-->

10 Top Skor Timnas Indonesia Sepanjang Masa

Dalam tulisan ini gue mau share informasi tentang Top Skor Timnas Indonesia sepanjang masa. Walaupun masyarakat Indonesia dikenal begitu menyukai sepakbola, tapi nyatanya banyak yang belum tau tentang informasi yang akan gue share ini, yaitu pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia sepanjang masa. Apakah kamu salah satunya?

Bahkan mungkin, dari 10 daftar Top Skor sepanjang masa Timnas Indonesia ini ada banyak nama yang tidak kamu kenal. Waduh! Katanya menyukai sepakbola Indonesia, tapi nama-nama pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia aja gak tau. Gimana tuh? :D


Daftar Top Skor Timnas Indonesia Sepanjang Masa

Dalam daftar yang akan gue share ini diambil dari beberapa sumber yang terpercaya. Yaudah gih, selamat membaca 10 daftar Top Skor Timnas Indonesia.


1. Soetjipto Soentoro (68 caps/ 57 gol)

Soetjipto Soentoro
Soetjipto Soentoro
Mungkin banyak yang bertanya Soetjipto Soentoro itu? Yups. Gue juga awalnya gak begitu paham dengan sosok salah satu penyerang terbaik Indonesia. Maklum aja, namanya gak sebeken Bambang Pamungkas ataupun Budi Sudarsono. Tapi, faktanya dia adalah Top Skor Timnas Indonesia sepanjang masa.

Dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa Soetjipto Soentoro sedikit kontroversional dikarenakan masuk menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia sepanjang masa. Hal ini dikarenakan tidak semua partai yang ia mainkan bersama Timnas Indonesia terdokumentasi dan tercatat secara resmi. Sehingga menjadi perdebatan, namun gue terus membaca hingga akhirnya meyakini bahwa Soetjipto Soentoro merupakan Top Skor sepanjang masa Timnas Indonesia sekaligus menjadi salah satu striker terbaik Indonesia sepanjang masa.

Pemain berjuluk "Gareng" ini tampil brilian bersama Timnas Indonesia dengan membukukan 57 gol dengan 68 pertandingan. Lebih hebat lagi, pemain didikan Persija Jakarta ini hanya membela Timnas selama 5 tahun pada periode 1965 hingga 1970. Luar biasa!


2. Bambang Pamungkas (85 caps/ 37 gol)

Bambang Pamungkas
Bambang Pamungkas saat setelah mencetak gol bagi Timnas Indonesia.
Di era modern saat ini, Bambang Pamungkas merupakan salah legenda hidup sekaligus bintang lapangan hijau yang masih aktif hingga saat ini dan masih bermain di kasta tertinggi Liga 1 Indonesia bersama Persija Jakarta.

Pemain yang akrab disapa Bepe ini mampu mencetak 37 gol dari 85 pertandingan bersama Timnas Indonesia yang menasbihkan Bambang Pamungkas menjadi pencetak gol terbanyak urutan 2 sepanjang masa Indonesia.

Bambang Pamungkas memulai debut bersama Timnas Indonesia pada tahun 1999, Bepe memulai petualangan bersama timnas melawan tim asal eropa, Lithuania dan mampu menyumbang 1 gol dengan skor akhir sama kuat 2 sama. Sejak saat itu, Bepe20 menjadi mesin gol Timnas Indonesia hingga tahun 2012.

Bambang Pamungkas juga cukup sukses bermain di luar negeri saat bermain di EHC Norad dan Selangor.

3. Kurniawan Dwi Yulianto (60 caps/ 31 gol)

Kurniawan Dwi Yulianto merayakan gol untuk Timnas Indonesia
Kurniawan Dwi Yulianto merupakan salah satu lulusan terbaik dari program primavera PSSI pada tahun 1994 silam. Mengasah kemampuan mengolah si kulit bundar di salah satu klub elite Serie A Italia, Sampdoria. Sejak saat itu, kariernya terus menanjak dan menjadi legenda di sepakbola tanah air.

Si Kurus begitu sapaan akrab dari Kurniawan Dwi Yulianto. Punya tubuh kurus dan tidak terlihat atletis. Namun, Si Kurus memiliki insting mencetak gol yang tinggi dan menjadi predator mengerikan di dalam kotak penalti lawan.

Mulai membela Timnas Indonesia sejak tahun 1995, saat berusia 19 tahun. Kurniawan Dwi Yulianto mampu mencetak 31 gol dari 60 penampilannya bersama timnas dan menjadi andalan lini depan Indonesia hingga tahun 2005.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Harus Nonton Captain Tsubasa 2018

4. Rochy Putiray (41 caps/ 17 gol)

Rochy Putiray
Rochy Putiray sedang melakukan tembakan.
Rochy Putiray merupakan salah satu pencetak gol terbanyak timnas indonesia di urutan ke empat sepanjang masa. Rochy memulai karir profesionalnya di Arseto Solo, ia mudah dikenali di lapangan hijau dengan gaya rambutnya yang unik, sering kali mengecat warna rambutnya dengan berbagai warna, kadang menggunakan kaos kaki dan sepatu yang berbeda. Sangat eksentrik namun memiliki naluri pencetak gol yang luar biasa.

Rochy juga salah satu pemain Indonesia yang cukup sukses berkarir di luar negeri. Di Liga Hongkong bermain untuk Instant Dict dengan bermain di 15 pertandingan dan mampu melesakkan 20 gol. Lalu pindah ke Kitchee SC dan menjadi andalan lini depan dengan mengoleksi 41 gol dari 20 pertandingan. Kemudian pindah lagi dengan bergabung dengan South China AA dan mengoleksi 15 gol dari 25 pertandingan. Selama berkarir di luar negeri, bisa disebut selalu menjadi andalan lini depan tim yang ia bela, terbukti dengan gol yang diciptakannya. Keren!

Oh iya, Rochy merupakan bagian dari skuad garuda yang berhasil menjuarai SEA Games 1991 cabang sepakbola. Ia membela Timnas Indonesia sejak tahun 1991 dan mampu mencetak 17 gol dari 41 penampilan. Rochy menjadi andalan lini depan Indonesia hingga tahun 2004.


5. Budi Sudarsono (46 caps/ 16 gol)

Budi Sudarsono
Budi Sudarsono saat membela Timnas Indonesia
Budi Sudarsono merupakan salah satu penyerang Timnas Indonesia yang memiliki skill tinggi dalam hal mengocek si kulit bundar. Kegemarannya meliuk-liuk melewati lawan membuatnya dijuluki "Si Ular Phyton".

Budi Sudarsno populer bersama Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya dan mulai membela Timnas Indonesia sejak 2001. Budi mampu mencetak gol 16 gol dengan 46 penampilan dan menjadi mesin gol Timnas Indonesia hingga tahun 2010.

Momen terbaiknya kala bersegaram merah putih adalah saat mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-1 atas Bahrain di Piala Asia 2007 yang berlangsung di Indonesia.


6. Widodo C. Putro (55 caps/ 15 gol)

Widodo C. Putro
Widodo C. Putro sedang mengejar bola
Widodo C. Putro mengawali karir sebagai pemain profesional di klub galatama, Warna Agung (1990-1994). Mulai membela Timnas Indonesia sejak 1991 dengan mengoleksi 15 gol dengan 55 pertandingan hingga tahun 1999.

Penyerang Indonesia ini pernah mendapatkan prestasi kala berseram merah putih melalui tendangan saltonya saat melawan Kuwait yang dinobatkan sebagai gol terbaik Piala Asia 1996. Wuih, keren bro!


7. Boas Solossa (46 caps/ 14 gol)

Boaz Solossa
Kapten Timnas Senior saat ini, Boaz Solossa.
Boaz theofilius Erwin Solossa atau lebih dikenal dengan Boas Solossa merupakan salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Indonesia. Dia dikenal memiliki insting untuk mencetak gol yang tinggi dan memiliki skill di atas rata-rata.

Boas Solossa masih menjadi kapten Timnas Senior Indonesia hingga saat ini dan masih berpeluang menambah pundi-pundi golnya bagi tim merah putih karena menjadi salah satu striker terbaik Indonesia saat ini.

Boas Solossa memulai debut pertama bersama timnas sejak 2004 hingga sekarang dan sudah mengoleksi 14 gol dengan 46 pertandingan bersama Tinmas Indonesia.


8. Uston Nawawi (43 caps/ 13 gol)

Uston Nawawi
Uston Nawawi saat bermain untuk Deltas Sidoarjo
Pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia sepanjang masa berikutnya adalah Uston Nawawi. Uniknya dari deretan pencetak gol di atas, Uston Nawawi bukan berposisi sebagai penyerang. Dia berposisi sebagai gelandang untuk Timnas dan kub yang pernah dibelanya.

Uston Nawawi mulai membela Timnas Indonesia sejak 1997 hingga 2004 dengan mengoleksi 13 gol daro 43 penampilan membela Timnas Indonesia. Kita rindu dengan sosok gelandang yang memiliki skill dan insting gol yang tinggi.


9. Fachry Husaini (42 caps/ 13 gol)

Fachry Husaini
Fachry Husaini saat sedang melatih Timnas U-16
Top Skor Timnas Indonesia sepanjang masa selanjutnya adalah Fachry Husaini. Fachri bukan berposisi sebagai penyerang. Dia berposisi sebagai gelandang saat bermain bersama Timnas dan klub yang pernah dibelanya.

Fachry Husaini mulai membela Timnas Indonesia sejak 1988 hingga 1997 dengan menyumbang 13 gol dari 42 penampilannya berseram merah putih. Keren! Salah satu playmaker dengan insting gol yang luar biasa.


10. Ilham Jayakesuma (18 caps/ 13 gol)

Ilham Jayakesuma
Ilham Jayakesuma sedang menggiring bola.
Ilham Jayakesuma merupakan salah penyerang Indonesia yang mengawali karir profesional bersama Persita Tangerang. Bisa disebut, Ilham Jayakesuma adalah idola sekaligus icon klub dari Persita Tangerang karena pernah 13 tahun mengabdi untuk tim asal Tangerang itu.

Ilham Jayakesuma memulai debut bersama Timnas Indonesia pada tahun 2004 hingga 2007 dengan menyumbang 13 gol dari 18 pertandingan. Walaupun hanya mampu mencetak 13 gol, namun Ilham Jayakesuma punya catatan rasio gol yang lebih baik diantara pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia lainnya karena baru memainkan 18 pertandingan. Keren!

Baca Juga: Egy Maulana Vikri dan Netizen Indonesia yang Luar Biasa

Dalam daftar top skor Indonesia yang udah gue sebutin di atas. Hanya Boas Solossa yang masih bermain untuk Timnas Indonesia hingga saat. Ya, semoga kedepannya semakin bermunculan talenta terbaik dari Indonesia yang memiliki naluri mencetak gol yang baik dan semoga sepakbola indonesia lebih baik lagi dan lagi.

Okedeh, demikianlah informasi tentang Top Skor Timnas Indonesia sepanjang masa. Semoga bermanfaat dan terimakasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "10 Top Skor Timnas Indonesia Sepanjang Masa"

  1. dari semua nama yg asing bagi saya no.1

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, apa yang dikatakan bung day ini
      nomor 1 memang terasa asing bagi penikmat sepakbola sekarang ini
      Lalu kok nama Rifqi banyol engga dimasukin y?

      Delete
    2. Kan udah gue bilang tadi Mas Bro. Untuk nomor satu emang sedikit kontroversional. Tapi setelah gue telusuri, entah kenapa gue meyakini klo Soetjipto Soentoro adalah pencetak gol terbanyak Indonesia.

      Delete
    3. Ah kapan bilangnya?
      Ketemu saya juga enggak
      Jangan sok ngaku2 dah, nyol
      Saya tau semua

      Delete
    4. HAHAHAHA.. Terserah lo dah nik! :D

      Delete
  2. dari sekian daftar yang disebut, cuma tau tiga orang doang.
    masih kurang ilmu pengetahuan tentang sepak bola indonesia nih.
    akibat keseringan main karambol kayaknya

    ReplyDelete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel