-->

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus Secara Alami

Dalam tulisan ini gue mau share tentang cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus secara alami. Gue kepikiran nulis ini karena melihat fenomena disekitar tempat tinggal ataupun yang gue kenal, cukup banyak yang mengalami masalah kesehatan mata minus atau dalam istilah medis biasa disebut Miopia


Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus

Mata minus atau rabun jauh adalah keadaan dimana penderitanya kesulitan untuk melihat benda-benda dengan normal, terutama benda yang yang memiliki jarak pandang yang agak jauh. Sekarang paham kan pengertian dari rabun jauh itu? Klo udah tau bahayanya mata minus. Yuk, menjaga kesehatan mata secara alami. ^_^

Buat kamu yang masih memiliki mata yang sehat. Wajib banget deh baca tips menjaga kesehatan mata yang akan gue share di bawah ini. Agar bisa mengetahui cara menghindari mata minus. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?


Penyebab Mata Minus

Sebelum tau bagaimana cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus. Ada baiknya kita harus paham dulu apa penyebab mata minus tersebut. Berikut ini penyebab rabun jauh atau mata minus yang paling umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari.


1. Genetik

Bila salah satu orang tua kamu memiliki rabun jauh, maka peluang kamu mengalami masalah yang sama pada mata cukup besar. Faktor genetik memang memiliki peran yang cukup besar, namun tetap saja pola kebiasaan lah yang menentukan sehat atau tidaknya. Nyatanya, banyak yang orang tuanya mempunyai mata yang sehat tapi anaknya memiliki mata minus, pun begitu sebaliknya. Iya gak?

Buat kamu yang memiliki orang tua dengan rabun jauh jangan berkecil hati. Terus berusaha aja semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan mata agar tidak minus. Alhamdulillah, sampai saat ini gue memiliki mata yang sehat dan sudah memasuki seperempat abad. Kedua orang tua memiliki masalah mata minus, kakek dan nenek juga memiliki mata minus. Nyatanya, kedua mata gue sehat-sehat aja, dan semoga akan tetap sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan mata, terutama rabun jauh maupun dekat. Aamiin... ^_^


2. Kebiasaan Membaca

Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Namun, kegiatan membaca akan menjadi masalah yang serius dan menjadi salah satu penyebab masalah mata yang minus. Terutama membaca di tempat yang redup dan jaraknya terlalu dekat ke mata.


3. Jarang Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Dari beberapa sumber yang gue baca, ada penelitian yang menyatakan bahwa rabun jauh bisa disebabkan karena jarang melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga mempengaruhi kesehatan mata.

Penyebabnya karena tingkat pencahayaan di dalam ruangan berbeda dengan di luar ruangan. Inilah yang mempengaruhi kesehatan mata kamu.


4. Kebiasaan Bermain Smartphone, Komputer dan Laptop

Di era modern seperti sekarang ini kita tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone, komputer ataupun laptop. Jika penggunaannya dalam hal wajar tentu aja tidak akan jadi masalah. Namun terkadang kita lupa dan terus asyik bermain smartphone, komputer, dan laptop.

Untuk yang ini gue juga sering lupa dan asyik bermain laptop ataupun maen game Mobile Legends, AOV dan PUBG di smartphone gue. HAHAHA...


5. Jarak Menonton TV

Selain bermain gadget, komputer, dan laptop. Kita juga sering menonton TV bukan? Kebiasaan menonton TV dengan jarak yang dekat merupakan salah satu penyebab mata minus paling umum loh. Waduh! Bahaya kan?!

6. Selalu Menggunakan Mata dalam Jarak Dekat

Maksudnya adalah kita sering menggunakan mata dalam yang cukup dekat. Misalnya kita memiliki kebiasaan melakukan aktivitas membaca, menulis ataupun bermain gadget terlalu dekat dengan mata. 

Biasakan untuk melakukan aktivitas tersebut minimal 30 cm, banyak yang bilang juga perlu dikombinasikan. Maksudnya adalah setiap beberapa menit sekali kita merubah jarak baca atau bermain gadget itu. Salah satu olahraga mata yang cukup bagus melatih otot mata.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh

Nah, begitulah penyebab mata minus yang bisa gue jelaskan. Setelah tau penyebab mata minus, sekarang saatnya gue akan share cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus (rabun jauh).


Cara Menjaga Kesehatan Mata


Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus

Okedeh, setelah kita tau penyebab mata minus, di bawah ini merupakan cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus secara alami. Semoga bermanfaat!


1. Menjaga Asupan Makanan

Jenis asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita merupakan salah satu faktor yang yang bisa menentukan kesehatan tubuh, itu juga termasuk dalam hal menjaga kesehatan mata.

Untuk itu, sangat penting menjaga asupan makan yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya dengan banyak menkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

2. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Ternyata kebiasaan mengucek mata tidak baik loh bagi mata yang berakibat pada gangguan pada mata. Dimana kebiasaan mengucek mata mengakibatkan tekanan pada mata, terutama pada bagian retina.

Yuk mulai hindari kebiasaan mengucek mata, karena gak baik buat kesehatan mata kita.


3. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Jarang melakukan aktivitas di luar ruangan memang tidak baik bagi kesehatan mata, namun buat kamu yang terlalu sering beraktivitas di luar ruangan di bawah terik matahari juga tidak baik.

Melakukan aktivitas di luar ruangan di bawah terik matahari dapat meningkatkan paparan sinar matahari yang dapat membuat mata menjadi silau. Hal tersebut dapat memicu timbulnya gangguan mata minus.

Tips menjaga kesehatan mata agar tidak minus di bawah terik matahari sebaiknya menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan.


4. Melakukan Senam Mata

Lakukanlah senam mata yang berguna melatih kelenturan atau elastisitas otot-otot mata. Gampang kok! Kamu bisa mulai dengan menggerak-gerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Bisa juga kamu coba dengan memutar-mutarkan bola mata secara teratur dan beberapa saat.

Langkah lainnya adalah dengan memfokuskan pandangan pada objek jauh maupun yang dekat secara bergantian. Senam mata ini sangat membantu membentuk kelenturan maupun elastisitas mata kamu dan salah satu cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus secara alami.


5. Atur Jarak Menonton TV

Menonton TV memang sangat mengasyikan hingga terkadang lupa waktu, terutama acara kesayangan. Kebiasaan menonton TV terlalu lama ini kurang bagus, apalagi menonton dengan jarak yang terlalu dekat.

Oleh karena itu, perlunya mengetahui cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus dan tetap sehat yaitu dengan mengatur jarak menonton yang benar. Menonton TV dengan jarak ideal adalah 4,5 meter dari TV.

Bukan hanya menonton TV saja yang diharuskan mengatur jarak antar obyek dengan mata. Tetapi dalam aktivitas seharian apapun dianjurkan untuk menjaga jarak dengan mata. Seperti bermain gadget, bermain video game, membaca buku, menulis, dan lain sebagainya.


6. Hindari Bermain smartphone, komputer dan laptop Terlalu Lama


Di era modern ini, pasti kita tidak bisa lepas sehari pun tanpa smartphone, komputer ataupun laptop bukan? Pasti salah satu dari ketiga itu kamu pakai terus setiap hari.

Kebiasaan menatap layar smartphone, komputer dan laptop terlalu lama itu berdampak buruk bagi kesehatan mata. Contohnya seperti membuat mata menjadi kering, insomnia, dan lain sebagainya.

Cara menjaga kesehatan bagi pengguna komputer, smartphone dan laptop adalah dengan mengatur jarak antara mata dengan gadget, sesekali berkedip saat menggunakan gadget, mengatur tingkat kecerahan, buat font tulisan jangan terlalu kecil, jangan bermain sambil tiduran, dan jangan bermain gadget di tempat gelap.

Baca Juga: Ampuh! Obat Bisul Agar Tidak Tumbuh Lagi

Bagaimana? Cukup mudah bukan menjaga kesehatan mata agar tidak minus secara alami itu. Dengan melakukan tips di atas secara teratur dan terus-menerus, semoga berdampak baik pada kesehatan mata ya.

Okedeh. Demikianlah tulisan gue tentang cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus secara alami. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus Secara Alami"

  1. Sungguh bermanfaat sekali bung banyolan ini
    Saya sih biasanya tuh y kalo mata rabun jauh nyari temen Deket terus bunuh dia dah
    Saya ambil matanya
    Siapa tau dapet mangekyo sharingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjir! Malah mangekyo sharingan. HAHAHA... Sungguh naruto fans sejati lo nik! :D

      Delete
  2. Terima kasih sharingnya, Mas.
    Setuju sih maka dari itu kalau membaca juga harus bener, gak boleh sambil tiduran.
    Inget banget kalau ibu nasehatin baca sedari kecil..he
    Terlebih nonton tv seperti yang dituliskan disini, gak boleh terlalu dekat. Makannya kalau udah terasa capek depan laptop aku suka keluar sepedahan. Biar fresh. Atau nggak kalau ada waktu main ke bukit-bukit di Mangunan. Biar ini mata bisa lihat pemandangan yang hijau..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas! Klo udah lelah depan laptop sih ada baiknya istirahat. Bikin pedih juga klo dipaksain. Hehe

      Delete
  3. gue jadi bersyukur dan berterimakasih sama emak gue, karena pas kecil sering di marahin karena baca buku ditempat yang minim cahaya. ataupun baca buku sambil posisinya terlentang gitu. enggak tau deh itu ngaruh atau enggak, tapi gue usahain ga bakal baca sambil terlentang gitu.
    dan juga, kayaknya gue punya kebiasaan setiap duduk lama didepan layar komputer, kalo udh ngerasa pusing pasti ngeliat yang ijo-ijo. kayak es cendol atau lemper gitu. wk
    ya liat pepohonan maksudnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya semua ibu di seluruh Indonesia melakukan hal yang sama kayak emak lo bang. HAHA... Dulu sih ngerasa jengkel gitu, tapi sekarang baru tau manfaatnya.

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel