Hal-Hal yang Harus dihindari Saat Solat Tarawih

Sumber
Gak nyangka, bentar lagi udah lebaran yaaa?
Wah... Gimana nih solat tarawih di masjid lo? Pasti makin sepi kan... #Miris


Begini, gue mau cerita tentang pengalaman saat solat tarawih yang buat gue super kesel dan bikin gue gak khusuk. Sengaja gue curahkan disini agar menjadi pelajaran bagi kita semua. Ya, minimal agar lo tidak melakukan hal yang sama, karena bisa merusak konsentrasi orang lain yang sedang solat tarawih.

Hmm... apa aja yang harus dihindari ya. Yuk simak disini...

1.     Pake Deodorant
Entah kenapa ini masuk posisi pertama. Ya, mungkin kejadian ini yang paling membekas di hidung mancung gue. Kejadian ini baru aja terjadi kemarin. Memang Kondisi masjid tempat gue solat itu pengap pake banget, ini didukung oleh masjid yang terbilang kecil plus sedikit ventilasi udara dan kipas angin pun seadanya. Jadi... Sudah bisa dipastikan jika menampung orang banyak kayak solat tarawih gini, bakalan buat gue berasa olahraga lari 100 kilometer sambil salto-salto. Keringetan bro!

Beberapa rakaat solat tarawih aja udah bikin badan gue mulai berkeringat. Sesaat setelah itu, gue pun mengendus bau busuk di samping gue. Saat solat, gue sedikit melirik ke samping kanan dan mulai berpikir, “INI BAU KETEK!”.

2.     Pakaian Bertulis dan Bergambar
Entah kejadian ini udah berapa kali gue alami, tapi yang pasti lebih dari 2 kali. Kembali saat gue solat tarawih di masjid tercinta, gue tanpa sengaja melihat punggung yang bertuliskan dan bergambar aneh-aneh yang membuat fokus gue kembali melayang.

Yang gue inget ada tulisan kecil di punggung dan malah buat gue penasaran untuk membacanya, kayak kata-kata mutiara yang sering kita liat di kaos-kaos kekinian abg labil zaman sekarang. Semisal tulisan yang kekinian “Katanya gaul, kok digaulin nangis.” Sesaat setelah membaca gue hening dan berpikir keras makna tulisan itu.

Terkadang ada lagi gambar yang bikin konsentrasi gue buyar dan malah penasaran, seperti baju bergambar aneh bin gak jelas. Kayak gambar Valak di film conjuring 2, tapi absurd. Kaos anak metal gitu sih... Gue jadi mikir ini maknanya apa ya?

Bahkan ada baju yang buat gue jadi kesel. Gue liat ada yang make baju bola Barcelona (Gue Fans Manchester United). Entah kenapa gue gak suka banget sama Barcelona, mungkin efek beberapa kali tim gue dipecundangi sama Barcelona di final liga champion kali ya. Jadi, karena begitu fanatik sama tim kesayangan, buat gue kesel. Bikin kesel lagi baju bolanya itu kw murahan abis, mungkin harganya 25 ribuan. Pfttt....

Sejatinya gue gak melarang lo pake baju apa. Tapi... Ya dilihat lah bagaimana cara pandang orang beda-beda, apalagi cara pandang orang-orang yang mirip gue, yang memandang sesuatu penuh nafsu birahi dan terkadang berujung ketidakjelasan. Selain itu didukung kekhusukan solat gue yang masih NEWBIE, gak kayak ustad yang level solatnya udah HARD.

Gue mikir gini aja si klo cara berpakaian saat solat. Gue klo ketemu orang penting macam bupati, gubernur atau presiden mungkin akan tampil maksimal dan gak mungkin make yang aneh-aneh. Lah... Ini mau ngadep sama TUHAN kok ngawur gitu. #MIKIR!

3.     Pake Masker Bagi yang Flu dan Batuk
Ini sebenernya saran yang baik bagi semuanya agar tidak terkena flu dan batuk. Gue merasa jika ada satu orang di masjid yang flu dan batuk. Gue yakin dalam beberapa menit ada yang tertular. Ini terjadi kira-kira seminggu yang lalu, saat sedang solat di samping gue ada yang lagi flu. Beberapa menit kemudian hidung gue meler. Damn!

Apalagi persebaran virus flu dan batuk, ini menurut gue lebih cepat dan ganas. Secepat lo lari klo lagi ditagih utang sama temen lo. Ya, persis kayak gitu.

Nah, disini gue cuma saran doang pake masker (Tips simpel), agar tidak menulari yang lain yang berakibat tidak khusuknya orang lain solat tarawih.

4.     Jangan Bawa Anak Kecil
Para orang tua, kakak atau siapapun yang mempunyai anak kecil seyogyanya punya tujuan baik mengajak dan memperkenalkan solat sejak dini. Namun, terkadang ini malah menganggu orang lain. Tau sendiri lah lo semua klo anak kecil itu gak bisa diatur, jadi saat solat bukannya mereka diam atau mengikuti solat malah menganggu semuanya.

Gue pernah mengalami ini, saat asyik solat malah ada yang megang-megang bokong gue. Risih lah disenggol-senggol bagian itu. Fokus gue buyar seketika saat solat. Bahkan gue sempet liat tetangga gue sarungnya di buka-buka gitu. Anak kecil dengan polos membuka dan ngumpet di dalam sarung yang maen petak umpet. Huft!

Setelah solat mau gue omelin tapi ada orang tuanya, gak enak. Jadilah cuma gue tegur doang dengan senyum-senyum kebencian ala sinetron. *Padahal dalam hati mau gue pites anak kecil itu!

* * *
Hmm... Apalagi ya? Kayaknya cuma ini deh pengalaman yang pernah gue alami. Pengalaman ini mungkin pernah lo lakukan atau pernah lo liat juga. Saran gue klo lo tau itu bisa mengganggu orang lain. Ada baiknya lo tidak melakukan hal-hal yang gue sebutin di atas.

Klo ada tambahan, jangan sungkan untuk menulis di kolom komentar. Klo lo tipe pemalu, bisa juga kita diskusi di email atau media sosial gue. Jangan lupa follow tapi ya.. Hihi *Tetep aja promosi! #FakirFollowers.*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel