Mitos-Mitos Unik Bin Ajaib Anak SD

Akhirnya gue bisa nulis juga. Sori ya temen-temen udah lama menunggu. *Sungkem, cium tangan satu-satu :D

Oke langsung aja kali ya, tulisan gue kali ini disponsori oleh rasa kangen saat masa-masa SD. Ya, SD. Dimana masalah terberat kala itu adalah pelajaran mateMATIka. Sumpah! Ini masalah paling berat dalam hidup, sebelum gue mengenal kerasnya kehidupan seperti sekarang ini. Tsahh!!!


Ceritanya kemaren malem pas gue gak bisa tidur. Entah kenapa pikiran gue melayang gak karuan. Gue ketawa manja karena mengingat kekonyolan yang pernah gue lakukan saat masih SD. Kekonyolan terkait mitos-mitos yang gue percaya pada waktu itu, bahkan ada mitos yang emang gue percaya sampe sekarang. *Entah ini sebuah kebanggaan atau malah menyedihkan. Gue bingung. :(

Hmm.. Apa aja mitos-mitos masa kecil gue? Chekidottt! \:D/

1.     Klo Kebelet BAB (Buang Air Besar), Cepet-Cepet Kantongin Batu.
Entah dari mana asal-usulnya mitos ini. Tapi yang pasti, gue selalu melakukan hal ini saat gue gak bisa BAB karena situasi kondisi yang tidak memungkinkan. *Halah! :D

Gue pernah pas SD sering melakukan dan mempercayai mitos ini. Pernah di suatu waktu, gue bener-bener kebelet banget saat lomba baris berbaris 17 agustusan dan saat itu gue mewakili sekolah. Gak mungkin dong gue minta izin ke WC, bisa-bisa SD gue gugur gara-gara gue.

Nah, karena gak mungkin ke WC. Gue langsung sigap mencari batu kecil untuk gue kantongin di saku belakang celana. Alhasil... FIX! Dengan kekuatan bulan dan bintang. Mules gue hilang dalam hitungan menit. Warbiasah! :D

Gila! Gue melakukan mitos ini berkali-kali. Hasilnya, sangat ampuh dan mujarab. Recomended banget deh! Hihi

Btw, gue juga masih melakukan hal ini sampe sekarang. Entah apa hubungannya antara kebelet BAB sama batu. Tapi yang pasti, mujarab abis! :D

Bagi lo yang gak percaya sama mitos ini. Coba lakukan sekarang juga. Gratis!

2.     Ngelangkahin Orang Tidur Sama Aja Utang Darah
Gue juga gak tau asal muasal mitos ini. Tapi ya gitu, ini udah mendarah daging saat gue masih SD. Sekarang udah kagak!

Gue juga gak begitu paham sama mitos ini. Tapi intinya ketika temen atau siapapun tidur. Lo gak boleh ngelangkahin bagian manapun. Klo lo langkahin, sama aja lo utang darah. Bingung? Gue juga bingung kok ada mitos aneh kayak gini.

Nah, biar utang lo lunas. Lo harus balik lagi langkahin orang tersebut. Darah harus dibayar dengan darah. BOOM!
Ya, gitu. Dulu gue percaya pake banget sama hal kayak gini. Dodol banget gue ini. :(

3.     Duduk Dibantal Bisa Bisulan
Tau kan bisul itu apa? Klo lo gak tau. Kampungan lo! Ini kan penyakit orang-orang hebat sedunia. Coba aja tanya orang-orang yang berpengaruh dunia saat ini klo gak percaya mah.

Sebagai anak SD yang masih imut, gue bener-bener polos. Entah kenapa bisa percaya dan meyakini klo lo duduk di bantal. Pantat lo bakalan bisulan.

Entah apa hubungan bantal dan bisul. Gue gak tau, dan belum ada yang penelitian tentang hal itu. Mungkin untuk temen-temen yang mau bikin skripsi, bisa pilih tema ini. #MakanTuhSkripsi! Haha...

Ya, namanya juga masih SD cuy. Tapi, kadang mitos itu dengan sendirinya nempel di otak gue. Gue tetep takut klo duduk di bantal. Pantat gue ini bakalan bisulan beneran. #TraumaPantatBisulanItuGakEnak

4.     Makanan Jatuh! Belum 5 Menit.
Nah, ini juga salah satu mitos yang gue percaya saat masih makan bangku SD.

Dulu klo makanan gue jatuh, asal gak lebih dari 5 menit. Ya gpp diambil. Gak akan ada kuman, begitu isi mitos ini.

Tapi setelah gue tau. Gue menyesal melakukan hal ini. Iya, bakteri and virus itu perkembangannya cepet banget. Kayak Rio Haryanto klo lagi bawa mobil F1nya. Kembali gue hembuskan nafas, namanya juga anak SD. Pfttt!

Mungkin sekarang bakteri dan virus sudah bahagia di tubuh orang-orang yang percaya sama mitos ini. Selamat berbahagia kawan, Samawa yak!

5.     Kunang-kunang Berasal dari Kuku Orang Meninggal
Anak SD emang kreatif banget, punya daya khayal yang luar biasa. Tau kunang-kunang, bro? Iya, binatang imut yang mempunyai lampu di tubuhnya. Jangan ada yang mikir dia pake genset untuk nyalain lampunya ya. Salah, dia pake aki motor. :(

Gue saat masih SD percaya hal itu. Ya, kunang-kunang berasal dari kuku orang yang sudah meninggal. Ih seremmm.. haha

Klo menurut lo gimana. Setujukah dengan mitos ini?

6.     Kuku Berbintik Putih
Satu mitos yang absurd abis. Lo pasti punya kuku kan? Nah, kuku disetiap tangan terkadang ada bintik berwarna putih kecil.

Bagi gue dan temen-temen SD dulu, klo bintik ada di tangan kanan berarti ada yang sayang sama lo. Terus klo bintik ditangan kiri itu berarti ada orang yang gak seneng sama lo. Haha... absurd abis emang.

Tapi ya gitu, gue dulu percaya dan sering saling tuduh dan musuhan gegara hal ini. Banyol abis! :(((

Kadang sekarang juga masih kegeeran klo ada bintik di tangan kanan. Banyak yang suka sama gue. *Penuh percaya diri. :D *Klo bintik ditangan kiri mah bodo amat. Wkwkwk

7.     Gigi Copot
Masa SD adalah masa dimana gigi manusia lagi banyak-banyaknya copot untuk menumbuhkan gigi baru yang lebih kuat dan tahan lama. *jangan pergi ke Mak erot tapi yak! :D

Sebagai anak SD yang imut. Gue diberi tau klo gigi gue ada yang copot harus melakukan beberapa ritual.

Misal gigi gue yang bagian atas copot, biar gigi atas gue cepet tumbuh. Gigi gue yang copot harus dilempar ketanah. Nah, klo gigi bagian bawah yang copot. Gue harus lempar gigi yang copot tadi keatas, biasanya si gue lempar ke genteng. Dan... Gak boleh gigi itu menyentuh tanah.

Begitulah ritual yang wajib dilakukan. Agar gigi gue bisa cepet tumbuh. Sekali lagi gue cuma bisa bilang. Ini banyol abis! :D

* * *
Beberapa kali gue dibuat ngakak sendiri gegara mengingkat kepolosan dan kedodolan ala anak SD. Gue bahagia bisa percaya beberapa mitos ini. Karena klo dipikir-pikir lagi, ada banyak nilai positif yang tersirat dari beberapa mitos. Ya... walaupun lebih banyak yang absurd.

Kayaknya cuma segitu deh yang mampu gue inget. Maklum, otak gue ya gini. Lupaan.

Klo ada temen-temen yang mau nambahin bisa lewat komentar. Klo malu, ya kirim via surat elektronik aja. Hihi

* * *
NB: Maksimalkanlah waktumu saat menjadi anak-anak, jangan mau dewasa sebelum waktunya. Dewasa itu gak enak. Percayalah! :D

44 komentar:

  1. Sama... Tapi mitos gue agak sedikit berbeda. Kalo ngelangkahin orang, ntar yg dilangkahin bisa pendek. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh jadi banyak orang pendek di indonesia itu karena sering dilangkahin ya. Beda sama orang bule! Ehe...

      Hapus
  2. Kwkwkwkkw.....gue banget tuh poinnya.

    Gue sering denger klo kebelet bab harua ngantongin batu dan nggk berhasil, emang apa hubungannya?

    Terus yang lompatin badan hutang darah, gue pernha denger mitos ini dan kapretnya gue malah percaya :v.

    Dan untuk mitos lainnya gue baru denger dari postingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo masih terlalu muda untuk mengetahui semua mitos ini. Wkwkwk

      Hapus
  3. Hahaha.. bener semuanya. Tapi yang nomer 2 baru denger dari sini.
    Terus, yang kebelet BAB genggam batu itu bener. Bukan mitos. Penjelasannya adalah pada sugesti. Pure sugesti.

    Jadi ketika kita kebelet, fokus kita pada ketidaknyamanan perut. Otomatis otak kita: Sakit Perut kudu BAB. Nggak BAB Sakit perut terus.

    Genggam batu, kamu sadar betul ambil batu dan genggam. Sekarang kamu berpikir batu ini bisa ngurangin kebelet. Karena pikiran kamu fokusnya pindah ke batu. Maka sakit perutnya nggak menjadi-jadi.

    So... ini berlaku benda apa aja sih, nggak hanya batu. Tapi kamu bisa coba benda lain mungkin nggak senampol batu. Sebab yaaa karena mitos itu tadi bisa mempengaruhi otak. Bahwa hanya batu yang bisa. Kalau aku pake genggem kertas nggak bakal maksimal sugestinya.

    Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi klo benda lain gue tetep aja kebelet. Mungkin udah ke cucu otak gue kali ya sama mitos ini. Klo batu bisa ilangin mules. Hehe

      Hapus
  4. Iya nih, sampek sekarang aku senyum senyum kalok bunga kuku numbuh di jari tangan kanan. Apalagi kalok ada banyak. Berasa dicintai. Ihihi :p Jijik!

    BalasHapus
  5. Gw pling yakin dngan poin pertma, karna itu berhasil! klo mgang batu dngan hasrat sperti menjepit pnt*at yang sdang berusaha keras supaya gk keluar itu berhasil. Wlaupun trkadang kebelet nya mncul lagi, dan batu itu digenggam lagi.

    Dan poin yg pling kampret tpi dulu gw prcaya adalah makanan yg jatuh masih bisa dimakan sebelum lewat 5 menit. Dimana nyambung nya coba? apakah bakteri2 ditanah itu punya aturan klo mau menginfeksi mkanan itu harus nunggu 5 menit dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ada hukum tidak tertulis diantara para bakteri. Mungkin... muehehe...

      Hapus
  6. Itu mitos yg pertama sering tuh pas masih kecil
    Kata temen2
    "Kalo mules kantongin batu dah ntar engga keluar"
    Pas sekarng gw nyadar bang
    Iya jelas engga keluar orang batunya dikantongin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata-kata lo ada benernya juga ya. Wkwkwk

      Hapus
  7. WKWKWKKWK aseli gue cengar-cengir baca dari mitos yang pertama. dan semua mitos itu dulunya juga gue percaya!
    gue jadi ngerasa beruntung karena pernah percaya dg mitos2 itu yang bisa bikin gue sedikit lebih bahagia hari ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat anda salah satu orang yang beruntung. :D

      Jangan lupa dicoba lagi yakkk... hihi

      Hapus
  8. Dari 7 Mitos yang lo bahas ini, Nyol. Gue paling sering percaya sama kunang-kunang itu dari kuku orang meninggal. Bahkan sampe sekarang. Kalo di jalan ngeliat kunang-kunang, jadi merinding disko nggak jelas.

    Tapi... Setelah masuk kuliah di Jurusan Pertanian, gue ngerasa ingin memecahkan mitos ini. Dan... Ternyata beneran mitos doang. Gue sampe mempelajari dari mana hewan ini lahir pertamakali dan gimana proses hidupnya.

    Sejak itulah, gue udah mulai selow aja kalo ada kuang-kunang. Dulu.. 1 biji aja lewat, gue pulang langsung tidur. Takut. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gue juga dulu takut klo ada kunang2. Tapi setelah gue bisa buka google. Gue jadi sadar... itu mitos!

      Hapus
  9. Yang kelima sama keenam tuh, gue gak tau. Soalnya pas gue SD, yang kelima sama keenam gak ada. Beda ritual kali, ya, lo sama gue. Tapi sisanya sama, kayak ngantongin batu ketika kebelet BAB.

    Ngomong-ngomong, gue pernah melakukan itu ketika mau ke suatu tempat bareng temen SD gue dan kebelet BAB, temen gue dengan sigap cari batu untuk gue kantongin HAHAHA.

    Soal gigi copot juga pernah. Gigi bawah copot, gue buang ke genteng orang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mitos ini sudah pudar pas lo masih SD wahai anak muda. :D

      Iya nih, kantongin batu pas kebelet BAB itu legend banget.

      Hapus
  10. Bukan cuma anak SD aja kayaknya anak gede aja ada yang masih percaya sama mitor2 diatas apalagi pegang batu kalau lagi kebelet banget terus susah nyari toilet hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama.
      Gue juga masih ada beberapa percaya sama mitos ini. Apalagi ya kata lo itu, kantongin batu pas kebelet BAB. Hehehe

      Hapus
  11. Hahahaha jadi inget lempar gigi copot ke genteng jaman dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas cum ngalamin juga. *Kita sudah tua. Wkwkwk

      Hapus
  12. Cuma point kedua yang saya engga tau

    BalasHapus
  13. hahahahaha... iya benerrr... bener semua. Anak SD emang konyol ya mitos-mitos yang beredar di antara mereka. tapi lucu sih kalo diinget lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah indahnya masa SD klo dikenang. Cuma matematika masalah terbesar. Ehe

      Hapus
  14. Dulu gue percaya banget kalo ngantongin batu bisa ngilangin mules.
    Bahkan gue jadi bergantung sama tuh batu.
    Tiap berangkat sekolah gue kantongin batu bata. Sama guru malah dikira mau tawuran.
    Padahal gue masih SD. Paling juga kalo tawuran nyerangnya TK sebelah.

    Tapi, ya, gitu. Mitos itu ada untuk membuat masa kecil gue berwarna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Greget banget ngantongin batu bata. Kantong lo segede apa ya? Ahaha

      Btw, emang masa kecil lo warnanya apa ya? Wkwkw

      Hapus
  15. Kereenn gan postingannya. Overall, aku lebih percaya ama mitos (mungkin sekarang bs disebut fakta) yang nomor 1. Beneran dah, hal itu bahkan aku praktekin sampe SMA sekarang, dan terbukti sangat mujarab! Wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, gue juga masih gitu klo kepepet gak bisa ke kamar mandi. Wkwkw

      Hapus
  16. Dulu waktu SD, percaya mitos 2, 3, dan 4. Yang lainnya malah baru denger sekarang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor 1 itu kayaknya paling melegenda deh. Masa gak tau? Hmm

      Hapus
  17. gue kira mitos2 ini cuma di daerah gue aja, ternyata (kayaknya) satu indonesia ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seluruh indonesia mungkin tau mitos ini. Haha

      Hapus
  18. Hahaah benr banget berarti kita masih seumuran lah... mengingat dulu hal yang kita lakukan ternyata sama... satu lagi tuh kalo duduk didepan pintu sama ja ngalangin jodoh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tah, ngalangin jodoh? Gue malah gak tau. berarti lo lebih tua ya? HAHA

      Hapus
  19. MITOS PALING TAIK INI MAH. AHAHA.

    Gue paling sebel yang soal kuku putih ada yang kangen. Anjir. Gue zaman SD udah kepedean banget pas ada yang kangen. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sampai sekarang lo masih percaya kan? Sungguh menyedihkan.

      Hapus
  20. Hahaha gue sampe sekarang masih nggak ngerti yang 'utang darah' itu lho. Tapi dari dulu puas banget kalo ngomporin orang, 'AWAS LO UTANG DARAH SAMA GUE!!'

    BalasHapus
  21. kalau kantongin batu itu Mas , sekarang pun masih saya lakukan ... tapi kadang-kadang mujarab juga ....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kadang-kadang lagi. tapi emang mantap banget klo lagi kepepet. HAHA

      Hapus
  22. Wah kok bisa sama kayak waktu aku SD dulu ya mas, btw km lahiran tahun berapa sih? Dan dulu SD nya dimana? Hahaha

    BalasHapus

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))