-->

Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah

Dalam kesempatan ini gue mau share ilmu baru yang gue dapet saat sedang asyik berselancar di facebook. Gue nemuin para master blog sedang asyik membahas tentang broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi, baik itu eksternal link maupun internal link. Kata para master SEO, URL mati ini cukup membahayakan blog di mesin pencari loh. Selain itu juga, tentunya bagi pengunjung jufa akan merasa dibohongi dengan adanya link error pada blog, baik itu internal link maupun eksternal link yang sudah tidak aktif lagi. Sangat berbahaya jika pengunjung merasa tidak puas dengan blog kita, karena pengunjung adalah raja yang harus diberi servis memuaskan. Bukan begitu? :D

Karena broken link atau URL mati cukup membahayakan blog kita. Gue akhirnya tanya-tanya para master blog untuk menanyakan cara cek broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi sekaligus cara memperbaikinya. Klo mau ribet sih tentunya kita bisa cek semua link yang ada di blog kita, baik itu eksternal link maupun internal link. Tapi, jika blog yang kamu bangun udah lama dan memiliki banyak link. Tentunya cara itu akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Contohnya aja banyolanesia.com yang sudah memiliki ratusan artikel dan komentar, belum pernah sekalipun mengecek broken link atau link yang sudah mati itu. Gue pikir, pasti banyak banget deh URL yang sudah tidak aktif lagi.

Nah, karena hal itu gue akhirnya menanyakan cara cek broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi dengan mudah. Beruntung, gue dikasih tau cara cek url mati dengan mudah, baik itu eksternal link maupun internal link.


Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif lagi

Berikut ini gue share cara paling mudah untuk mencari broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi, baik itu eksternal link maupun internal link yang gue praktekan langsung di blog ini, dan semoga aja link error tidak banyak. Okedeh, selamat membaca!

1. Pertama, silahkan kamu mengunjungi brokenlinkcheck.com
2. Silahkan isi alamat blog kamu dan klik Find Broken Link seperti gambar di bawah ini.


Cara cek broken link

3. Lalu isi kembali URL blog kamu dan dilanjutkan isi juga security code dan pilih Report all occurences of each dead link (may be slower). Lalu klik Find Broken Link


Cek link error

4. Tunggu beberapa menit, biarkan brokenlinkcheck.com mengecek blog kamu. Sambil menunggu mungkin kamu bisa berdoa semoga url link yang sudah tidak aktif di blog kamu tidak banyak. Gue harap sih waktu pertama kali cek broken link di blog ini berdoa begitu juga. Namun sayang, ada 462 link mati dan error di blog banyolanesia.com. Ngenes bro! 


link tidak aktif lagi

URL yang tidak aktif di banyolanesia.com berasal dari kolom komentar, ekternal link dan internal link. Namun, kebanyakan URL mati berasal dari kolom komentar, Untuk kolom komentar di blog ini memang menggunakan komentar bawaan dari blogger yang bisa menyertakan link saat berkomentar. Selain itu, gue gak pake mode moderisasi komentar. Jadi, siapa aja yang komen bebas berkomentar dan menautkan linknya. Padahal hampir tiap hari gue pantau dan hapus komen-komen gak jelas, tapi masih bisa lolos juga. HAHAHA... Yowes! Gue coba memperbaiki broken link ini. Semangat!

Baca Juga: Mudah Banget! Begini Cara Cek Tulisan Blog yang ORI atau Copas!

Setelah bebebera jam. Gue akhirnya bisa menghapus semuanya url mati yang ada di blog ini. Gue bahagia! Lalu gue coba lagi cek url yang sudah tidak aktif lagi seperti contoh di atas. Dan... Gue langsung tutup laptop dan tinggal keluar. Liat aja, sekarang ada 866 broken link ataupun link yang sudah tidak aktif di blog banyolanesia.com


url mati

Setelah mood mulai baik. Gue mulai eksekusi link mati di blog gue itu. Lupa gue berapa jam hapusin dan edit link yang nempel di blog. Akhirnya setelah selesai, gue cek lagi dan sekarang broken link benar-benar sudah hilang di blog ini. 

5. Kebanyakan cerita sampe lupa inti tulisan ini. Hehe.. Untuk mengetahui di artikel mana broken link itu berada. Silahkan kamu klik URL pada kolom Page Where Found. Lalu kamu akan masuk ke link artikel di blog kamu. Lalu klik CTRL + U, dan dilanjutkan dengan CTRL + F pada halaman view source dan masukkan broken link yang akan kamu perbaiki, kemudian enter. Dengan cepat kamu akan mengetahui dimana letak link yang sudah tidak aktif itu lagi. Yaudah deh tinggal edit ataupun hapus link error itu. 

Sebenernya cara di atas cukup ribet, tapi entah kenapa gue malah enjoy. Buat kamu yang gak mau ribet sih, kamu tinggal klik src pada kolom Page Where Found. Maka kamu akan diarahkan link artikel yang sudah mati. Lalu buka blog kamu kemudian edit atau hapus link error.

Lakukan kedua cara di atas hingga broken link atau link mati pada blog hilang semua. Selamat mencoba! :D

6. Setelah kamu selesai menghapus link error pada blog melalui brokenlinkcheck.com, itu artinya kamu sudah selesai mengatasi broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi itu. Selamat!

Bagaimana, cukup mudah bukan cek dan memperbaiki link yang sudah tidak aktif di blog. Saran aja, sebaiknya rutin deh untu mengecek broken link atau link mati itu secara berkala. Jangan sampe kesalahan gue menumpuk broken link terulang kembali, sakit banget hapusin link yang tidak aktif itu. Banyak banget sih, tapi mau gimana lagi. Baru-baru ini gue belajar sedikit demi sedikit ngeblog yang bener, klo dulu mah bisa disebut ngeblog yang serabutan. Hehe..

Yaudah deh, demikian tulisan gue tentang cara cek broken link atau link yang sudah tidak aktif dan cara memperbaikinya. Klo mau tanya-tanya, silahkan tulis di kolom komentar ya dan semoga bermanfaat. Terimakasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah"

  1. Wah iya baca ini jadi ingat udah dua bulanan nggak check broken link. Ngaruh emang lho kalau rajin dibersihin, Da/pa jadi cepat naim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Tapi belum ngerasain nih manfaat check broken link. Hehehe... Soalnya baru beberapa hari nih. :D

      Delete
  2. Trims. semakin mudah memperbaiki artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang. Terimakasih juga udah berkunjung kesini. :)

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel