Pengalaman Pertama Refund Traveloka (Lion Air)

Menurut kamus Bahasa Inggris, arti Refund adalah pengembalian uang/ mengembalikan uang pembayaran. Klo menurut Traveloka, Refund adalah sejumlah uang yang akan anda terima atas pembatalan pemesanan penerbangan yang bersifat bisa di refund, serta tergantung pada kebijakan yang berlaku. 

Udah ngerti kan sekarang pengertian Refund? Nah, klo gitu gue mau sedikit cerita tentang Pengalaman Pertama Refund Traveloka bersama Lion Air di akhir Bulan Oktober kemaren ini. Asli, ini pengalaman pertama gue Refund di Traveloka. Gue cuma modal nekat, google dan kepepet aja, yaiyalah daripada uang gue gak kembali kan? Hehe...



* * *
Jadi ceritanya bulan kemaren ini gue ambil cuti untuk pulang ke rumah. Dan karena jadwal cuti sudah ditentukan berakhirnya sampe kapan, ada baiknya gue selalu cek harga tiket pesawat di Traveloka untuk kembali dengan rutinitas kerja, biasalah jauh-jauh hari biar harga tiketnya lebih murah tentunya. Hehe #AnakEkonomiSejati :D

Oh iya, jadwal penerbangan yang gue cari itu dari Bandar Lampung (TKG) - Banjarmasin (BDJ). Walaupun gue kerja di Provinsi Kalimantan Tengah, tapi gue lebih milih Kota Banjarmasin. Why? Karena lebih banyak jadwal penerbangan dan tentu aja harganya lebih murah, bedanya bisa sampe 200 ribuan loh. Kan lumayan banget. Selain itu cuma beda 2 jam doang kok dari Banjarmasin dibandingkan Bandara Tjilik Riwut, Palangkara.



* * *
Satu minggu sebelum cuti gue habis, gue akhirnya booking tiket via Traveloka. Lumayan lah, biasanya sih gue dapet 800an ribu lebih sampe 900an lebih untuk ke Banjarmasin. Pernah kemaren pas liburan bisa sampe 1 jutaan lebih malahan. Eh kemaren pas gue cek cuma dapet 700 ribu. Yaudah langsung gue booking tanpa basa basi. Lumayan beda seratus ribuan lebih, bisa beli Mie Instan untuk stok dua bulan ini mah. Hehe

[Baca Juga: Alasan Mie Instan Sangat Disukai Anak Kos]


Setelah gue happy dapet tiket yang lumayan murah, gue juga menikmati sisa-sisa cuti gue, sampe akhirnya ada chat masuk dari Pak Bos di H-1 sebelum keberangkatan gue menuju Banjarmasin. Intinya sih gue harus menunda keberangkatan dulu karena beberapa hal dan sebab dan Pak Bos minta gue untuk sama-sama berangkat bareng. Fix! Gue bakalan dibayarin. :D


Dalam hati sih seneng-seneng aja, udah pasti dibayarin lah. Hehe... Tapi, tiket gue yang udah terlanjur gue booking dengan uang pribadi bakalan ilang dengan sia-sia.


Sebagai anak ekonomi sejati, gue pun melakukan cara yang intinya sih bisa balikin uang gue. Bermodal Adek Google (Baru merayakan ultah ke 19 tahun ini), gue mulai berselancar di dunia maya, sampe akhirnya gue tau ada yang namanya refund tiket. Ya walaupun gak bisa seratus persen, minimal bisa balik setengahnya aja gue udah seneng. Tapi... Tapi... Klo bisa sih seratus persen lah. Hahaha...


Gue mulai dengan membuka aplikasi Traveloka di HP gue dan ada beberapa syarat & ketentuan refund Traveloka dengan maskapai Lion Air.

Oke, bakalan gue jelasin. Untuk tipe penumpang dewasa dan anak-anak:

1. Refund yang di kirim lebih dari 72 jam (3 hari) sebelum keberangkatan dapet biaya pembatalan 25%, artinya kita cuma dapet 75%. Lumayanlah.
2. Refund yang di kirim lebih dari 72 jam sampe 4 jam sebelum keberangkatan dapet biaya pembatalan 50%, artinya gue cuma dapet 50%. Agak cekit-cekit sih, tapi mau gimana lagi. Hehe
3. Refund yang di kirim 4 jam sebelum keberangkatan sampe 90 hari setelah keberangkatan dapet biaya pembatalan 90%, artinya lo cuma dapet 10%. Fix. Yang ngirim refund tiket setelah 90 hari setelah keberangkatan pasti OKB nih. Biasanya kan sombong di awal bulan tapi pas akhir bulan nyari receh demi beli mie instan untuk bertahan hidup. Hehe

Oke lanjut, dari hasil baca di blog Traveloka itu, gue menyadari gue ada di posisi nomor 2. H-1 sebelum keberangkatan dan cuma dapet 50%. Alhamdulillah. ^_^


Oh iya, setelah baca-baca. Akhirnya gue siap melakukan langkah-langkah untuk refund. Nomor terakhir bikin lo insyaf. :D *Plissss... Bacanya berurutan ya. Hehe
1. Login Akun Traveloka

Dalam pengajuan refund, lo harus punya akun Traveloka dan dilanjutkan login. Karena gue udah punya, gue langsung aja menuju tahap selanjutnya. Next! :D

2. Pilih Pesanan

Setelah lo masuk akun Traveloka, lo pilih menu pesanan saya dan klik pesanan yang mau lo refund. Nanti seperti gambar di bawah ini. Dan lo pilih menu refund. Udah gak usah tegang ngekliknya, santai aja kali. Lemesin aja. Wkwkwk *Pengalaman gue sih kemaren gue deg-degan banget. Hahaha
Langkah-langkah Refund Traveloka
Udah belum? Gue tungguin nih. Hehe
Setelah lo pencet menu refund, lo akan nemu pilihan penerbangan yang akan lo refund dan lo klik lanjutkan seperti gambar dibawah ini.
Langkah-langkah Refund Traveloka lion air
Dan setelah lo lanjutkan akan ada alesan kenapa refund. Plis... Jangan tanya gue ya kenapa lo mau refund. Hehe
Pengalaman Pertama Refund Traveloka
Setelah menu alasan kenapa lo refund, lo diharuskan ngisi info bank yang akan dikirim dana refund seperti nama kantor cabang, nama pemilik rekening dan nomor rekening. Nah disini patut dicatat, jangan masukin no rekening gue ya. Hehe
Refund traveloka
3. Berdoa
Ya, setelah semua tahap lo selesaikan dengan baik. Sekarang yang bisa gue dan lo lakukan cuma berdoa. Semoga uang refund tadi gak salah kirim. Berdoa mulai... :D

Nah, setelah berdoa dengan khusyuk. Akhirnya kiriman dari Traveloka masuk juga ke rekening gue kurang lebih 2 hari doang. Karena gue pake sms banking, gue jadi tau ada transferan masuk. Untuk lo yang belum gunai sms banking bisa lo cek juga di email, karena pemberitahuan juga dikirim via email.

Dana refund traveloka sudah masuk
Oh iya, di dalam email pemberitahuan juga dijelaskan ada tambahan biaya lagi sebesar 30 ribu untuk biaya refund. Jadi gak 50% banget sih, malahan yang masuk ke gue ada lebih Rp. 4.203 . Semoga adminnya gak ngantuk. Hehe


* * *
Begitulah pengalaman pertama refund Traveloka dengan maskapai Lion Air. Lebih dan kurangnya gue mohon maaf dan semoga bermanfaat! ^_^

Thanks.

16 comments:

  1. AKu belum pernah beli tiket di Traveloka.'
    Jadi aku belum pernah nyoba refund disono.
    Kalo refund kereta aku sering haha.
    Kayaknya aku harus instal Traveloka nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Sering traveling tapi gak pernah pake traveloka. Terus lo pake aplikasi apa bang? Kali aja kan ada yang lebih recommended (murah). Hehe

      Delete
  2. Untungnya belum pernah refund, selalu sesuai jadwal kalau kepulangan gue. Tapi emang sih aku dari dulu sudah langganan sama Traveloka, enak banget sumpah aplikasinya. Gampang juga, makanya tiap balik aku pake ini mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bang. Gue juga pake aplikasi ini mulu. Gue malah gak tau ada aplikasi lain untuk cari tiket. Hahaha

      Delete
  3. gue seumur'' belom pernah pake traveloka. pengen nyoba juga. tapi ga sampe mau nyoba refund juga sih. ehe
    dua jam itu berarti naik mobil dari banjarmasin ke kalimantan tengahnya? lumayan juga tuh.

    klo gue jadi elu, gue bakalan sok''an yang ngurusin tiketnya si bos sih. biar lu dapet mentahannya aja. wah, licik juga ya gue. hahaha
    tapi bakalan ribet juga sih, klo harus kayak gitu. bisa'' ga duduknya ga bareng. atau bisa jadi klo dipaksain bisa beda pesawat. emang jalan tngahnya ya refund itu sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Njirrrr... Udah dibayarin malah ambil keuntungan juga. Sungguh-sungguh lo anak ekonomi sejati. Wkwkwk

      Delete
  4. Aku belum pernah refund dan belum pernah beli tiket di traveloka. Tapi ini bisa dijadikan pelajaran, setidaknya kalau refund, inget mas Rifqi nih, dan sepertinya cukup mudah kalau dipraktekan ya, Mas..he

    Btw, itu uang lebih dikit, buat mie ya, sama-sama anak kost, kenapa ya selalu kepikiran buat stok mie kalau ada uang lebih..haha

    Btw, kerjanya dimana gitu, Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bisa sih ya jangan sampe refund. Hehe

      Ya begitulah anak kos, kepikiran mie mulu. Wkwk

      Kerjanya di Kali-mantan Tengah bro. Hehe

      Delete
  5. alhamdulillah belum pernah refund, tapi klo beli tiket di traveloka udah sering hehe...
    .
    aku mikir tanggal keberangkatan baik2, soalnya klo refund..hmm sedih aja gitu rasanya :(
    .
    sorry malah curhat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp kali, dikomen gue gini biasa untuk orang curhat. Haha

      Delete
  6. Semenjak ada Treveloka semua jadi lebih mudah ya mas. mau pesen tiket kapanpun bisa, mau batalin kapanpun juga bisa, yang lebih gokil lagi pas batalin duuit kita di balikin wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dibalikin sih. Tapi gak seratus persen. Hiks.

      Delete
  7. yaampun prinsip ekonomi banget dong 4.203 aja diitung, bang haha

    gak ribet-ribet amat sih ya, cuma ya itu kalo berhubungan beli membeli yang menggunakan duit lumayan bikin dag-dig-dug. kayaknya merasa bersalah banget aja gitu kalo sampe salah klik lalu duit musnah. duh nyarinya susah. cuma perkara jempo kepleset, itu duit lenyap. macem nyawa si duit ditentukan oleh ujung jempolmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk. Namanya juga anak ekonomi sejati. Ya gitu. Hihi

      Setelah gue tau sih ternyata gak ribet, waktu itu kan pengalaman pertama gue.

      Delete
  8. Belum pernah sih ngalamin refund sesuatu. Tapi, kalo gue ada di posisi itu, gue akan melakukan hal yang sama. Demi uang kami kembali. Merdeka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan gue akan doain lo nyobain Refund ya. Aamiin... Wkwkwk

      Merdeka!!!

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))