6 Cara Mudah Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu pusat perbelanjaan online terbesar di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Jadi, Tokopedia memungkinkan buat semua orang untuk membuka toko online atau mengelola toko online sendiri. Simpelnya sih, buat lo yang gak ngerti soal kode-kodean dalam membuat website atau males ribet tapi pengen punya toko online sendiri, ya disitulah tokopedia hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bagi gue yang pemula dalam dunia bisnis online, tokopedia sangat membantu. Dulu, sekitar tahun 2015 gue sempat punya bisnis online. Tapi kala itu gue belum kepikiran jualan di Tokopedia, karena gue cuma jualan disekitar tempat tinggal aja. Bisa disebut jualan online karena gak punya toko fisik dan memanfaatkan instagram, twitter dan facebook. Paling banyak dapet pembeli sih di facebook, karena di facebook gue banyak tergabung dalam grup forum jual beli gitu. Ya hasilnya lumayan lah untuk sekedar jajan anak kos and ngeprint skripsi yang sering di coret-coret dosen. Hehe

Walaupun gue gak pake tokopedia untuk jualan online. Tapi gue nyari produk yang gue jual ya di Tokopedia. Karena gue dimudahkan untuk mencari Supplier terpercaya. Selain itu, sampe sekarang untuk cari rekomendasi harga sih biasanya di Tokopedia. Klo lebih murah dengan ongkir ya gue beli di Tokopedia, tapi klo lebih mahal ya terpaksa gue beli offline aja. Bahkan sekarang kita dimudahkan dengan adanya voucher belanja dari Tokopedia loh, mulai dari voucher game online, voucher pulsa, voucher makanan dan restorant dan tentunya voucher gratis dan diskon. Nextime rasanya voucher game bakalan gue coba deh.

Eh iya, Sempat juga kemaren ini buka aplikasi Tokopedia, sempat nemu kacamata google, kayaknya keren deh. Kali aja gitu klo gue share disini bakalan ada yang beliin. #BukanKode :D

Oke lanjut lah. Dalam tulisan ini gue cuma mau share tentang Cara Mudah Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia. Berdasarkan pengalaman n baca sana-sini, semoga bermanfaat ya.

Cara Mudah Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia

1. Lihat Reputasi

Supplier Terpercaya tokopedia
Adanya Fitur Reputasi di Tokopedia sangat memudahkan pembeli online melihat reputasi supplier di Tokopedia. Reputasi diberikan setelah penjual menyelesaikan transaksi. Reputasi ini memiliki beberapa tingkatan, tentunya semakin tinggi reputasi akan semakin baik dan semakin terpercaya. Untuk selengkapnya bisa lo liat di bawah ini.
Reputasi Tokopedia

2. Lihat Detail Statistik

Dengan melihat detail statistik akan memudahkan kita untuk menilai apakah supplier ini bisa dipercaya atau tidak, karena dalam fitur statistik toko ini, kita dipermudah dengan nilai-nilai dari beberapa indikator.

3. Lihat Diskusi dan Review


Klo belum cukup percaya dengan toko online itu, kamu juga bisa liat Diskusi dan Review. Disini lo bisa liat pecakapan penjual dan pembeli serta review pembeli lain setelah menerima barang yang dibeli di toko tersebut. Dari sini lo bisa liat tingkat kepuasan pembeli di toko tersebut.

4. Lihat Kapan Terakhir kali Online

Kapan Supplier terakhir online juga gak kalah penting, semakin sering online tentunya akan semakin baik yang akan menentukan pelayanan. Ini kan toko online, semua pelayanan ada di titik ini. Klo jarang online, gimana mau melayani pembeli. Bukan begitu?

Lo bisa liat juga diatas reputasi ada informasi tentang kapan terakhir kali online atau bisa juga dengan melihat diskusi produk dan review, bagaimana supplier tersebut menjawab pesan dari pembeli dan calon pembeli.

5. Official Store

Official Store merupakan ruangan khusus yang disediakan bagi brand resmi atau pemegang hak merk yang sah untuk menjual produk mereka secara online melalui Tokopedia. Sudah bisa dipastikan toko online yang memiliki simbol official store bisa dipercaya, karena penjualan produk dihandle oleh perusahaan resmi. Lo bisa liat logo ceklis warna ungu di Toko online itu. Misal gue kasih contoh Erafone. Gue dulu beli Xiaomi Redmi Note 4 di Erafone.
official store tokopedia

6. Gold Merchant

Gold Merchant adalah supplier yang berlangganan iklan di Tokopedia. Dengan toko tersebut menggunakan jasa iklan di Tokopedia, kemungkinan besar dia niat untuk berjualan di Tokopedia. Logikanya sih begitu. Biasanya lo bisa nemuin logo gold merchant di profil toko atau saat melakukan pencarian produk tertentu.
Logo Gold Merchant
Logo Gold Merchant

* * *
Bagaimana? Udah ada gambaran kan untuk nyari supplier terpercaya di Tokopedia. Semoga tulisan gue bisa membantu lo untuk menemukan supplier terpecaya di Tokopedia. Terimakasih!

22 comments:

  1. Bang kan ane mau main dropship ya.
    Kira-kira tau ga tempat lain yang aman buat nyari barang.
    he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ini juga salah satu cari dropship aman. :)

      Delete
  2. Iya bener banget, reputasi itu penting banget. Kemaren beli di tokped dan sialnya gak ngecek reputasi sama ulasannya dulu. Eh pas udah beli dan bayar dikasih tau stoknya abis tapi gak di update dulu..kan KZL.

    Memilih penjual yang bagus emang susah-susah gampang, melihat ulasan belum tentu bener karena biasanya mereka sendiri yang ngisi ulasannya. Paling bener lihat diskusinya, karena kalo ada yang komplain ketahuan palsu bakal ketahuan. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya susah-susah gampang. Kita cuma modal percaya aja masalahnya. Tapi dengan adanya Tokopedia sih sangat membantu menurut gue.

      Delete
  3. Tipsnya bisa jadi pegangan Mas, siapa tau suatu saat berguna dan pengetahuannya sdh didapatkan dari blog ini. :)

    ReplyDelete
  4. Ga terlalu suka belanja onlen sih, walopun liat-liat grg laper mata mah yaa namanya peyeumpuan, taulah hehe. Tapi ya, insyaa Alla bermanfaat bet, terutama buat orang-orang kek saya yang barangkali pernah kepingin tapi masi ragu-ragu karena minim pengalaman :) dan keknya available juga diadaptasi di olshop lain gasi? Iyakan, yaa? Hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gak suka beli online, bisa juga jadi pegangan untuk nyari persaingan harga. Jadi kita punya pegangan harga klo beli ofline. Hehe

      Delete
  5. Bermanfaat nih, khususnya bagi yang mau di marketplace, btw, ini secara nggak langsung kasih rekomen untuk beli HP juga ya, Mas..hehe
    Bisa di cek nanti lah, kan udah ada buktinya, Mas beli disana. Jadi lebih percaya kalau mau beli disana juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kasih rekomendasi sih bang. Tapi xiaomi ya cuma di Erafone yang resmi. Hehe

      Delete
  6. Paling gampang emang liat reputasi sama baca review sih. Tapi kalau ada statistiknya baru dengar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba sih, kali aja lebih jos lagi kan? Hehe

      Delete
  7. Reputasi dan gold merchant adalah dua hal yang selalu jadi pegangan saya ketika belanja di tokped, soalnya belanja online itu riskan,jadi kita harus menjadi smart customer kalau tidak mau fail order atau bahkan tertipu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh, jadi smart dong. masa HP doang yang smart tapi yang pegang nggak smart.

      Delete
  8. Cari supplier terpercaya memang gak mudah, tapi kalau di tokopedia sendiri enak tinggal liat reputasinya juga, dan berbagai review-review dari pelanggannya dan gold merchand... tapi kalo yang gold merchant itu aku pernah nemuin dia udah gold tapi gak ada reputasi dan pelanggannya, gimana tuh kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali ke nomor 1 sampe 4 sih yang paling penting. Kan udah gue urutin.

      Delete
  9. wahhhh good info nih,
    biasanya vina cuma berpatokan sama Gold Merchant, Reputasi sama Last Onlinenya.
    yeayyy, dapat info tambahan lagii

    ReplyDelete
  10. Reputasi memang penting, kalau reputasi aja udah jelek, gimana pembeli mau percaya?

    Sampe sekarang, saya pernah beli-beli online, hasilnya saat dulu banyak ditipu orang, karena belum tau web kayak Tokopedia gini, jadinya kalau beli itu harus direct atau langsung.

    ReplyDelete
  11. Wah, bermanfaat banget nih untuk para calon pembali.
    Aku pribadi beberapa kali beli di tokped sering lihat reputasi, review, sama terakhir kali online. Biar tahu tokonya aktif atau engga. Oh ya, lihat presentase chat dibalas juga, soalnya aku tipe yang nanya dulu baru beli. Takutnya stok atau motif barangnya kosong.

    Tapi galaunya tuh, kalau reputasinya udah bagus biasanya harganya juga lebih tinggi.

    ReplyDelete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))