6 Cara Mudah Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu pusat perbelanjaan online terbesar di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Jadi, Tokopedia memungkinkan buat semua orang untuk membuka toko online atau mengelola toko online sendiri. Simpelnya sih, buat lo yang gak ngerti soal kode-kodean dalam membuat website atau males ribet tapi pengen punya toko online sendiri, ya disitulah tokopedia hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bagi gue yang pemula dalam dunia bisnis online, tokopedia sangat membantu. Dulu, sekitar tahun 2015 gue sempat punya bisnis online. Tapi kala itu gue belum kepikiran jualan di Tokopedia, karena gue cuma jualan disekitar tempat tinggal aja. Bisa disebut jualan online karena gak punya toko fisik dan memanfaatkan instagram, twitter dan facebook. Paling banyak dapet pembeli sih di facebook, karena di facebook gue banyak tergabung dalam grup forum jual beli gitu. Ya hasilnya lumayan lah untuk sekedar jajan anak kos and ngeprint skripsi yang sering di coret-coret dosen. Hehe

Walaupun gue gak pake tokopedia untuk jualan online. Tapi gue nyari produk yang gue jual ya di Tokopedia. Karena gue dimudahkan untuk mencari Supplier terpercaya. Selain itu, sampe sekarang untuk cari rekomendasi harga sih biasanya di Tokopedia. Klo lebih murah dengan ongkir ya gue beli di Tokopedia, tapi klo lebih mahal ya terpaksa gue beli offline aja. Bahkan sekarang kita dimudahkan dengan adanya voucher belanja dari Tokopedia loh, mulai dari voucher game online, voucher pulsa, voucher makanan dan restorant dan tentunya voucher gratis dan diskon. Nextime rasanya voucher game bakalan gue coba deh.

Eh iya, Sempat juga kemaren ini buka aplikasi Tokopedia, sempat nemu kacamata google, kayaknya keren deh. Kali aja gitu klo gue share disini bakalan ada yang beliin. #BukanKode :D

Oke lanjut lah. Dalam tulisan ini gue cuma mau share tentang Cara Mudah Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia. Ini juga bisa dipake buat lo yang pengen cari Supplier Dropship terpercaya di Tokopedia. Ini berdasarkan pengalaman n baca sana-sini, semoga bermanfaat. 


Cara Mudah Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia

1. Lihat Reputasi

Supplier Terpercaya tokopedia
Adanya Fitur Reputasi di Tokopedia sangat memudahkan pembeli online melihat reputasi supplier di Tokopedia. Reputasi diberikan setelah penjual menyelesaikan transaksi. Reputasi ini memiliki beberapa tingkatan, tentunya semakin tinggi reputasi akan semakin baik dan semakin terpercaya. Untuk selengkapnya bisa lo liat di bawah ini.
Reputasi Tokopedia

2. Lihat Detail Statistik

Dengan melihat detail statistik akan memudahkan kita untuk menilai apakah supplier ini bisa dipercaya atau tidak, karena dalam fitur statistik toko ini, kita dipermudah dengan nilai-nilai dari beberapa indikator.

3. Lihat Diskusi dan Review


Klo belum cukup percaya dengan toko online itu, kamu juga bisa liat Diskusi dan Review. Disini lo bisa liat pecakapan penjual dan pembeli serta review pembeli lain setelah menerima barang yang dibeli di toko tersebut. Dari sini lo bisa liat tingkat kepuasan pembeli di toko tersebut.

4. Lihat Kapan Terakhir kali Online

Kapan Supplier terakhir online juga gak kalah penting, semakin sering online tentunya akan semakin baik yang akan menentukan pelayanan. Ini kan toko online, semua pelayanan ada di titik ini. Klo jarang online, gimana mau melayani pembeli. Bukan begitu?

Lo bisa liat juga diatas reputasi ada informasi tentang kapan terakhir kali online atau bisa juga dengan melihat diskusi produk dan review, bagaimana supplier tersebut menjawab pesan dari pembeli dan calon pembeli.


5. Official Store

Official Store merupakan ruangan khusus yang disediakan bagi brand resmi atau pemegang hak merk yang sah untuk menjual produk mereka secara online melalui Tokopedia. Sudah bisa dipastikan toko online yang memiliki simbol official store bisa dipercaya, karena penjualan produk dihandle oleh perusahaan resmi. Lo bisa liat logo ceklis warna ungu di Toko online itu. Misal gue kasih contoh Erafone. Gue dulu beli Xiaomi Redmi Note 4 di Erafone.
official store tokopedia

6. Gold Merchant

Gold Merchant adalah supplier yang berlangganan iklan di Tokopedia. Dengan toko tersebut menggunakan jasa iklan di Tokopedia, kemungkinan besar dia niat untuk berjualan di Tokopedia. Logikanya sih begitu. Biasanya lo bisa nemuin logo gold merchant di profil toko atau saat melakukan pencarian produk tertentu.
Logo Gold Merchant
Logo Gold Merchant

* * *
Bagaimana? Udah ada gambaran kan untuk nyari supplier terpercaya di Tokopedia. Semoga tulisan gue bisa membantu lo untuk menemukan supplier terpecaya di Tokopedia. Terimakasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel