-->

Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh

Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi yang bisa menjadi masalah serius jika tidak segera dibersihkan. Banyak bertebaran di media online tentang membersihkan karang gigi secara cepat, baik itu secara alami maupun dengan obat-obatan. Namun, info-info tersebut belum jelas kebenarannya. Maka dari itu, dalam tulisan ini gue mau share informasi tentang Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh.

cara Membersihkan karang gigi

Gue memberikan informasi ini setelah pergi ke dokter gigi untuk konsultasi sekaligus membersihkan karang gigi beberapa bulan yang lalu. Dari pembicaraan dengan dokter itu, gue menyimpulkan bahwa tidak ada cara alami membersihkan karang gigi, begitu pula dengan menggunakan obat-obatan tertentu. Yups, bener banget. Gak ada cara ampuh dan cepat untuk membersihkan karang gigi.

"Lalu, apa dong cara membersihkan karang gigi paling ampuh, nyol?"

Menurut dokter, cara membersihkan karang gigi hanya bisa dihilangkan dengan scaling gigi menggunakan peralatan kedokteran. Proses scaling gigi mungkin kurang familiar dilakukan kebanyakan orang, namun cara ini merupakan cara paling dianjurkan oleh dokter.

Selain itu, idealnya membersihkan karang gigi dengan scaling adalah 6 bulan sekali. Hayo, lo seumur hidup udah scaling berapa kali? :D

Dengan dianjurkan 6 bulan sekali untuk memeriksa kesehatan dan membersihkan karang gigi itu menandakan scaling adalah cara paling ampuh dan aman untuk menghilangkan karang gigi.

harga scaling gigi

Lalu informasi yang sudah terlanjur beredar di masyarakat seperti membersihkan karang gigi dengan garam, baking soda, daun sirih, obat-obatan, dan lain sebagainya. Bisa disebut kurang efektif dan tidak dianjurkan oleh dokter dan cara tersebut belum terbukti kebenarannya untuk menghilangkan karang gigi.


Gue sebelum mengenal scaling gigi. Udah pernah nyobain membersihkan karang gigi dengan cara alami. Tapi nyatanya gak ada efek sama sekali, untuk yang menggunakan obat-obatan. Gue belum percaya, soalnya belum ada temen atau saudara yang pernah pake obat-obatan gitu. Takut lah pake sembarangan obat.

Buat lo yang belum pernah scaling gigi. Jangan takut karena scaling itu gak sakit sama sekali, cuma sedikit ngilu-ngilu dikit aja. Klo kita liat video di youtube tentang scaling gigi sih emang keliatannya menyakitkan dan mengerikan. Terlebih suaranya itu loh yang nyaring banget. Tapi, pendapat negatif gue itu berubah setelah gue melakukan scaling gigi. Memang butuh keberanian lebih untuk scaling gigi, karena membersihkan karang gigi belum begitu familiar ditengah masyarakat kita.

Oh iya, lama scaling itu bervariasi. kebetulan saat gue scaling gigi memakan waktu sekitar 15 menitan. Kata dokter sih karang gigi gue masih tergolong wajar dan tidak mengkhawatirkan. Maklum aja, gue jarang minum kopi dan gak merokok juga. Katanya dokter sih, itu penyebab karang gigi paling umum terjadi. Dan buat lo yang memiliki karang gigi yang sudah mengeras dan parah. Tentunya akan sedikit lebih lama.

Kemaren itu, gue scaling gigi di puskemas terdekat. Kenapa puskesmas? Ya karena harga scaling gigi di puskesmas jauh lebih murah. Pelayanan juga tetap maksimal kok melayani pembersihan karang gigi.

Beda halnya klo gue membersihkan karang gigi di rumah sakit atau praktek dokter gigi. Dari yang gue baca sih biaya bersihkan karang gigi di rumah sakit atau dokter gigi itu bisa sampe ratusan ribu. Klo kemaren pas gue bersihkan karang gigi di puskesmas mah cuma dikenai biaya 30 ribu doang. Iya serius, cuma 30 ribu doang. Nyesel gak tuh gue selama hidup baru pertama kali scaling gigi kemaren ini. Padahal mah gak mahal-mahal banget deh, lah kuota internet sebulan aja lebih dari segitu, masa menyisihkan uang untuk kesehatan gigi gak mampu. Hehe

Walaupun biaya bersihkan karang gigi di puskesmas lebih murah. Tapi tenang aja, pelayanan dan peralatan yang digunakan di puskesmas gak kalah kok dengan rumah sakit. Minusnya cuma satu, yang antre pasti lebih banyak dikarenakan lebih murah. Hehe


Satu info lagi nih, buat lo yang mau pake BPJS untuk bersihkan karang gigi. Scaling gigi tidak ditanggung BPJS. Jadi siapkan uang sebelum membersihkan karang gigi di puskesmas ataupun rumah sakit. Gue sempat tanya masalah ini di kasir saat mau bayar.

Setelah lo baca tulisan ini, seharusnya lo mulai nyiapin keberanian untuk scaling gigi di puskesmas ataupun rumah sakit. Gak usah malu dan minder saat dokter memeriksa gigi kita, dokter gigi kan emang kerjaanya begitu. Lebih baik dikonsultasikan sekarang, daripada ditunda-tunda yang akhirnya menyesal setelah gigi semakin parah. Yuk konsultasikan dan periksa gigi di dokter gigi. ^_^

Demikianlah tulisan gue tentang membersihkan karang gigi paling ampuh. Semoga bermanfaat dan terimakasih!

Source Picture:
1. http://klinikita.co.id/blog/scalling-gigi-di-semarang/
2. https://harga.web.id/biaya-pembersihan-karang-gigi-di-puskesmas-rumah-sakit-dan-klinik-dokter-gigi.info

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh"

  1. Bener sih, Mas. Saya waktu terakhir ke puskesmas 40k, tapi gak bisa langsung atas bawah, harus satu dulu. Jadi waktu itu baru yang bawah, nanti kapan2 pengen bersihin lagi. Gak kebayang dah kalau sakit giti itu. Semoga kita semua bisa menjaga kesehatan ya, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan murah juga tih mas. Hehe

      Iya aamiin, semoga kita terus konsisten menjaga kesehatan, Aamiin.

      Delete
  2. Seumur-umur baru 2 kali scaling. Pertama di Puskesmas yang bayarnya sama, 30 ribu, terus yang kedua dapet gratisan karena ada temen yang kebetulan ambil jurusan kedokteran gigi, dan dia ini lagi koas. Alhamdulillah, gratis XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep cari yang gratisan lah ya. Mantap mas! Pertahankan! wkwkw

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel