Pengalaman Pertama Refund Tiket di Traveloka

Menurut kamus Bahasa Inggris, arti Refund adalah pengembalian uang/ mengembalikan uang pembayaran. Klo menurut Traveloka, Refund adalah sejumlah uang yang akan anda terima atas pembatalan pemesanan penerbangan yang bersifat bisa di refund, serta tergantung pada kebijakan yang berlaku. 

Udah ngerti kan sekarang pengertian Refund? Nah, klo gitu gue mau sedikit cerita tentang Pengalaman Pertama Refund Tiket di Traveloka bersama Lion Air di akhir Bulan Oktober kemaren ini. Asli, ini pengalaman pertama gue Refund di Traveloka. Gue cuma modal nekat, google dan kepepet aja, yaiyalah daripada uang gue gak kembali kan? Hehe...



* * *
Jadi ceritanya bulan kemaren ini gue ambil cuti untuk pulang ke rumah. Dan karena jadwal cuti sudah ditentukan berakhirnya sampe kapan, ada baiknya gue selalu cek harga tiket pesawat di Traveloka untuk kembali dengan rutinitas kerja, biasalah jauh-jauh hari biar harga tiketnya lebih murah tentunya. Hehe #AnakEkonomiSejati :D

Oh iya, jadwal penerbangan yang gue cari itu dari Bandar Lampung (TKG) - Banjarmasin (BDJ). Walaupun gue kerja di Provinsi Kalimantan Tengah, tapi gue lebih milih Kota Banjarmasin. Why? Karena lebih banyak jadwal penerbangan dan tentu aja harganya lebih murah, bedanya bisa sampe 200 ribuan loh. Kan lumayan banget. Selain itu cuma beda 2 jam doang kok dari Banjarmasin dibandingkan Bandara Tjilik Riwut, Palangkara.



* * *
Satu minggu sebelum cuti gue habis, gue akhirnya booking tiket via Traveloka. Lumayan lah, biasanya sih gue dapet 800an ribu lebih sampe 900an lebih untuk ke Banjarmasin. Pernah kemaren pas liburan bisa sampe 1 jutaan lebih malahan. Eh kemaren pas gue cek cuma dapet 700 ribu. Yaudah langsung gue booking tanpa basa basi. Lumayan beda seratus ribuan lebih, bisa beli Mie Instan untuk stok dua bulan ini mah. Hehe

[Baca Juga: Galau? Traveloka Solusinya!]


Setelah gue happy dapet tiket yang lumayan murah, gue juga menikmati sisa-sisa cuti gue, sampe akhirnya ada chat masuk dari Pak Bos di H-1 sebelum keberangkatan gue menuju Banjarmasin. Intinya sih gue harus menunda keberangkatan dulu karena beberapa hal dan sebab dan Pak Bos minta gue untuk sama-sama berangkat bareng. Fix! Gue bakalan dibayarin. :D


Dalam hati sih seneng-seneng aja, udah pasti dibayarin lah. Hehe... Tapi, tiket gue yang udah terlanjur gue booking dengan uang pribadi bakalan ilang dengan sia-sia.


Sebagai anak ekonomi sejati, gue pun melakukan cara yang intinya sih bisa balikin uang gue. Bermodal Adek Google (Baru merayakan ultah ke 19 tahun ini), gue mulai berselancar di dunia maya, sampe akhirnya gue tau ada yang namanya refund tiket. Ya walaupun gak bisa seratus persen, minimal bisa balik setengahnya aja gue udah seneng. Tapi... Tapi... Klo bisa sih seratus persen lah. Hahaha...


Gue mulai dengan membuka aplikasi Traveloka di HP gue dan ada beberapa syarat & ketentuan refund Traveloka dengan maskapai Lion Air.

Oke, bakalan gue jelasin. Untuk tipe penumpang dewasa dan anak-anak:

1. Refund yang di kirim lebih dari 72 jam (3 hari) sebelum keberangkatan dapet biaya pembatalan 25%, artinya kita cuma dapet 75%. Lumayanlah.
2. Refund yang di kirim lebih dari 72 jam sampe 4 jam sebelum keberangkatan dapet biaya pembatalan 50%, artinya gue cuma dapet 50%. Agak cekit-cekit sih, tapi mau gimana lagi. Hehe
3. Refund yang di kirim 4 jam sebelum keberangkatan sampe 90 hari setelah keberangkatan dapet biaya pembatalan 90%, artinya lo cuma dapet 10%. Fix. Yang ngirim refund tiket setelah 90 hari setelah keberangkatan pasti OKB nih. Biasanya kan sombong di awal bulan tapi pas akhir bulan nyari receh demi beli mie instan untuk bertahan hidup. Hehe

Oke lanjut, dari hasil baca di blog Traveloka itu, gue menyadari gue ada di posisi nomor 2. H-1 sebelum keberangkatan dan cuma dapet 50%. Alhamdulillah. ^_^


Oh iya, setelah baca-baca. Akhirnya gue siap melakukan langkah-langkah untuk refund. Nomor terakhir bikin lo insyaf. :D *Plissss... Bacanya berurutan ya. Hehe
1. Login Akun Traveloka

Dalam pengajuan refund, lo harus punya akun Traveloka dan dilanjutkan login. Karena gue udah punya, gue langsung aja menuju tahap selanjutnya. Next! :D

2. Pilih Pesanan

Setelah lo masuk akun Traveloka, lo pilih menu pesanan saya dan klik pesanan yang mau lo refund. Nanti seperti gambar di bawah ini. Dan lo pilih menu refund. Udah gak usah tegang ngekliknya, santai aja kali. Lemesin aja. Wkwkwk *Pengalaman gue sih kemaren gue deg-degan banget. Hahaha
Langkah-langkah Refund Traveloka
Udah belum? Gue tungguin nih. Hehe
Setelah lo pencet menu refund, lo akan nemu pilihan penerbangan yang akan lo refund dan lo klik lanjutkan seperti gambar dibawah ini.
Langkah-langkah Refund Traveloka lion air
Dan setelah lo lanjutkan akan ada alesan kenapa refund. Plis... Jangan tanya gue ya kenapa lo mau refund. Hehe
Pengalaman Pertama Refund Traveloka
Setelah menu alasan kenapa lo refund, lo diharuskan ngisi info bank yang akan dikirim dana refund seperti nama kantor cabang, nama pemilik rekening dan nomor rekening. Nah disini patut dicatat, jangan masukin no rekening gue ya. Hehe
Refund traveloka
3. Berdoa
Ya, setelah semua tahap lo selesaikan dengan baik. Sekarang yang bisa gue dan lo lakukan cuma berdoa. Semoga uang refund tadi gak salah kirim. Berdoa mulai... :D

Nah, setelah berdoa dengan khusyuk. Akhirnya kiriman dari Traveloka masuk juga ke rekening gue kurang lebih 2 hari doang. Karena gue pake sms banking, gue jadi tau ada transferan masuk. Untuk lo yang belum gunai sms banking bisa lo cek juga di email, karena pemberitahuan juga dikirim via email.

Dana refund traveloka sudah masuk
Oh iya, di dalam email pemberitahuan juga dijelaskan ada tambahan biaya lagi sebesar 30 ribu untuk biaya refund. Jadi gak 50% banget sih, malahan yang masuk ke gue ada lebih Rp. 4.203 . Semoga adminnya gak ngantuk. Hehe


* * *
Begitulah pengalaman pertama refund tiket Traveloka dengan maskapai Lion Air. Lebih dan kurangnya gue mohon maaf dan semoga bermanfaat! ^_^

Thanks.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel