Anak Kos dan Makna Buka Bersama

Bagi anak kos, Bulan Ramadan mempunyai berkah sekaligus makna tersendiri. Ya, gak ada lagi akhir bulan yang mengenaskan karena setiap manusia yang ngaku muslim diwajibkan berpuasa. Jadi gak ada bedanya, awal dan akhir bulan bagi anak kos. Tepat seperti sekarang, bulan puasa jatuh di akhir Bulan Mei. 

Makna lain bagi anak kos adalah perbaikan gizi, dimana anak kos mulai Safari Ramadan ke masjid-masjid atau acara untuk sekedar mencari makna sesungguhnya dari Buka Bersama, Makan Gratisan! :D
Sumber
Gue ngomong begini bukan tanpa dasar dan asal ngomong, karena gue waktu masih ngampus melakukan ini, saat dimana Blackberry merajai HP di Indonesia dan saat itu HP gue masih layak untuk ganjelan pintu atau ganjelan jendela kamar. Klo dipikir-pikir gue udah cukup tua ya. :((((
Eh iya, waktu ngampus dulu, gue aktif di salah satu organisasi kampus. Nah, disinilah tempat dimana informasi buka bersama gue dapet. Tentunya yang gratisan ya, karena itu makna sesungguhnya bagi gue. Tapi gue gak Safari Ramadan ke masjid-masjid sih, ya karena emang jarang ke masjid. Selain itu, di masjid cuma di kasih takjil doang, gak kenyang dan harus cari makan yang berat juga. Beda dong sama acara-acara buka bersama organisasi gitu. #GakMauRugi #AnakEkonomiSejati. :D

Untunglah saat itu gue aktif di organisasi, dimana hampir tiap hari dapet undangan buka bersama dari beberapa organisasi-organisasi lain di kampus gue. Pokoknya hampir tiap hari buka bersama, eh maksudnya makan gratis ding. Hahaha 

Karena gak ada batasan untuk tiap organisasi untuk ngirim delegasinya (Halah, bahasa gue tinggi banget dah, udah kayak aktivis aja :D). Jadi gue selalu ikut, lagipula gue juga menjabat sebagai Kepala Bidang. Cukup punya daya tawar dikit lah. Hehe

Sekitar abis solat ashar biasanya acara buka bersama dimulai. Karena selain pengen dapet gratisan, gue juga pengen dapet ilmu. Oh iya, gak melulu soal ceramah agama sih pas acara buka bersama gitu. Kadang juga diisi dengan diskusi-diskusi terkait politik, ekonomi, bisnis dan masih banyak lainnya. Biar keliatan mahasiswa banget kali ya, kan agent of change. #Halah

Dari yang gue inget, buka bersama hampir sama sih di tiap organisasi. Pertama berbuka dikasih takjil yang ringan dan tentunya minuman es yang sangat menyejukkan seperti senyuman kamu.

Setelah itu rame-rame solat maghrib berjamaah, baru setelah itu makan dan dilanjutkan pulang sebelum solat isya. Finish dengan penuh kegembiraan dan perut kenyang.

[Baca Juga: Akhirnya Bisa Buka Bersama]

Tapi model acara buka bersama kampus ini berbanding terbalik klo pas Buka Bersama bareng temen SMA atau SMP gue. Klo acara buka bersama ya sambil menunggu azan maghrib itu ngerumpi, pas azan maghrib langsung makan takjil dan dilanjutkan dengan makan. Bagi yang mau solat ya solat, bagi yang nggak ya nggak. Hmm.. yang wajib jadi sunnah dan sunnah jadi wajib ini namanya. Tidak lupa dengan pamer di sosial media tentunya. :(((
Tapi yaudah lah ya, bagi yang tau itu salah ya jangan dilakukan dan jangan ikut-ikutan. Malah klo bisa, kita yang tau itu salah ngingetin temen-teman kita yang khilaf itu, malah jangan ikutan khilaf berjamaah. Jadinya dosa berjamaah nantinya. Hehe

Lebih terbalik lagi, klo buka bersama bareng temen SMA atau SMP itu... BAYAR! :((( #GakMauRugi :D

* * *
Ah... Cukup sekian deh tulisan gue kali ini. Btw, lo udah buka bersama berapa kali sampe hari ini? ^_^

24 comments:

  1. Beberapa hari yg lalu, medsosku penuh "sampah" notif ngajakin bukber dari kawan kawan, chat lama, nyepam lagi.

    Eh ternyata dihari yg sudah ditentukan untuk bukber mereka malah bukber ditempat yg lain tanpa perencanaan terlebih dahulu. CLBK, chat lama bukber kagak -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu, klo kebanyakan rencana berujung gagal. *Pengalaman 😂

      Delete
  2. Hahahahha....
    Selamat menunaikan ibadah puasa yaaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Selamat menunaikan puasa juga. Semoga barokah. ^_^

      Delete
  3. untung kemarin pas aku ikut acara bukber, habis bukber langsung sholat magrib mas hehehe, ada juga sih yang sibuk foto-foto tapi bodo amat haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NTAP!!!!

      INI NIH CALON IMAM IDAMAN. 😎

      Delete
  4. Safari ke masjid2 itu yang aku suka..he
    Sampe saat ini juga masih dilakukan :)

    Saat ini udah gak jd mahasiswa lagi kah, Mas?

    Emang asik dan menyenangkan kalau bukber itu, terlebih dengan teman-teman organisasi. Serasa lebih erat tali persaudaraannya. Tapi ya, itu, harus bisa atur waktu. Dan aku rasa sudah tau mana yang baik dan mana yang buruk.

    Termasuk tahu mana yang jadi kewajiban. Jujur aja sih, sampe saat ini, dengan adanya bukber terkadang suka lupa sholat. Cari tempat untuk bukber memang harus dipikirkan, tapi tak kalah pentingnya juga memikirkan gimana shalatnya.. :)

    Pertanyaan dijawab ya, aku buka bersama setiap hari. Bersama para jamaah yang jumlahnya ratusan, bahkan ada yang sampe ribuan. Baik itu yang kenal atau pun tidak, yang jelas sesama umat muslim itu saudara :)

    Selamat menjalankan ibadah puasa mas Nyol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas buat blog ini, seminggu kemudian gue wisuda. Hahaha

      Iya tuh. Harus dipikirkan untuk solat juga. Jangan pengen buka bersama aja aja, solat malah ditinggalkan.

      Delete
    2. Wah alhamdulilah, sejarah banget ya, Mas, dan tentu ini pembuatan blognya mudah diingat :)

      Semoga kita yang sudah tahu bisa tetap istiqomah melaksanakan kewajibannya, sekalipun ikut bukber :)

      Delete
  5. Sampe hari ini blm ada bukber sih, tapi kelas gua udah ada rencana untuk itu. Baca postingan ini bikin gua sadar klo makan dulu sblm solat termasuk ras paling lemah di dunia ini :v dan gua setuju. Makanya gua suka bingung klo nanti bukber, gimana solatnya yah? Sedangkan kafe di daerah gua setau gua kaga nyedian tempat buat solat :3

    Ehhh, btw btw, gua blogger juga, kali aja jadi temen, visit yakk dan komen juga, yahh bisa kasih saran atau kritik juga boleh Jahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya di cari dulu tempat yg kece dan ada untuk solat. Etapi, klo kebanyakan rencana biasanya berujung gagal. Wkwkw

      Oke, bro. Siap meluncur dan gentayangan di blog Lo. Hehe

      Delete
    2. Actually, udah ada sekitaran 3 kali rencana dan its fail -_-

      Delete
  6. untungnya jadi anak yg ikutan UKM di kampus ya itu bang, bisa ikut buber gratis. apalagi punya "jabatan", bakal mantap jiwa lah sekalian TP-TP (Tebar Pesona) ke anak UKM tetangga XD

    Untungnya grup temen-temen sekolah ngga ada yg ngajak buber, kagak punya duit ini haha. udah pada sibuk juga sih kayaknya. paling tau-tau pas lebaran pada ngajak meet up, terus silaturahim ke guru-guru *itupun kalau pada jadi ngumpul haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiknya ya gitu emang jadi anak UKM.

      Dan untuk kesekian kali gue bilang. Klo kebanyakan rencana berujung gagal. 😂

      Delete
  7. true story tuh, badan kalo lgi kenyang kenyangnya emang susah diajak gerak, tapi diusahain jgn ampe lupa shalat jga

    ReplyDelete
  8. Kalo di kampus mah gaperlu ada undangan. tinggal pergi ke musalla kampus, udah tersedia di sana. ditanggung fakultas semua bukaannya. pertama ya sama sih, makan takjil ama es teh. abis itu magriban, setelahnya makan nasi. tapi nggak pulang juga biasanya kalo gada keperluan, jadi sekalian tarawih di sana juga, abis tarawih, dapat makan lagi.. sungguh kampus luar biasa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak semua kampus gitu sih. Tempat kampus gue dulu cuma takjil doang. 😂😂

      Delete
  9. Wah, kalau tiap bulan Ramadan, anak Kos bisa merasakan yang namanya kesetaraan gizi di tengah masyarakat ya. Acara bukber atau takjil gratis kayaknya memang sering digagas pihak kampus-kampus tertentu. Kalau di UKM gue terakhir gue liat ada undangan bukber, tapi bayar.. huehuehue

    ReplyDelete
  10. Oke, ternyata anak kos ngikut biar ada bayarin toh. Oke................ :v

    ReplyDelete
  11. kalo gua dipondok, paling diprioritasin adalah salat magribnya dulu
    jadi mulai jarak adzan sama komat yang biasanya 10-15mnit, klo blan puasa bisa cuma 2 menitas, soalnya biar bisa buru2 buka dan gak ngantri makan.
    tapi klo udah dirumah, shalat magrib emang mager bnget dah, susah bisa nerapin kyk dipondok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kembali, tergantung iman masing-masing. #halah 😂

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))