat yang disajikan dengan kuah dan mie. Bakso memiliki banyak penggemar dari anak-anak hingga orang dewasa karena cita rasanya yang sulit ditolak oleh banyak lidah di Indonesia.

Bola daging atau yang disebut bakso ini sudah menyebar diberbagai kota di Indonesia. Dan disetiap daerah biasanya memiliki keunikan sendiri dari bakso-bakso yang lain.

Baca Juga: Menikmati Kelezatan Bakso Sony Lampung, Yuk Cobain

Bakso lebih banyak disukai saat cuaca sedang tidak bersahabat. Kuah kaldu sapi yang panas dan rasa pedas dari sambal bercampur menjadi satu kesatuan yang membuatnya terasa lebih nikmat.


5. Soto

Nama Makanan Khas Indonesia
Soto benar-benar menggoda bukan? ^_^
Soto merupakan makanan khas indonesia berupa hidangan berkuah yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Di Indonesia, disetiap daerah memiliki olahan soto yang berbeda-beda. Setiap jenis soto mempunyai cara penyajian yang berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto bisa dihidangkan sendiri atau langsung dimakan tanpa tambahan seperti lontong, ketupat, nasi, dan lain sebagainya.

Biar lebih nikmat menyantap soto, jangan lupakan pelengkapnya seperti kerupuk, emping, sambel, dan lain sebagainya. Tentunya dengan tambahan itu akan lebih nikmat lagi rasa dari soto tersebut.


6. Gudeg

makanan khas indonesia dan asalnya
Kamu pernah mencicipi Gudeg asal yogyakarta in kani?
Makanan asli Yogyakarta ini memang istimewa. Gudeg memiliki rasa yang manis nan lezat dengan kombinasi lauk seperti telur dan ayam membuat Gudeg menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. 

Makanan olahan dari buah nangka muda ini dimasak dengan gula aren yang membuat rasa manis nan gurih. Dengan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata andalan Indonesia, membuat Gudeg lebih mudah dipromosikan kepada para wisatawan.

Gudeg saat ini mulai menembus pasar internasional dengan melakukan ekspor gudeg kaleng ke beberapa negara. Jika Gudeg tidak disukai, tentu ekspor tidak akan bertahan lama. Namun nyatanya, Gudeg diterima dengan baik di luar negeri.


7. Tempe
Foto makanan khas Indonesia
Tempe! Iloveyou. :D

Makanan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Tempe. Tau dong dengan makanan yang satu ini? Atau mungkin kamu baru saja menyantap tempe sebagai lauk ataupun cemilan.

Tempe dengan harga yang sangat terjangkau ini kadang diremehkan sebagai makanan yang tidak berkelas. Namun, saat ini Tempe naik kelas dengan mampu menembus dunia. Cita rasa yang sederhana membuat warga dunia jatuh cinta. Pecinta tempe di luar negeri bahkan menjulukinya sebagai magic food. WOW!

Saat ini tempe sudah diproduksi di beberapa negara Australia, Jepang, Swiss, Perancis, dan lain sebagainya. Produsen ada yang orang indonesia asli, ada juga orang luar negeri yang pernah mencicipi tempe saat berkunjung ke Indonesia.


8. Indomie

aneka makanan khas indonesia
Indomie.... Seleraku!!!
Indomie yang identik sebagai makanan anak kos, saat ini sudah menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia. Bahkan, olahan mie instan ini sudah dipasarkan hampir di seluruh penjuru dunia. 

Saat ini Indomie telah memiliki pabrik di Malaysia, Arab, Nigeria, Kenya, dan lain sebagainya. Di negara bagian Timur Tengah dan Afrika bahkan sudah menjual Indomie hampir disetiap supermarket yang ada. Keren!


9. Gado-gado

Resep Makanan Khas Indonesia
Gado-gado, salad asli Indonesia.
Gado-gado merupakan makanan sederhana dalam pembuatannya, makanan ini seperti salad yang disajikan dengan tambahan kacang tanah yang dihaluskan. Kuliner khas Indonesia ini adalah salah satu menu favorit di restoran Indonesia dan sejumlah negara di luar negeri.

Bahkan di tahun 2010 dalam perlombaan tingkat internasional di Italia. Makanan khas Indonesia ini muncul sebagai juara pertama. Tentunya ini sebuah kebanggan bagi masyarakat Indonesia.


10. Sop Buntut

makanan khas indonesia yg mendunia
Yuk makan Sop Buntut hari ini.

Makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia urutan 10 adalah Sop Buntut. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa Sop Buntut berbahan dasar buntut/ ekor sapi. Tapi jika kamu sudah mencicipi Sop Buntut pasti akan ketagihan deh. 


Olahan Sop Buntut biasanya terbuat dari potongan ekor sapi yang telah dibumbui dengan rempah-rempah dan dibakar, kemudian dicampur dengan kaldu sapi. Proses penyajiannya dihidangkan dengan tambahan sayur seperti kentang, wortel, dan lain sebagainya. Kamu wajib coba deh!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Halal Terbaik di Hongkong

Makanan-makanan khas Indonesia yang udah gue sebutkan di atas memang memiliki rasa yang benar-benar lezat. Jadi wajar saja bila masyarakat dunia juga mengenal nama makanan khas indonesia tersebut.

Pastinya, resep makanan khas Indonesia itu diturunkan dari generasi ke generasi untuk menjaga rasa agar tidak berubah. Harusnya kita bangga dan menjaganya agar kelak anak cucu kita bisa tetap menikmati lezatnya makanan asli Indonesia itu. Hehehe

Okedeh. Demikianlah informasi tentang 10 makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia. Semoga bermanfaat dan jangan lupa makan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

22 Responses to "10 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia"

  1. Udah pernah nyobain semua, memang sih mudah banget di temukan ya, Mas.
    Terlebih bagi yang sudah biasa mah bisa bikin sendiri semua makana diatas.
    Tetap nasgor favoritku itu, jadi kangen nasgor ibu..he

    Hampir lupa nih, Mas. Ya sudah aku mau lanjut nyuci terus makan..ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomongin nasgor buatan ibu, gue juga kangen nih. Udah lama gak makan nasgor buatan rumah. Hehe

      Delete
  2. Wih mantap udah ngetop di dunia
    Semoga saja album2 mereka bisa diterima di negeri orang y nyol

    ReplyDelete
  3. Jengkol juga punya potensi besar dan perlu dikenalkan ke seluruh dunia juga...
    No, I don't consume jengkol fyi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini nih makanan favorit yang sering dinyinyirin orang. Padahal mah enak bgt. Hehe

      Delete
  4. Gudeg / jangan gori / sayur tewel apapun sebutannya itu sangat kental didaerah saya. Bukan cuma keanekaragaman budayanya aja mah di Indonesia. Kulinernya juga buanyak wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia emang kaya akan keanekaragam ya, mas. Mantap!!!

      Delete
  5. yang enggak nyangka, yang nomor terakhir sih. ternyata sop buntut masuk ke top ten ya. wk

    tapi emang bener sih. disini pun, kalau ke mall buat nyari makanan, pasti bakalan nemuin sate dan nasi goreng. ya walaupun bumbunya enggak seenak di indonesia, senggaknya bisa ngenyangin perut lah. tapi kalo buat rendang, bakalan susah nemuinnya. karena emang cara masaknya yang agak ribet. dan klo punn ada orang mesir jualan rendang, gue kayaknya ga bakalan beli juga sih. ehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sate dan Nasi Goreng udah masuk mall mesir. Keren!!!

      Asyik ya bang di Mesir? hihi.. Kapan gue bisa ke luar negeri juga nih? Tapi pengnnya sih jalan2 aja keluar negeri. HAHAHA

      Delete
  6. Salam kenal bang Rifqi. Blog kerennya udah saya follow. *kode

    Saya paling suka nomor 1 and nomor 10, hehehe... Di saat dunia jatuh cinta dengan tempe, rangorang di Indonesia malah menyepelekan tempe, padahal gizinya tinggi loh, setinggi cinta Dilan ke Milea, *eh apa sih inih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! makasih mas udah berkunjung dan follow juga. Hehe

      Sama, gue juga paling suka rendang dan tempe. Hehe.. Klo ngomongin Dilan dan Mie, kayaknya di sekuelnya mereka bakalan putus loh. Jadi cintanya gak tinggi2 amat. Wkwkwk

      Delete
  7. Rendang trus tempe tu makanan kesukaan ako banget ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas. Tos dulu kita. Hehe #TosJantan :D

      Delete
  8. Rendang dong my favorite bangeeett.....

    ReplyDelete
  9. Pagi-pagi saya baca blog ini malah bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya lo klo malem lebih ngiler bro? Pas tidur gitu maksudnya. HAHAA

      Delete
  10. Wahwah.. Rendang nomor satu ya. Favoritku banget itu tuh.. Kalo lagi lebaran idul fitri, rendang sebanyak 1 kwali penuh bisa habis dalam 2 hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rendang 1 kuali habis dalam 2 hari? Pantes aja, kan lo jualan Nasi Padang. :D

      Delete
  11. Saya paling suka yang no 8 bro, wenak dan praktis. Makanan pokok waktu jaman mahasiswa rantau. Wkwkw... Btw, keren juga yaa... Ternyata Indomie go international

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indomie mah emang makanana seluruh umat manusia deh. HAHAHA

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel