-->

8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Benar

Udah hampir setahun yang lalu gue pergi ke dokter gigi untuk cek kesehatan gigi. Dari pengalaman itu, gue banyak tau tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar yang akan gue bahas dalam tulisan ini.


Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ternyata menjaga kesehatan gigi itu sangat mudah, akan tetapi banyak orang yang menyepelekannya. Klo gigi udah rusak, baru menyesal kan?

Padahal begitu pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut loh, agar terhindar dari kerusakan gigi yang lebih parah. Cuma dibutuhkan niat dan dilakukan secara konsisten aja.

Dalam tulisan ini, gue mau share cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar yang diambil dari pengalaman pribadi dan beberapa website yang terpercaya. Semoga bermanfaat.


Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

1. Berkumur Setelah Makan Sesuatu

Berkumur setelah makan sesuatu adalah cara simpel yang pertama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang kadang sering dilupakan banyak orang tapi memiliki dampak yang cukup signifikan. Dengan berkumur-kumur setelah makan, sisa makanan akan terbuang dengan cepat. 

Cara ini juga dipakai untuk kamu sering punya masalah dengan bau mulut. Wajib dicoba deh, karena bisa mengurangi bau mulut kamu. Bau mulut kan disebabkan oleh makanan sisa yang ada di sela-sela gigi.


2. Sikat Gigi Minimal 2 kali sehari

Menurut anjuran dokter, sikat gigi yang disarankan itu minimal 2 kali dalam sehari yaitu di pagi hari dan sebelum tidur.

Klo gue sih biasanya sikat gigi setelah sarapan pagi. Tujuannya sih agar sisa makanan setelah sarapan dapat langsung dihilangkan sebelum beraktivitas seharian. Lalu sebelum tidur juga gak pernah gue tinggalin, sikat gigi sebelum tidur itu bermanfaat untuk menghilangkan kuman dan plak pada gigi yang menumpuk sepanjang hari. Terlebih, kuman di gigi akan bekerja lebih ekstra di malam hari. Wajib banget deh sikat gigi sebelum tidur itu.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh


3. Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras

Saat gue periksa gigi beberapa waktu yang lalu, gue dikasih tau agar tidak terlalu keras saat menyikat gigi dan menggunakan sikat gigi yang tidak kasar. 

Gue pikir, semakin kuat menyikat gigi akan semakin bagus. Akan tetapi malah gak baik loh. Dengan menyikat gigi terlalu kuat terus menerus, gesekannya mengakibatkan gusi robek dan mengikis enamel gigi yang tipis. Akibatnya gigi akan lebih sensitif. Waduh, bahaya!

Dari pengalaman itulah akhirnya gue beli sikat gigi yang lembut dan mulai membiasakan menyikat gigi dengan lembut dengan gerakan memutar dan mencari rongga gigi yang bolong agar maksimal dalam menghilangkan sisa makanan.


4. Ganti Sikat Gigi Teratur

Ganti sikat gigi secara teratur adalah salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut loh. Dianjurkan sih 3 bulan sekali untuk mengganti sikat gigi, tapi klo gue sih selama keliatannya sikat gigi masih bagus ya tetep gue pake. Hehehe

Klo bulu sikat gak beraturan, udah pasti langsung gue ganti deh. Tujuan mengganti sikat gigi tentunya untuk memaksimalkan dalam menyikat gigi dan mulut.


5. Jangan Merokok

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang selanjutnya adalah jangan merokok. Coba bandingkan deh temen kamu yang merokok dan tidak merokok tentang masalah gigi. Lebih sehat yang mana? Hehe

Merokok menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Selain itu, merokok juga dapat melipatgandakan resiko terhadap penyakit gusi dan kanker mulut. Ih. Serem!

6. Batasi Konsumsi Makanan yang Manis dan Asam

Buat kamu yang sering ngemil makanan manis dan asam, mulai dikurangi gih untuk menjaga kesehatan gigi.

Makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di dalam mulut yang kemudian akan merusak enamel gigi. Jika tidak segera kumur-kumur atau menyikat gigi, akan lebih beresiko gigi cepat berlubang.


7. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluorida

Ada yang tau Fluorida itu apa? Fluorida merupakan unsur alami yang bisa ditemui dibanyak hal yang ada di sekililing kita. Misalnya ada pada air minum atau makanan yang kamu konsumsi.

Nah, Fluorida diserap oleh tubuh untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan keras menghancurkan kuman yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Oleh sebab itu, tips menjaga kesehatan gigi urutan ketujuh adalah memilih pasta gigi yang mengandung Fluorida.


8. Gunakan Obat Kumur atau Mouthwash

Obat kumur atau mouthwash merupakan produk yang memiliki fungsi sebagai perawatan gigi dan mulut. Fungsinya sih untuk mencuci, menghilangkan kuman, dan mencegah bau mulut.

Obat kumur sih sebagai pelengkap aja deh, jika kamu sudah melakukan cara menjaga kesehatan gigi yang udah gue tulis di atas, rasanya gigi dan mulut kamu sudah sehat. Tapi jika kamu mau menggunakan obat kumur, ya silahkan.

Baca Juga: Pengalaman Pertama Pergi ke Dokter gigi (Membersihkan Karang Gigi)

Nah, seperti itulah cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Susah-susah gampang sih menjaga kesehatan gigi itu, tapi dengan niat yang kuat dan dilakukan secara terus menerus, pasti akan membuahkan hasil. Iya gak sih?

Okedeh, demikianlah tulisan gue tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar. Semoga bermanfaat dan terimakasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Benar"

  1. Niat dan konsistensi itu yang susah mas. Apalagi klo lagi cape banget. Malam malas bangun ut sikat gigi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget bang. Konsisten itu yang susah. Tapi klo udah jadi kebiasaan sih pasti gak enak klo gak sikat gigi sebelum tidur. Hehe

      Delete
  2. Kalo saya sih nyewa satpam j buat jagain kesehatannya

    ReplyDelete
  3. Sebagai orang Palembang yang tinggal di Jambi, dimana pempek disana sudah jadi makanan harian, resikonya emang gigi saya jadi cepat rusak dan rapuh. Ngerawat gigi konsekuensinya harus ngurangin makanan kesukaan nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Harus dijaga demi gigi yang sehat. Hehe..

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel