Fenomena Saat Bulan Ramadan

Sebelumnya gue mau ucapin selamat menjalankan ibadah puasa ramadan ya bro, bagi yang menjalankannya. :)))

Alhamdulillah, gak kerasa udah beberapa hari ini kita lewati Bulan Ramadan yang penuh berkah. Berarti menandakan lebaran sebentar lagi. Gak kerasa ya, haha... *Padahal baru 4 hari puasa :D

Eitss... Sebelum gue jelasin tentang "Fenomena Saat Bulan Ramadan". Gue mau ngasih tau tentang kekeliruan yang terjadi di masyarakat, termasuk gue sendiri. Kebanyakan masyarakat indonesia, bahkan media besar indonesia sekalipun menganggap kata "Ramadhan" yang benar. Padahal klo kita cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Ramadhan tidak terdeteksi radar, alias gak ada arti sama sekali.

Jadi yang benar apa dong Nyol!

Uhukkk... Menurut KBBI kata yang benar itu Ramadan. Gak pake huruf H.


Jadi... Klo udah tau itu salah, mari kita gunakan yang benar. Biar gak malu-maluin. Hihi...

* * *
Oke baiklah, sekarang waktunya gue paparkan hasil pengamatan gue tentang Fenomena Saat Bulan Ramadan dari sudut pandang gue sendiri. Chekidot bro... :))))

Pertama: Iklan Sirup
Klo boleh curahkan isi hati gue selama ini. Caelah...
Sebenernya yang menandakan puasa atau tidak itu bukan dari terlihatnya mantan deh. Eh maksud gue hilal. Maklum, nama mantan temen gue namanya si Hilal. :)))

Ya, bukan terlihatnya hilal, tapi terlihatnya iklan sirup yang semakin banyak di layar kaca. *Pemikiran bodoh gue sih, tapi ini udah teruji toksisitas dan uji emisinya loh... Hehe...

Ada beberapa merk sirup yang selalu konsisten iklan hanya pas ramadan. Kadang sempet mikir. Apa cuma bisa promosi satu bulan dalam satu tahun. Gak ada modal gitu. Padahal secara gak langsung, selain Bulan Ramadan malah orang gak puasa. Jadi, kemungkinan minum sirup di siang hari makin besar. Hmm...

Entahlah, intinya klo udah ada iklan sirup berarti anda memasuki Bulan Ramadan. Percayalah!

Kedua: Artis Seksi Indonesia Mendadak Alim
Saat memasuki ramadan, banyak kalangan artis seksi nan hot yang berbondong-bondong merubah total penampilan. Gak perlu gue sebutin juga lo pasti paham. Artis-artis mana aja yang melakukan hal ini.

Ya, mungkin mereka ingin tobat 1 bulan, atau biar hawa nafsu pria-pria lapar kasih sayang kayak gue ini agar ngerem nafsu liarnya. Hmm...

Satu sisi gue dukung, sisi negatif gue mengatakan ini sekedar pencitraan agar tetep laku di Bulan Ramadan. Gimana gak mikir pencitraan, lah cuma 1 bulan doang sih...

Ketiga: Buka Bersama
Nah... Ini nih fenomena selanjutnya yaitu buka bersama. Bahkan jadwal buka bersama sudah diagendakan sebelum ramadan datang. Niat banget emang!

Bahkan, hampir semua orang memiliki jadwal super padat. Dari temen SD kelas 1 sampe kelas 6. SMP kelas 1, kelas 2, kelas 3. SMA kelas 1, kelas 2, kelas 3. Temen kuliah semua jurusan. *Nah loh...

Mereka semua pengen ngajak buka puasa bareng. Bisa dibayangkan jadwal yang super padat! :))

Ya, dengan buka bersama itu memang membawa dampak positif karena sebagai ajang silaturahmi. Namun, namanya juga bulan ramadan, pasti banyak godaan. Tujuan awalnya silaturahmi, berganti jadi tujuan lain.

Tujuan yang sering gue dapati biasanya pamer. Pamer kesuksesan, pamer karir, pamer pacar baru, pamer mobil baru, smartphone baru, kaos kaki baru, kancut baru. *Eh...
Lo juga kayak gitu kan? Udah ngaku aja!

Keempat: Ngabuburit
Nah, ini menjadi salah satu fenomena yang menarik di Bulan Ramadan. Gue juga gak tau pasti artinya apa dan sejarah awalnya kayaknya.

Biasanya orang-orang yang ngabuburit intinya nunggu azan maghrib tapi dilakukan dengan jalan-jalan keluar.

Lah... ngapain di tungguin, entar juga dateng sendiri. Maghrib itu udah gede loh, gak usah di cari juga dateng sendiri. Dia udah sunat juga kok. Bahkan sampe 3 kali disunat. :D

Kelima: 11 Rakaat atau 23 Rakaat
Solat tarawih menjadi fenomena yang tak kalah seru. Solat tarawih memiliki perbedaan antara 11 Rakaat dan 23 Rakaat di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan satu desa yang memiliki beberapa masjid dan mushola sering terjadi perbedaan.

Klo anak muda kayak gue dan temen-temen gue nanya 11 Rakaat atau 23 Rakaat mah bukan karena mau banyak-banyak ibadah. Tapi mau cari yang cepet... hihi

Menurut gue si, semua sama-sama benar karena memiliki dasar masing-masing. Tinggal kita menjalankan dengan baik dan khusuk. Iya gak? *bisa bijak juga gue yah... hehe

* * *
Mungkin cuma itu yang bisa gue sampaikan hasil dari pengamatan yang sering terjadi di masyarakat. Intinya dari semua itu, jangan makan dan minum di siang hari ya. Apalagi mikir yang aneh-aneh. :D

So, semangat berjuang untuk menuntaskan misi puasa ramadan. Keep Spirit!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel