Oleh-oleh Khas Lampung


Masih inget cerita pulang kampung gue? Ya, tulisan ini masih nyambung lah sama kelanjutannya. Selamat membaca ya! ^_^

Meninggalkan zona nyaman di rumah tercinta akhirnya tiba juga. Awal januari kemaren ini gue harus sudah sampai di tempat kerja. Dan... Alhamdulillah gue sudah sampai di Kalimantan dengan tepat waktu yang telah ditentukan dengan selamat sentosa.

Biasanya hal yang di tunggu kedatangan seseorang saat bepergian adalah oleh-oleh. Nah, disini gue bakalan share oleh-oleh yang gue bawa ke tempat kerja. #BukanPamer #BukanRiyak

Karena bingung memilih oleh-oleh apa yang cocok. Terbesit ide untuk membawakan oleh-oleh yang tentunya khas dari daerah gue. FIX! Akhirnya gue memilih makanan yang Lampung banget. Gue sengaja cari oleh-oleh yang khas, karena inilah cara gue mempromosikan Lampung. #Halah

Apa aja oleh-oleh yang gue bawa? Makanya baca sampe akhir dong. Hihi
1. Kopi Lampung
Lampung sejak dulu kala terkenal dengan kopinya. Hampir sebagian besar wilayah Lampung merupakan perkebunan kopi. Ya, mungkin ini udah jadi tradisi orang Lampung. 

Gue bawa oleh-oleh Lampung ini karena semua orang kalimantan suka dengan kopi. Jadi, kenapa gak gue perkenalkan Kopi Khas Lampung yang terkenal mantap jiwa. Selain itu, gue juga milih Kopi Lampung karena gak begitu besar untuk dibawa. Tentunya murah meriah ey! #AnakEkonomiSejati #GakMauRugi

Belakangan ini Kopi Lampung mengalami perkembangan yang baik. Mulai ada beberapa varian kopi yang kekinian banget tapi tentunya tidak menghilangkan cita rasa keaslian kopi tersebut.

Eh iya, tapi yang gue bawa ke Kalimantan itu cuma kopi asli kok. #LebihMurahEy #GakMauRugi
Lain kali klo gue pulang kampung lagi, mungkin gue bakalan bawa oleh-oleh kopi yang kekinian deh. Ya, semoga aja. ^_^

2. Keripik Lampung
Selain kopi, Lampung juga terkenal dengan keripik yang TOP BGT. Gak percaya? Search google aja. Hihi

Keripik Lampung yang gue maksud disini adalah Keripik Pisang. Ya walaupun banyak juga keripik singkong, talas atau lainnya juga banyak di Lampung. Tapi yang menurut gue numero uno itu adalah Keripik Pisang.

Keripik Pisang Lampung saat ini juga makin kekinian dengan berbagai varian rasa. Dari rasa coklat, keju, kopi dan lain-lain. Ya, mungkin mengikuti perkembangan zaman yang makin beragam dan kekinian.

Eh Tapi, oleh-oleh yang gue bawa kemaren merupakan Keripik paling enak sedunia. Selain enak tentunya sangat murah. Ya, dengan keahlian tangan Ibu gue yang pinter masak, gue pun dibikinin Keripik Pisang Lampung khas buatan ibu gue. Gak ada tandingannya deh. Gak percaya? Pas lebaran maen ke rumah makanya. Hihi..
Selain buatan Ibu gue paling enak, juga karena lebih hemat. #IbuGueGakMauRugi #IbuGueJugaAnakEkonomiSejati

* * *
Ya, cuma itu sih. Walaupun gak banyak yang penting kan ikhlas. *Anjir! Dengan gue pamer gini termasuk ikhlas gak ya? Hihi #BodoAmatDah

Klo lo udah pernah maen ke Lampung. Pasti tau deh sama yang gue tulis itu tentu benar. Yang belum pernah, ada baiknya lo sekarang mulai mikir deh untuk ke Lampung. Ayo ah, ke Lampung. Klo bukan sekarang kapan lagi. Lampung itu keren cuy! #VisitLampung #PesonaLampung #GueMauJadiKepalaDinasPariwisataLampung #DoainGueYak

NB: Buat lo yang masih atau rencana ke Lampung. Kopi dan keripik lampung yang paling gue rekomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh. ^_^

53 komentar:

  1. Kemarin temen gue yang kuliah di ITERA Lampung resmi kembali kesana naik bus. Dari Medan menuju ke Lampung memakan waktu selama 3 hari 2 malam, kalau tidak salah. Mungkin dia kesana bakal bawa oleh-oleh khas Medan untuk dinikmati bersama teman-teman atau ibu kosnya disana.

    Dan sekitar tanggal 28 desember 2016 yang lalu, dia balik dari Lampung ke Medan. Dan dia bawa oleh-oleh keripik Lampung, yang rasa balado dan satu lagi ane lupa apa bumbunya, pokoe semacam tepung manis gitu. Keripiknya terbuat dari pisang, dan sumpah enak banget. Dua bungkus dihabiskan bertiga, lidah gue tak berhenti menari-nari menikmatinya.

    Memang lezat sekali oleh-oleh khas Lampung ini. Semoga pas libur semester nanti, dia bawa oleh-oleh lagi dan semoga saja itu Kopi Lampung ehehe. Pengen nyobain, soalnya lo udah buat ngiler abis lewat postingan lo ini. Sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. GILA! 3 hari 2 malam. Kenapa gak naek pesawat aja ya? Lebih murah loh!.

      Yoi, keripik lampung adalah makanan terlezat. #bukanpencitraan

      Hapus
  2. Orang mh oleh2nya dishare beneran bang
    Bagi2in ke temen bloger
    Pergi ke rumah masing2 anak bloger
    Trus ketuk pintu
    Ucapin selamat pagi siang atau malam sambil nih oleh2 dari lampung

    BalasHapus
  3. Syudah pernah dibawain dua2nya. Muahahhaa. Keripik pisang tuh yang mantap. Yang dilumuri cokelat gitu asoy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang best seller banget rasa pisang tuh. Tapi gue gak seberapa suka. Mungkin efek bosen kali yak! *Songong! :D

      Hapus
  4. Lah? Kirain listnya bakal sampai 25an *lebai bener yak?*, ternyata dua doang :D

    Beda keripik pisang yang di daerah jawa sama dari lampung apanya bang? penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya tentu cita rasanya yang khas. Biar makin penasaran dan akhirnya maen ke Lampung. AYO HABISKAN UANGMU DI LAMPUNG. :D

      Hapus
  5. Temen gue yang dari Lampung pernah bilang kalau satwa yang terkenal di sana tuh gajah. Mungkin bisa jadi oleh-oleh juga. Hehe.

    BalasHapus
  6. huahahaah aku sekarang di lampung.......hehehe

    selama ini aku berada di provinsi lampung, memang kopi dan keripiknya itu lejen banget. tapi aku bisa temukan cuman brand baju, kaos, sepatu. ku belum pernah nyicip makanan khas lampung, pernah sekali cuman seruit

    BalasHapus
    Balasan
    1. GOKS! Itu juga the best, bro!
      Seruit Lampung itu emang yang paling top markotop dah.

      Hapus
  7. mauu donk kopi lampungnya gan heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung beli dong, bro. Online shop udah banyak yang jual kok.

      Hapus
  8. Waw...asik nih bang di lampung mana nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo!!! kepo ni yeeeeee. wkwkwwkwk

      Hapus
  9. Aku pernah gak ya ke Lampung? Kayaknya pernah, tapi pas kecil. Dulu sering ikut bapak ekspedisi ke beberapa kota. ;D

    Mungkin kapan kapan deh kesana. Kopi dan keripik ya? Oh dicatat deh. Tapi aku pingin juga liat gajah. Update waykambas donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Way kambas? jangan nunggu dari blog ini. Gue sekarang aja di luar Lampung. wkwkwkw

      Hapus
  10. Tapi kita harus bangga ki, kopi lampung merupakan salah satu kopi terbaik di dunia :D hehehe
    Ehh btw, lebaran gw main kerumah lo ya ki di pringsewu, jadi penasaran dengan kripik pisang buatan ibu lo :p hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. GAMPANG! Silahkan maen aja. Bawa oleh2 tapi ya bro! :D

      Hapus
  11. Kepala Dinas Pariwisata Lampung amin! sebagai Duta Pariwisata juga akan saya aminkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. BOOM! Tapi gue lebih suka jadi pengusaha sih. Doain juga yakkk. wkwkwkw

      Hapus
  12. Temenku kalau dari lampung biasanya sering bawa kopi lampung. Oh iya mas, kalau ikan asin juga khas lampung atau bukan ya ?

    Penasaran sama keripiknya aku..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan asin banyak sih dari Lampung. tapi masih kalah rating sama keripik n kopi lampungnya.

      Hapus
  13. semua orang kalimantan suka dengan kopi
    ane orang kalimantan om, tapi gak suka sama kopi
    gak suka tapi benci #ea

    emang kopi lampung sama kopi biasa apa bedanya mas hihi

    kalo keripik pisang pernah makan sih, tapi gak tau kripik lampung atau bukan...
    apa yang ane makan kripik kawe nya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njir! Ada ya keripik kawe. Apa punya gue grade ori ya? HAHA

      Hapus
  14. Belum pernah makan ataupun minum keripik pisang Lampung dan Kopi lampung, soalnya aku gak begitu suka ngopi. Masih suka sama susu aku mas hehehehe.

    Kapan-kapan boleh dong aku dikirimin kripik sama kopinya biar aku jadi anak gaul hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susu siapa nih? Eh maksudnya susu apa? kambing atau sapi gitu? wkwkwkw

      Hapus
  15. Untuk kopinya aku udah pernah nyobain. Soal rasanya, ya...... sama seperti kopi lainnya. XD Hanya kalo kopi lampung butiran halusnya waktu diseruput agak terasa. Entah memang sengaja begitu atau gimana.

    Pas aku komentar ini aja, nyobain kopi Lampung. Nah, untuk yang keripiknya belum nyobain nih, Nyol. Coba kirimin, dong... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirimin? Emang tempat lo udah ada ekspedisi pengiriman ya, pange? wkwkw

      Hapus
  16. Kalo pake foto gimana oleh-olehnya pasti menarik. hmm. Tahun lalu aku ke Lampung, beli oleh2 keripik pisang cokelat. enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kemaren gak niat buat postingan sih. Hihi

      Hapus
  17. Kurang greget ketika lo cuma cerita, tapi gak memberikan gambar tentang, 'ini loh keripik lampung', kalo kopi secara bentuk sama, hanya beda di rasanya aja, jadi gambarnya belum begitu di perlukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, mau cari di google males. Kemaren gak sempet foto. Gak niat buat nulis beginian. Next postingan emang lebih seru pake gambar ya? Thanks bro! :D

      Hapus
  18. Pengin banget bisa jalan-jalan ke Lampung dan bawa pulang oleh-oleh khasnya. Kata kebanyakan orang kopi Lampung paling dahsyat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, emang beneran paling hot dan dahsyat.

      Hapus
  19. gua biasanya makan keripik lampung rasa original alias rasanya gurih gurih asin gitu... tpi klo rasa kopi, keju dll.. itu, blum prnah seumur hdup.. doain ajah smga ada org yg mau ngasih ke gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode nih? Sorry aja gue orangnya gak peka! :D

      Hapus
  20. Kalau kopi sih, aku saja nggak bisa ngebedain kopi yang kualitas bagus dan kualitas enggak, yang penting enak. Tapi kalau masalah kripik patut di uji coba, karena jarang banget ada kripik pisang yang rasanya bukan pisang, melainkan malah rasa coklat atau rasa yang lain. Patut di coba nih kripik pisangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosh! langsung maen ke Lampung aja dah.

      Hapus
  21. arghhh..... kenapa hanya dishare disini...
    paketing dong rif!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang tempat mas nya udah ada jasa ekspedisi ya? wkwkwkw

      Hapus
  22. Kopi lampung gimana sih kekhasannya. Harusnya diceritain bang. Soalnya gua nggak ngerti gimana bedanya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tau? Langsung cobain aja deh. wkwkw
      Biar makin penasaran dan akhirnya beli.

      Hapus
  23. Pernah juga ngerasain produk Lampung yang lain. Misalnya, Kangen Band dan cerita begal. Huhuhu, kopi belom pernah. :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lampung gak seekstrem itu, bro! Media lah yang bikin lebay. SERIUS!!

      Hapus
  24. keripik lampung :(
    yawla, kacamata gue bengkok pas mau ngambil keripik lampung yg rasa coklat. tapi rasa coklat itu ada di atas, dan mbak2nya sibuk semua. jadinya ngambil sendiri. eh, kerdusnya tumpah ke atas kepala dan kena kacamata. bengkoklah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syedih cekalih pengalamanmu di Lampung. Semoga diberi rezeki lebih, biar ganti yang lebih kece.

      Hapus
  25. Gue belum pernah ke Lampung..
    Gue nggak suka Kopi, tapi gue suka Keripik.. apalagi Keripik Pisang..
    Pengen nih ngerasin Keripik khas Lampung.. :)

    #SalamKunjunganBalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhu! makasih udah komen ya raya. Oke, langsung kunjung balik dah. :)))

      Hapus
  26. aku dikasih oleh oleh motor dari lampung... huaaaa bukan motornya cuma PLAT BE nya doang T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, emang dari mana kok beli platnya doang.?

      Hapus
  27. Gue orang Lampung, tinggal di Bandar Lampung, dan nggak susah bagi gue utk nikmatin makanan dan minuman khas lampung. Apalagi keripik khas lampung, itu harus ada buat cemilan :D

    BalasHapus

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))