Tuhan itu Maha Adil

Beberapa hari ini gue bener-bener mendapatkan pelajar yang sangat luar biasa.
Ceritanya, kemaren gue abis terdampar di salah satu desa terpencil. Ya, terpencil... Dengan listrik negara belum ada (Karena masih menggunakan listrik swadaya, itupun cuma malem aja idupnya) plus akses jalan darat yang memang cukup ekstrem. Di desa itu gue bareng 2 sahabat gue.

Tapi... Gue gak akan cerita tentang permasalahan desa ataupun ngomongin gue ngapain aja disana. Menurut gue, hal itu gak penting. Hehe :D

Gue mau cerita tentang salah satu anak desa yang menurut gue patut kita contoh semangat juangnya dalam hidup.

Begini, anak desa itu bernama Sahrul. *Pastinya bukan Syahrul Gunawan artis. Sahrul anak desa ini tanpa Y dinamanya. Tentunya mereka berbeda... Ehehe :D

Dia terlahir di keluarga sederhana nan romantis. Selain itu, dia terlahir buta. Iya, buta sejak lahir. Menurut cerita, dia sudah berobat hampir semua rumah sakit di daerahnya. Namun... sama sekali tidak ada perubahan, tutur orang tuanya dengan muka sedih. *Tolong ambilin tisu dong. :)))

Saat ini dia berusia sekitar 26 tahun, angka yang seharusnya sudah bisa menikmati indahnya dunia ini. Namun, dia belum pernah merasakan keindahan dunia. Hanya kegelapan yang selalu menemani dia selama 26 tahun ini. Namun dia bisa bertahan. Bahkan menurut gue sangat gigih. Dari pengamatan gue, dia sangat mandiri dengan keterbatasannya.
Dari beberapa hari gue tinggal serumah dengannya. Gue ngerasa tersentil olehnya. Disini bakal gue sedikit jabarin satu persatu. Semoga bermanfaat!

Pertama, Ibadahnya rajin
Pertama kali gue kesana, posisi dia masih tidur di depan. Gue kira denger ada tamu dia bakalan nyamperin kita. Taunya dia malah lanjutin tidurnya dan manggil salah satu sahabat gue itu yang memang sepupunya.

Jujur, gue udah berpikir negatif saat itu. Ada tamu, tapi tetep stay tiduran. Tapi, setelah gue dapet cerita klo dia buta. Gue langsung merasa bersalah karena udah mikir negatif tentang dia.

Beberapa menit, gue denger suara azan ashar. Dengan bergegas si Sahrul ke sungai. Memang posisi rumahnya berhadapan langsung dengan sungai yang cukup deras. Dia langsung berwudhu saat itu juga, tanpa bantuan siapapun dia berjalan menuju sungai dan kembali pulang. Dia langsung menunaikan ibadah solat ashar. Gue tersentuh dengan semangat ibadahnya.

Oh iya, selama beberapa hari disana gue tau klo dia selalu tepat waktu menjalankan ibadah
solat. BOOM!

Gue merasa tersentil saat itu, gue yang normal aja masih sering menunda solat, bahkan kadang sering bolong-bolong juga solatnya. Dan dia yang memiliki kekurangan malah lebih taat. Subhanallah. Luar biasa!

Kedua, Pernah Juara Lomba
Karena gue ngerasa salut sama si Sahrul. Gue sering kepo sama dia. Gue liat ada piala gitu di rumahnya. Gue kepoin lah, ternyata dia abis juara lomba nyanyi. Klo gak salah denger, lomba nyanyi sekabupaten deh. Bagi gue, ini hal yang luar biasa. Apalagi dia memiliki kekurangan.

Malemnya saat listrik desa dinyalakan. Gue semakin yakin klo memang suara Sahrul bener-bener kece. Gue bisa tau saat dia malem-malem karokean sama keluarganya, tentunya DVD bajakan ala anak desa yang mencari hiburan malam. Hehe...
Suaranya emang kece badai dan enak didenger. Kayak mantan ngajak balikan gitu, enak didengerin. :))))

Gue makin salut ama si Sahrul. Dia udah pernah juara, gue aja yang bisa dikatakan normal seperti anak-anak lainya. Belum pernah ngerasai juara. Sekali lagi gue salut!

Ketiga, Dia Bisa Berenang
Mungkin bagi lo ini biasa, tapi bagi gue ini luar biasa. Masalahnya, gue gak bisa renang. :(((
Renang adalah salah satu hal yang paling sulit gue lakukan. Dari zaman SMP gue kenal kolam renang dan sampe sekarang gue belum bisa. Huft!

Padahal udah belajar, tapi ya gitu. Klo renang udah kayak kambing mandi di sungai aja. Airnya kemana-mana tapi orangnya masih stay aja gak bergerak. Pfttt.. *Gaya batu kecemplung sepiteng :(((

Hebatnya, si Sahrul ini berenang bebas di sungai udah kayak ikan indosiar. Iya, meliuk-liuk dengan lihai. Kembali gue makin kagum sama dia.

Keempat, Punya Daya Ingat yang Luar biasa
Gue bisa berkata itu, karena salah satu sahabat yang bersama gue ini adalah saudara sepupunya. Mereka sudah tidak bertemu selama beberapa tahun. Dengan satu kali bicara, Sahrul langsung paham dengan sahabat gue. Gila! Gue yakin dia punya daya ingat yang luar biasa.

Selain itu, saat berjalan pun dalam rumah atau didesanya. Dia dengan santai berjalan layaknya orang yang memiliki penglihatan normal. Gue yakin, klo bukan karena inststing dan daya ingat yang luar biasa. Pastinya dia bakalan mudah jatuh. Tapi… ini beda. Dia berjalan layaknya orang yang normal. Sekali lagi luar biasa.

Kelima, Dia Sudah Menikah
Entah kenapa gue pengen masukin ini ke list terakhir. Mungkin salah satu alasannya untuk gue dan lo semua yang belum nikah. Agar segera menikah. Biar ada motivasi gitu. Ehehe..
Terutama buat para jomblo yang takut gak dapet pasangan. Hehe

Tenang, mblo! Pasangan lo masih dijagain sama yang lain. Klo lo udah siap, nanti juga bakalan dateng sendiri. Ya... klo gak dateng berarti lo yang kejer dong. Usaha kaya si Sahrul. :))))

Lanjut ke Sahrul. Dia sudah menikah beberapa tahun yang lalu dengan perempuan normal. *Respek sama perempuan ini!
Namun, mungkin takdir berkata lain. Perempuan baik hati itu telah lebih dulu kembali kepangkuan-NYA. Iya meninggalkan dunia yang fana ini, akibat sebuah penyakit. Gue gak tau penyakit apa, sengaja gue gak tanya. Takut melukai hati Sahrul kembali dengan mengingat kenangan kala itu. Ya memang dia terlihat enjoy, tapi gue yakin dia pasti tetep punya rasa sedih klo mengenang masa lalu bersama istrinya itu.

* * *
Dari pertemuan gue dengan Sahrul, gue semakin yakin akan satu hal. "Tuhan itu Maha Adil"
Iya, dengan kekurangan yang dimilikinya itu. Sahrul mampu menunjukkan kelebihan dan potensi terbaiknya. Dimana ada sisi kekurangan pasti juga ada sisi kelebihan. Tinggal bagaimana kita bersyukur, tetap semangat dan tidak pernah putus asa. Gue jadi keinget lagu dmasiv yang judulnya jangan menyerah. Klo gak salah begini liriknya...

Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasa-NYA
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal putus asa.

Ya, begitulah intinya. Jangan menyerah dan putus asa. Gue yakin "setiap manusia itu pasti memiliki potensi dalam bidangnya masing-masing". Gue percaya itu.
So... Yuk berjuang untuk mencapai potensi terbaik lo itu. Semangat!


* * *
NB: Semoga mood gue gak naek turun, biasanya si seminggu bertahan mood kayak gini. Nanti balik lagi. Wkwkwk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel