Alasan Clash Of Clans (COC) Mulai ditinggalkan Para Clasher!

Clash Of Clans (COC) merupakan salah satu game paling fenomenal, COC bisa dikatakan pernah menyandang raja di pasar game seluruh dunia, utamanya Indonesia. Ya, hampir tiap tongkrongan selalu mendengar ciri khas suara dari game coc itu. Sungguh indah! Jeng Jeng Jeng Jeng....

Tapi, sekarang sepertinya ditempat tongkrongan udah jarang denger suara itu. Klo pun ada itu cuma sebatas melepas rasa kangen aja, gak kek dulu yang tiap hari maen game ini mulu. Sekarang sepertinya game COC sepi dan mulai ditinggalkan oleh para clasher. 

Gue sendiri sebagai pemain lama COC, udah lama meninggalkan game ini. Padahal dulu bisa dikatakan hampir tiap hari gue maenin COC. Bahkan saking ngebetnya gue maen game COC, pas pertama kali gue beli smartphone, hal pertama yang gue lakukan adalah cek dulu apakah smartphone yang nanti gue beli bakalan bisa maen game COC dengan lancar atau nggak. Serius deh! 
Maklum, gue dulu bisa dikatakan ketinggalan dalam hal teknologi, ngerasain HP Blackberry yang booming banget itu aja gak pernah, sampe akhirnya era Android muncul. Gue dulu masih setia sama yang namanya, Nokia!

[Baca Juga: Alasan Gue Masih Pake BBM (Blackberry Messenger)]
Alasan Clash Of Clans (COC) Mulai ditinggalkan Para Clasher!
Menurut gue kehadiran game-game yang lebih kekinian bisa jadi alasan utama Clash Of Clans ditinggalkan oleh para clasher. Mungkinkah ini akhir dari Clash Of Clans? Gue juga gak tau. Tapi yang pasti disini gue bahas tentang Alasan Game Clash Of Clans mulai ditinggalkan para Clasher. Selamat membaca!

1. BOSEN
Yups. Sebagai pemain lama COC gue ngerasa jenuh dan bosen maen game ini. Mungkin bagi lo seorang gamers sejati pantang dengan namanya bosen, tapi bagi gue yang ngegame karena cuma mau happy-happy rasanya bosen maen game ini. Gitu-gitu mulu plus gue sering kalah strategi pas WAR. #SeringDibully :D

Ya, lo tau sendiri lah pas ngewar klo kalah di bully habis-habisan. Dulu gue masuk Clan kampus gue, jadi pas ngewar biasanya di kampus atau tempat tongkrongan bareng temen-temen. Niat ngerjain tugas malah adu strategi ngewar. Sungguh mahasiswa calon penerus bangsa yang luar biasa. Sambil maen game aja bisa lulus, apalagi belajar serius coba? Wkwkwk

2. Update Lama
Ya mungkin developer COC sengaja membuat lama supaya game ini makin seru. Tapi yang sekedar mencari hiburan berasa lama banget, bagi gue update pasukan dan armada tempur terlalu lama. Jadi ya bosen nunggunya. Apalagi klo gak dimaenin beberapa hari, banyak maling yang ngambil koin-koin gue. 

FIX! Game COC mengajarkan kita bahwa harta yang dihasilkan dari hasil mencuri pasti gak akan berkah dan cepet ilang. :D

3. Game MOBA
Walaupun banyak yang bully di awal muncul game ini dengan kata-kata, "MOBA kok analog?!" Tapi kita harus sama-sama legowo karena emang kenyataannya game ini begitu populer. Dengan Mobile Legends dan Garena AOV sebagai yang terpopuler menurut gue.

Dan karena kepopuleran yang begitu dahsyat, buat gue ikutan hijrah bermain Mobile Legends. Pun begitu juga dengan temen-temen gue dan para clasher lainnya. Lo juga gimana?

Tapi gue salut sih sama COC bisa bertahan cukup lama. Saat era Pokemon menginvasi bumi, game COC tetep kokoh berdiri disinggasananya sebagai raja game. 

[Baca Juga: 3 Hero Paling Kuat dan Mematikan di Mobile Legends]

4. Clash Royale

Dari bisik-bisik tetangga dan baca-baca, banyak yang bilang Clash Royale membuat game COC makin sepi. Ya, walaupun masih satu developer, nyatanya para penggemar COC mulai terbagi 2 antara terus memainkan game COC atau memulai petualang baru bermain Clash Royale. Imbasnya tentu membuat COC sendiri makin sepi.

Mungkin ini salah satu strategi dari developer kali ya, dimana pada saatnya COC bener-bener membuat gamers jenuh. Supercell masih punya game andalan. Dilihat dari jumlah download, COC dan Clash Royale sama-sama mengumpulkan 100 Juta download. Padahal COC dan Clash Royale usianya terpaut cukup jauh. Luar biasa!


* * *
Begitulah kira-kira Alasan Clash Of Clans (COC) mulai ditinggalkan para clasher. Klo alasan lo sendiri sebagai gamers sejati gimana? Tulis di kolom komentar ya! ^_^

14 comments:

  1. Gue gak main COC sih, mungkin waktu itu HP gw gak support appsnya. maklum Hp jadul. Tapi beneran loh orang-orang kalo ngumpul di cafe biasanya mereka satu clan COC, sering ngumpul, bikin kaos. Tapi sekarang emang udah gak ada lagi sih... Haha

    Terus juga, bosen. ML atau AOV gak terlalu ngebosenin, karena bisa langsung nunjukin skill. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups. Mungkin alasan gue diatas cukup tepat. Ehe.

      Btw, NYOKK MABAR ML!? :D

      Delete
    2. Yok Mabar tapi lu ranknya apa dulu nih? Maaf ya, gue cuma main sama yang ranknya WARIORR III. #halah

      Delete
  2. iya, clash royale kayaknya dibuat utk menampung kebosanan clasher tp gak pengen move on dulu dari karakter COC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu tuh mungkin strategi Supercell.

      Delete
  3. bosan kayanya adalah alasan utamanya deh, temen temen gue juga sekarang pada ninggalin game ini, padahal jaman gue masih SMA, behhhh,,banyak banget yg mainin ini, ada yang bela-belan beli akunnya pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, temen gue aja banyak yang beli akun COC. Hahaha

      Untung gue gak pernah beli akun ya, kan rugi! HAHAHA

      Delete
  4. Sama aja bro, gue juga udh ga main coc lagi, gue sedang beralih ke game moba. Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. MOBA KOK ANALOG! WKWKWK

      Gue juga maen game moba nih, gue juga nulis tentang game moba, Mobile Legends di blog ini. Kali aja mau baca juga. Ehe. :D

      Delete
  5. aku dulu main coc cuman bentaran doang. begitu juga pas lagi booming boomingnya game - game lain seperti flappy bird, angry bird, pokemon go, dan lain - lainnya. bahkan sekarang game yang lagi hot hotnya cem moba yang katanya sebagai alasan coc ditinggalkan pun nggak aku mainin hahaha.
    entah kenapa aku orangnya suka bosenan, jadi game yang sepertinya harus dimaenin terus menerus cem itu susah merasuk ke jiwa gamerku (eh punya jiwa seorang gamer nggak ya wakakaka)

    untuk saat ini, satu - satunya game yang aku maenin adalah FPL, alias fantasy premier league. game sederhana yang hanya dimaenin akhir pekas saja, atau pas ada pertandingan liga inggris. secara aku penggemar sepakbola, jadi sepertinya ini satu - satunya game yang emang paling cocok buat aku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue sempet maen FPL sih, tapi rasanya gak nyaman aja sama game itu. Dan untuk menyalurkan bakat manager dalam diri gue, gue maen PES Club Manager di Android. Mantep bro! Coba aja maen atau liat review di youtube.

      Ah jadi punya ide. Gue mau buat review PES CM ah! :D

      Delete
  6. Saya sih meninggalkan COC karena saya ingin main ML, kalau diinstal dua-duanya memori saya gak cukup. Hehehe...

    ReplyDelete
  7. Wah coc ya, dulu gue juga main ini game. Atas dasar penasaran aja. Lama2 keterusan,seru sih tapi lama2 gak sempet. Gue kasihin ke adek gue deh akunnya. Gatau sekarang gimana nasibnya

    ReplyDelete
  8. habis baca manggut2 doang, dilanjut baca komentar, buset ini pada gamers tampan dan idaman, eh ada cewek deng, cewek cantik idaman.
    aku pribadi paling banter mainnya candy crush sama subway surf, udah itu doang, itu pun kumat2an kalau main. kalau lagi seru, bisa lupa sama tugas kantor yg numpuk. soal coc, moba, dll.. g ngerti blas!

    ReplyDelete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))