-->

Windows 10 Boros Kuota Internet? Ini Cara Mudah Mengatasinya!

Setiap pengguna Windows 10, pasti pada awalnya merasa heran karena pemakaian data internet lebih boros dari biasanya. Gue juga gitu, saat baru pake Windows 10, gue ngerasain banget perbedaan kuota internet yang terasa lebih boros. Padahal cuma ngeblog dan browsing-browsing aja, tapi kuota internet cepet banget abis. Bahkan pernah abis 1 GB lebih dalam waktu 30 menitan. Ngeri gak tuh borosnya Windows 10?!

Cara mengatasi Windows 10 Boros Kuota Internet

Nah, dari situlah gue mulai cari-cari informasi kenapa Windows 10 menguras kuota. Ternyata, penyebab Windows 10 boros kuota internet adalah sistem Windows Update Delivery Optimization yang terus berjalan pada Windows 10. Sehingga jika ada sistem atau fitur terbaru maka Windows 10 akan secara otomatis mengudate tanpa pemberitahuan kepada penggunanya. Windows mengupdate otomatis dari sistem operasinya sendiri sampai ke aplikasi yang terinstal pada Windows 10. Berikut ini gue simpulkan alasan kenapa Windows 10 boros kuota internet.

Kenapa Windows 10 Boros Kuota Internet?
1. Automatic Update Windows 10 tidak bisa dimatikan
2. Windows 10 mulai memakai sistem cloud dan sinkronisasi dalam berbagai fiturnya
3. Aplikasi lain juga banyak melakukan update otomatis

Bagaimana cukup jelas bukan kenapa Windows 10 boros kuota. Sebenernya sih sistem ini sangat baik untuk memperbaiki dan memperbaharui pada Laptop atau PC yang mengunakan Windows 10. Namun bagi yang fakir kuota, itu jelas sangat menyiksa. Klo yang memiliki kuota unlimited mah, lebih baik update terus dah si Windows 10 ini. Hehe

Baca Juga: Harga Paket Indihome Terbaru 2018, Yuk Berlangganan!

Oh iya, gue untuk memenuhi kebutuhan ngeblog dan browsing-browsing menggunakan tetheringan atau hotspot via smartphone android. Kenapa gak beli modem atau berlangganan Indhome? Untuk saat ini sih gue merasa lebih hemat menggunakan tetheringan via smartphone. Terlebih browsing juga lebih sering menggunakan HP. Selain itu, bisa langsung memantau pemakaian kuota internet lebih mudah.


Cara Mengatasi Windows 10 Boros Kuota Internet

Karena gue masih fakir kuota, makanya gue terus nyari informasi agar bisa Windows 10 gak boros data. Dari browsing sana sini gue nemuin beberapa cara yang bisa juga kamu gunakan. Berikut ini cara mengatasi Windows 10 agar tidak boros kuota internet. Selamat mencoba!

1. Matikan Automatic Windows 10

Dalam tulisan di atas gue sempat menulis bahwa Automatic Update Windows 10 tidak bisa dimatikan. Ya, itu memang benar adanya. Namun, kita bisa sedikit memaksa untuk mematikan automatic windows 10. Sebenernya cara ini gak gue rekomendasikan jika kamu punya kuota melimpah, tapi buat kamu yang fakir kuota. Mau gimana lagi coba? :D

Caranya kamu bisa cari services pada kotak seacrh di Windows. Kemudian kamu cari Windows Update dan klik 2 kali. Lalu kamu ganti startup type menjadi disabled dan dilanjutkan dengan klik stop dan apply. Dengan begitu Windows 10 akan berhenti mengupdate sistem secara otomatis.


matikan automatic windows 10

Cara di atas menurut gue merupakan cara paling efektif untuk mengatasi Windows 10 yang boros kuota internet. Gue selalu menggunankan cara di atas sebelum menyambungkan ke internet. Kadang gue sering mengecek windows update ini saat sedang berselancar di dunia maya. Soalnya sering berubah sendiri sih saat digunakan.

Selama pake cara ini, gue ngerasain cukup lumayan menghemat pemakaian data internet. Untuk saat ini, cara di atas merupakan cara terbaik menurut pengalaman pribadi.


2. Matikan Update Otomatis Aplikasi

Cara mengatasi Windows 10 boros kuota internet selanjutnya adalah dengan mematikan update otomatis di aplikasi secara manual, artinya kamu harus menonaktifkan update otomatis satu persatu di aplikasi yang menurut kamu sering update otomatis.

Sebagai contoh, gue menonaktifkan update otomatis di aplikasi Mozilla Firefox. Gak seperti cara nomor 1 di atas, cara ini bisa kamu lakukan sekali aja.

Kamu bisa coba menggunakan cara ini di beberapa aplikasi yang menurut kamu sering melakukan update otomatis. Gampang kok.


3. Matikan Sinkronisasi Onedrive

Sinkronisasi Onedrive merupakan salah satu fitur Windows 10 yang tujuannya membackup data secara otomatis dengan menggunakan kuota internet. Bagi sebagian orang, mungkin fitur ini sangat penting, tapi buat kamu yang tidak membutuhkan fitur ini, ada baiknya kamu matikan saja fitur Onedrive di Windows 10. 

Caranya mudah kok, kamu tinggal cari aplikasi Onedrive, dilanjutkan dengan pilih pengaturan dan ikuti langkah-langkahnya di aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Mengunci Jaringan 4G di Smartphone dengan Mudah

Demikianlah informasi tentang cara mengatasi Windows 10 boros kuota internet. Buat kamu yang punya cara dan trik lainnya, silahkan langsung tulis aja di kolom komentar. Terimakasih dan yuk diskusi!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Windows 10 Boros Kuota Internet? Ini Cara Mudah Mengatasinya!"

  1. Automatic Windows 10 ini memang mengganggu :)
    Trims tutorialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang. Menurut gue yang kuoatanya tipis sangat mengganggu. Tapi buat kuota data melimpah sih gak masalah.

      Delete
  2. 4. Pindah Ke Deisa
    Kalo kamu boros kouta mending pindah ke deisa

    ReplyDelete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel