-->

11 Alasan Kenapa Harga HP Xiaomi Murah dan Laris Manis

Beberapa tahun belakangan ini HP Xiaomi bisa dikatakan bisa merebut hati pecinta smartphone di Indonesia. Bukan tanpa sebab, HP Xiaomi dikenal luas karena harga yang murah tapi memiliki spesifikasi yang mumpuni. Sudah tentu banyak yang tergoda dan penasaran dengan HP Xiaomi murah tapi juga berkualitas, setelah coba-coba akhirnya ikut jatuh cinta juga. Apalagi Xiaomi adalah salah satu merk HP yang cukup sering meluncurkan produk-produk baru di Indonesia.

Gue nulis n bangga-banggain HP Xiaomi murah dan berkualitas bukan cuma omong kosong doang. Tapi gue salah satu pengguna Xiaomi Redmi Note 4. Gue juga bukan kali ini aja nulis tentang perusahaan asal China ini, udah beberapa kali gue tulis di blog seperti Cara Update MIUI 9 Global Stable dan Review Redmi Note 4 setelah pemakaian 7 bulan. Untuk tipe hp gue itu, salah satu HP Xiaomi 4G termurah loh di tahun 2017.

Oh iya, dari Xiaomi pertama kali menginjakkan kaki di dunia smartphone, Xiaomi selalu konsisten dengan HP murah tapi juga memiliki kualitas yang baik. Bahkan ada HP Xiaomi murah dibawah 1 juta loh, klo gak salah HP Xiaomi terbaru ini rilis awal tahun 2018 dengan produk Xiaomi Redmi 5A yang dibanderol dengan harga Rp. 999.000 dan memiliki RAM 2 GB. Goks!

Dari situ gue penasaran, kenapa Xiaomi murah, berkualitas tapi perusahaan tetep untung gede juga. Kok bisa gitu?

Karena rasa penasaran itu, gue akhirnya mencari-cari informasi itu. Gue cukup mendapat jawaban dari berbagai sumber yang terpercaya. Nah, sekarang langsung aja gue mau share informasi ini ke lo semua, alasan kenapa harga xiaomi murah dan laris manis di pasaran.


Alasan Kenapa Harga HP Xiaomi Murah dan Laris Manis


11 Alasan Kenapa Harga HP Xiaomi Murah dan Laris Manis


1. Minim Promosi

Coba diinget-inget, kapan lo terakhir kali liat iklan Xiaomi di media? Rasanya jarang banget gue temui. Coba klo lo liat merk kompetitor yang iklannya berkeliaran dimana-mana kayak menghantui kita. Bener gak?

Nah, karena gak mengeluarkan biaya iklan yang berlebihan. Gak heran klo pengeluaran Xiaomi lebih sedikit daripada merk-merk lain. Karena alasan ini juga, harga HP Xiaomi murah karena mampu menekan harga jual produk.

Dalam sebuah wawancara, Donoval Sung selaku Director of Product Management dan Marketing Global mengatakan, "Kami tak akan menghamburkan uang untuk iklan. Itu bukan gaya kami."

Dari pernyataan itu sangat jelas, bahwa kita akan tetap jarang melihat produk Xiaomi berkeliaran melalui iklan-iklan. Tapi bagi gue sih gpp lah gak banyak iklan, yang penting HP Xiaomi murah dan spesifikasinya tetep gahar. #MendingXiaomi :D


2. Flash Sale

Metode Flash sale cukup populer belakangan ini dalam dunia bisnis. Sebenernya konsep Flash Sale dilakukan dengan konsep yang sederhana, yaitu memberikan potongan harga (diskon) yang relatif tinggi tetapi hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu saja. Dengan begitu, konsumen terdorong untuk segera membeli HP Xiaomi yang lebih murah.

Flash Sale Xiaomi di Lazada

Metode Flash Sale ini cukup efektif untuk menekan biaya pemeliharaan dan gudang penyimpanan yang tujuannya menekan harga jual produk. Selain itu HP Xiaomi akan lebih cepat terjual. Flash Sale biasanya menggandeng e-Commerce ternama seperti Lazada, Shopee dan lain-lain.

Bagi lo yang mau Flash Sale Xiaomi, cek aja di Lazada dan Shopee. Biasanya sih gue dapet info disitu.


3. Pemasaran Secara Online

Belakangan ini, era digital semakin berkembang pesat dan Xiaomi mampu melihat peluang itu dengan melakukan promosi secara online. HP Xiaomi memang umumnya populer di dunia maya. Xiaomi tidak melakukan promosi di media konvensional bukan tanpa sebab, itu dikarenakan promosi di media konvensional membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Karena itulah Xiaomi memilih melakukan pemasaran secara online.

Terlebih lagi, pembelian via online HP Xiaomi lebih murah karena sering ada diskon yang lumayan gede. Karena itu rata-rata orang membeli produk Xiaomi melalui online.


4. Promosi Media Sosial

Hampir semua orang saat ini tidak lepas dari namanya media sosial. Coba itung berapa kali kamu cek media sosial dalam 1 hari? Pasti banyak banget bukan?

Dari situlah Xiaomi melihat peluang ini dengan mempromosikan diri di media sosial. Sehingga menjadi banyak perbincangan banyak orang. Klo lo masih maen twitter, Xiaomi sering masuk trending di twitter. Utamanya klo Xiaomi mengeluarkan produk baru dengan harga murah. Seperti peluncuran produk HP Xiaomi terbaru 2018 beberapa waktu lalu.


5. Hunger Marketing

Pernah nyadar gak, klo Xiaomi baru keluarin produk terbaru biasanya dalam sekejap habis. Gue pikir itu salah satu kelanjutan marketing dari Xiaomi. Gue sering liat klo ada flash sale produk baru biasanya banyak yang gak kebagian. Ini merupakan kelanjutan dari strategi marketing Flash Sale.

"Rugi dong klo banyak yang mau beli, tapi stok habis?"

Klo dalam bisnis itu disebut Hunger Marketing, yaitu cara suatu perusahaan membawa produknya kepasaran dengan harga menarik untuk memikat pembeli potensial, kemudian membatasi stoknya.

Pembatasan stok barang ini membuat rasa penasaran di pasar, sehingga permintaan naik. Selain itu akan menciptakan nilai tinggi untuk merk dalam rangka menaikkan citra perusahaan. Mungkin strategi ini yang memperkuat image HP Xiaomi murah berkualitas.


6. Tujuan Penjualan

Sebagai merk baru yang belum diketahui banyak orang, tujuan penjualan xiaomi adalah bukan hanya mencari keuntungan saja. Akan tetapi bagaimana merk mereka bisa dipake oleh banyak orang, yang sekaligus mengenalkan produk mereka. Intinya, Xiaomi jual murah dengan margin keuntungan sedikit namun volume penjualan besar. Jadinya ya tetep aja untung gede bukan?

Selain itu, tentunya jika mereka banderol harga terlampau tinggi, konsumen akan cenderung membeli produk kompetitor yang sudah memiliki pasar sendiri. Dari situ jelas, Xiaomi ingin merebut pasar tersebut dengan harga lebih murah namun tetap menjaga kualitasnya. Setelah konsumen puas dengan produk Xiaomi, konsumen tadi akan setia dan memberikan kabar gembira ini kepada yang lain. Salah satu marketing dari mulut ke mulut itu lebih efektif loh. 

Gue salah satu orang yang kena sama marketing ini, gue dikasih tau temen gue klo HP Xiaomi murah dan berkualitas. Bukan cuma satu doang yang nyaranin gue beli hp ini, tapi ada beberapa temen yang rekomendasiin HP ini plus gue liat review di youtube. Makin ngiler dah gue. Buktinya, gue puas banget sama Xiaomi Redmi Note 4.

7. Pandai Melihat Peluang

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan yang pandai melihat peluang pasar smartphone dengan baik. Salah satu contohnya adalah berbagai merk besar terus berekspansi ke berbagai negara, xiaomi hanya fokus pada negara yang memang banyak minat terhadap produknya, seperti China, India dan juga Indonesia. Jika di Indonesia, mereka sudah memiliki pabrik perakitan sendiri di Kota Batam. Jadi tidak heran jika Xiaomi terus menggempur produk-produknya di Indonesia.


Spesifikasi Xiaomi Mi A1 dengan harga murah dan berkualitas

Selain itu, Xiaomi juga pandai melihat keinginan pasar. Terbukti dengan hadirnya produk Mi A1 sebagai ponsel yang khusus ditunjukkan untuk mereka yang ingin menggunakan HP Xiaomi tapi tidak ingin menggunakan MIUI. Tenang aja, mereka tetap konsisten dengan citra mereka kok, Xiaomi murah dan berkualitas plus spesifikasi yang gahar.


8. Bermitra dengan Banyak Perusahaan

Karena begitu populernya Xiaomi, banyak perusahaan di Indonesia yang ingin bermitra dengan Xiaomi. Salah satunya di Indonesia adalah Erafone, yang membantu Xiaomi dalam penjualan, baik online maupun ofline.

Untuk mitra luar negeri, Xiaomi bermitra dengan Qualcomm untuk mengembangkan chipset, lalu ada Nokia untuk mengembangkan Augmentet dan Virtual Reality. Kerjasama dengan berbagai perusahaan terkemuka jelas berdampak bagi perkembangan bisnis kedua belah pihak. Tentunya masih banyak perusahaan lagi yang bermitra di Xiaomi, gue cuma kasih contoh aja. 


9. Toko Fisik Milik Sendiri

Walaupun Xiaomi fokus dipenjualan online, namun Xiaomi juga perlu menjual secara konvensional. Oleh karena itu, Xiaomi mendirikan toko fisik milik sendiri yang dinamakan Mi Store yang tersebar dibeberapa kota di Indonesia.

Kehadiran Mi Store ini akan memangkas biaya distributor dan reseller. Sehingga mampu menekan harga jual produk.


10. Paket Penjualan

Bagi lo yang udah pernah beli HP Xiaomi, pasti tau klo dalam paket penjualan, Xiaomi tidak menyertakan Headset. Tidak seperti kompetitor lainnya yang memasukkan headset dalam paket penjualan. Sehingga cukup efektif mengurangi harga jual produk.


Isi kotak Xiaomi Redmi Note 4
Foto Unboxing Redmi Note 4 dari To2cnews


11. Fokus 2 Varian

Tidak seperti merk lain yang memiliki banyak varian, Xiaomi hanya fokus pada 2 varian saja. Xiaomi hanya mengeluarkan varian Redmi dan Mi yang merupakan seri flagshipnya. Dengan begitu biaya pengembangan produk akan lebih fokus dan akan tetap konsisten dengan image Xiaomi murah dan bekualitas.


Redmi dan Mi dari Xiaomi yang murah dan berkualitas


* * *
Nah, itulah alasan-alasan kenapa HP Xiaomi murah dan laris manis di pasaran. Gue rasa sih, jika tetap konsisten dengan harga murah dan berkualiatas. Bukan tidak mungkin Xiaomi bisa merajai industri smartphone. 

Terimakasih buat lo yang udah baca sampe akhir. Klo ada alasan-alasan lain kenapa HP Xiaomi murah dan laris manis di pasaran. Tulis di kolom komentar ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

26 Responses to "11 Alasan Kenapa Harga HP Xiaomi Murah dan Laris Manis"

  1. Wah banyak ilmu marketing nih dari xiaomi. Di kantor juga banyak yang pakek merk ini. Tp sygnya oppo saya masih bagus, nanti deh kalau mau ganti bisa pertimbngkan xiaomi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa perlu gue doain HP OPPO nya rusak kak? HAHAHAHA...

      Delete
  2. Ha ha kebetulan banget sedang mau ganti HP, soalnya udah mulai bapuk. Udah betah sama Samsung sih, tapi Xiaomi pun lagi naik pamor. Nanti deh mau dipertimbangkan. Hee

    ReplyDelete
  3. Yes. exactly, xiaomi emang marketingnya jago banget, mereka emang ngandelin media sosial buat promosi ria dan emang ampuh. btw hape kita sama gan. wkwk Redmi note 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, bener banget. Xiaomi jos banget dalam hal marketing. Btw tos dulu dah klo HP kita sama! :D

      Delete
  4. Xiaomi ini ibarat siapa sih yang nggak tahu sama merk smartphone ini. Pasti semua orang tahu, terlebih saat ini yang sedang rame flash sale. Udah harga murah, spek lumayan lagi. Wajar ada perjuangannya, tapi aku akui makin kesini makin cepat habis yang beli lewat flash sale, dibandingkan di awal2..

    Aku naksir sama mi a1 itu cameranya, keren ya, Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, akhir2 ini cepet banget habis.

      Mi A1 emang lumayan tuh kameranya, mas. Tapi.. gue masih setia sama Redmi Note 4. Hehe

      Delete
  5. Emang keren strategi pemasaran dan produksinya xiaomi. hapenya jadi murah banget.

    ReplyDelete
  6. Banyak yang heran karena harganya yang murah, tapi mungkin dengan alasan yang sifatnya kompleks ini (bagi saya karena memang bukan orang marketing) bisa menjawab keheranan kenapa produk xiaomi mampu bersaing di pasar Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mungkin tulisan gue di atas sedikit membantu menjawab hal itu.

      Delete
  7. murah dan berkualitas nih hp xiaomi :D

    ReplyDelete
  8. Saya juga suka dengan Xiaomi ini. Fitur paling lengkap dengan harga yang paling terjangkau sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener banget. Tapi gue lebih prefer ke spesifikasi n harga. Soalnya kuat gak buat maen game berat. HAHA

      Delete
  9. Selalu hampir bisa dipastikan, preorder xiaomi ini selalu rame dibicarain dan jadi cepet2an rebutan pemesan.
    Keren ya.
    Bisa jadi contoh buat produsen lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih gitu, pencitraan Xiaomi jos banget. Harusnya produk lain juga ngikutin, kan klo harga semua HP murah, kita juga yang enak klo pilih HP. #BukanMiFansGarisKeras :D

      Delete
  10. saya suka kalau penjual produk smartphone berlomba dalam menurunkan harga produknya, karena kita sebagai konsumen akan diuntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kan. Klo semua berlomba HP murah n berkualitas. Konsumen yang diuntungkan. Hehe

      Delete
  11. Wah, pantesan aja murah. Gue taunya cuma karena mereka nggak ngiklan di TV + di dalam paketnya gak ada headset, jadi wajar kalo murah. Kayaknya cuma Xiaomi sih merk yang harga murah tapi spek-nya bagus. Belum lama ini gue ganti ke Redmi Note 4x. Dan ya, puas banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih! Anak Xiaomi juga nih. Mantap!!! :D

      Delete
  12. Betul bngat, distributor hp di Indonesia memang masih depegang oleh Erafone, jadi ternyata xiomi bekerja sama juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bekerja sama, kak. Ada beberapa perusahaan besar sih yang kerja sama di Indonesia selain Erafone.

      Delete
  13. #MendingXiaomi ya slogannya? Hehe... aku setuju banget yang nomer 1. Budget promonya dari mulut ke mulut. Aku ini pake hape Xiaomi Redmi Note 4X RAM 4Gb ROM 64Gb ga ada masalah hampir setahun hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih anak Xiaomi juga. Mantap kak vin! :D

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel