Anak Kos dan Makna Buka Bersama

Bagi anak kos, Bulan Ramadan mempunyai berkah sekaligus makna tersendiri. Ya, gak ada lagi akhir bulan yang mengenaskan karena setiap manusia yang ngaku muslim diwajibkan berpuasa. Jadi gak ada bedanya, awal dan akhir bulan bagi anak kos. Tepat seperti sekarang, bulan puasa jatuh di akhir Bulan Mei. 

Makna lain bagi anak kos adalah perbaikan gizi, dimana anak kos mulai Safari Ramadan ke masjid-masjid atau acara untuk sekedar mencari makna sesungguhnya dari Buka Bersama, Makan Gratisan! :D
Gue ngomong begini bukan tanpa dasar dan asal ngomong, karena gue waktu masih ngampus melakukan ini, saat dimana Blackberry merajai HP di Indonesia dan saat itu HP gue masih layak untuk ganjelan pintu atau ganjelan jendela kamar. Klo dipikir-pikir gue udah cukup tua ya. :((((
Eh iya, waktu ngampus dulu, gue aktif di salah satu organisasi kampus. Nah, disinilah tempat dimana informasi buka bersama gue dapet. Tentunya yang gratisan ya, karena itu makna sesungguhnya bagi gue. Tapi gue gak Safari Ramadan ke masjid-masjid sih, ya karena emang jarang ke masjid. Selain itu, di masjid cuma di kasih takjil doang, gak kenyang dan harus cari makan yang berat juga. Beda dong sama acara-acara buka bersama organisasi gitu. #GakMauRugi #AnakEkonomiSejati. :D

Untunglah saat itu gue aktif di organisasi, dimana hampir tiap hari dapet undangan buka bersama dari beberapa organisasi-organisasi lain di kampus gue. Pokoknya hampir tiap hari buka bersama, eh maksudnya makan gratis ding. Hahaha 

Karena gak ada batasan untuk tiap organisasi untuk ngirim delegasinya (Halah, bahasa gue tinggi banget dah, udah kayak aktivis aja :D). Jadi gue selalu ikut, lagipula gue juga menjabat sebagai Kepala Bidang. Cukup punya daya tawar dikit lah. Hehe

Sekitar abis solat ashar biasanya acara buka bersama dimulai. Karena selain pengen dapet gratisan, gue juga pengen dapet ilmu. Oh iya, gak melulu soal ceramah agama sih pas acara buka bersama gitu. Kadang juga diisi dengan diskusi-diskusi terkait politik, ekonomi, bisnis dan masih banyak lainnya. Biar keliatan mahasiswa banget kali ya, kan agent of change. #Halah

Dari yang gue inget, buka bersama hampir sama sih di tiap organisasi. Pertama berbuka dikasih takjil yang ringan dan tentunya minuman es yang sangat menyejukkan seperti senyuman kamu.

Setelah itu rame-rame solat maghrib berjamaah, baru setelah itu makan dan dilanjutkan pulang sebelum solat isya. Finish dengan penuh kegembiraan dan perut kenyang.

[Baca Juga: Akhirnya Bisa Buka Bersama]

Tapi model acara buka bersama kampus ini berbanding terbalik klo pas Buka Bersama bareng temen SMA atau SMP gue. Klo acara buka bersama ya sambil menunggu azan maghrib itu ngerumpi, pas azan maghrib langsung makan takjil dan dilanjutkan dengan makan. Bagi yang mau solat ya solat, bagi yang nggak ya nggak. Hmm.. yang wajib jadi sunnah dan sunnah jadi wajib ini namanya. Tidak lupa dengan pamer di sosial media tentunya. :(((
Tapi yaudah lah ya, bagi yang tau itu salah ya jangan dilakukan dan jangan ikut-ikutan. Malah klo bisa, kita yang tau itu salah ngingetin temen-teman kita yang khilaf itu, malah jangan ikutan khilaf berjamaah. Jadinya dosa berjamaah nantinya. Hehe

Lebih terbalik lagi, klo buka bersama bareng temen SMA atau SMP itu... BAYAR! :((( #GakMauRugi :D


* * *
Ah... Cukup sekian deh tulisan gue kali ini. Btw, lo udah buka bersama berapa kali sampe hari ini? ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel