-->

Cara Mengemudi Mobil Matic dengan Mudah dan Benar

Dalam kesempatan ini gue mau share tentang cara mengemudi mobil matic atau transmisi secara otomatis dengan baik dan benar. Ternyata mengemudi mobil matic itu gak sesulit yang dibayangkan loh, lebih tepatnya gampang banget. Malahan sekarang ini, gue lebih suka dan nyaman mengendarai mobil matic. Hehehe...


cara mengemudi mobil matic

Sekitar satu tahun yang lalu, gue pertama kali mengemudi mobil matic saat bekerja di salah satu perusahaan swasta. Gak pernah belajar langsung dari ahlinya, cuma belajar dan baca aja dari beberapa blog dan video youtube tentang cara mengemudi mobil matic. Patut diingat juga, saat gue belajar mobil matic, gue memang sudah bisa mengemudikan mobil manual sebelumnya ya. Hehe

Saat itu gue langsung disuruh bos mengendarai mobil matic Pajero. Gile! bagi gue yang biasa pake mobil kijang tahun 1990 di rumah langsung auto kejang-kejang saat mengendarai mobil Pajero. HAHAHA... Keringet dingin bro! :D

Sebelum langsung nyetirin bos menggunakan mobil matic. Gue langsung search dulu cara mengemudi mobil matic pajero sport. Dan gue dapet banget pencerahan terkait sistem transmisi secara otomatis itu. Sikat dah!


Cara Mengemudi Mobil Matic

Jujur aja, setelah mengendarai mobil matic hingga saat ini. Gue menyimpulkan bahwa mengendari mobil matic itu lebih mudah loh. Di bawah ini gue mau share tentang cara mengemudi mobil matic dengan baik dan benar. Selamat membaca!

1. Apabila kita ingin menghidupkan mobil matic, yang harus diperhatikan adalah tuas mobil sedang dalam posisi P (Parkir) atau N (Netral). Desain transmisi matic diciptakan oleh produsen mobil sehingga mesin mobil bisa dihidupkan jika tuasnya berada dalam posisi P (Parkir) dan N (Normal).

Transmisi matic biasanya hanya ada 4 bagian. Pertama P (Parkir) untuk posisi parkir, N (Netral) untuk posisi netral, R (Reserve) untuk posisi mundur, dan D (Drive) untuk posisi maju atau berkendara. Gampang bukan mengingatnya?


cara mengemudi mobil matic pajero sport

2. Setelah menyalakan mesin mobil matic, jika kita ingin menggeser dari posisi P (Parkir) ke posisi D (Drive), kita wajib menekan rem saat mengganti tuas dari P ke D. 

Intinya sih, saat akan menggeser tuas kita harus menekan rem. Adanya penekanan rem saat menggeser tuas juga berfungsi untuk menghindari kerusakan mesin. 

Yaudah deh, setelah tau transmisi mobil matic seperti yang dijelaskan di atas. Langsung jalan deh. Jangan lupa patuhi rambu-rambu lalu lintas ya. ^_^


Cara Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan

Mengendarai mobil matic yang berada di area yang memiliki tanjakan, sebelumnya harus diperkirakan dahulu tingkat ketinggian yang akan dilewati. Namun pada intinya hanya memainkan pedal gas saja karena sistem yang dipakai sudah otomatis.

Jika memang terjebak macet saat sedang dalam tanjakan. Yaudah tinggal injak saja pedal rem dan tarik rem tangannya dan ganti tuas dari D (Drive) ke P (Parkir) agar lebih aman. Jika hendak jalan ganti kembali tuas dari P (Parkir) ke D (Drive). Tinggal jalan deh!

Bagaimana, cuku mudah bukan mengemudi mobil matic di tanjakan?

Baca Juga: 4 Keuntungan Punya Motor Butut

Walaupun gue belajar mengemudi mobil matic pajero. Akan tetapi pada intinya semua mobil matic itu sama aja, seperti yang udah gue jelaskan di atas.

Semisal cara mengemudi mobil matic Avanza, Honda Mobilio, Avanza Veloz, Honda Brio, Kijang Innova, Honda Jazz, dan mobil matic lainnya dengan berbagai merk. Yups, semua pada intinya sama aja cara mengemudikannya.

Saran dari gue si empunya banyolanesia.com, buat kamu yang ingin belajar mobil. Ada baiknya belajar mobil manual aja dulu. Soalnya jika sudah bisa manual, akan lebih gampang belajar mengemudi mobil matic. 

Jika belajar mobil matic dulu, agak lebih susah nantinya mengendarai mobil yang transmisinya manual. Hanya sekedar saran aja dari pengalaman. ^_^

Okedeh, demikianlah informasi tentang cara mengemudi mobil matic. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Cara Mengemudi Mobil Matic dengan Mudah dan Benar"

  1. Bagus sekali tipsnya bung banyol
    Ini cocok untuk saya yg lagi coba mengendarai matic
    Tapi sayangnya matic yg ingin saya kendarai justru sedang latihan di emyu bung banyol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woy! Itu matic apaan? Pemain bola woy! HAHAHA

      Delete
  2. Saya biasa nyetir manual, sekalinya matic kagok juga. PAdahal orang-orang bilang lebih mudah matic daripada manual :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh! Harus belajar dulu kak klo kagok. Bahaya sih klo dijalan kagok. Hehe

      Delete
  3. aku biasanya juga nyetir mantic bang, walau bisa juga manual dan kopling. Iya nyetir motor! aja masih salah2 seind kanan belok kiri terud diomeli mas mas pengendara belakang pake kata kasar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo cewek yang bawa matic mah. Yaudah lah ya no komen aja. Wkwkw

      Delete
  4. saya inget mobil civic bapak saya yang keluaran tahun 86...boro2 matic.....tuas nya keras banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak beda jauh sama Kijang bro. Tuasnya keras n stirnya juga keras. HAHAHA

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel