Tipe-Tipe Penumpang Bus

Gue mau cerita tentang pengalaman gue saat di Bus yang sangat luar biasa, gimana gak luar biasa coba. Hampir 24 jam gue di bus. IYA! 24 jam. Kira-kira tanggal 8 kemaren perjalanan dari Lampung menuju Kota Pekalongan tempat Pak De dan Bu De. Gue gak akan bahas ngapain gue kesana, karena hal itu gak begitu penting dan mendesak. HALAH!

Karena hal penting dan mendesak adalah tipe-tipe penumpang bus yang ngeselin sekaligus menggelikan. Bayangin aja! Samping, belakang, depan isinya bapak-bapak and emak-emak rempong semua. Hiuh! Gak ada cewek-cewek nan seksi yang bisa gue modusin pula. Lengkap sudah penderitaan gue di bus.
Karena hal itu, gue akan tulis disini terkait tipe-tipe penumpang bus yang harus lo tau. Ya, wajib lo tau. Semoga bermanfaat! ^_^

1.     Penumpang Tipe Penjajah
Oke, gue namain penjajah. Bukan karena penumpang ini asli orang belanda atau jepang. Bukan kok, keliatan banget produksi dalam negeri jika dilihat dari onderdilnya. :D

Gue namain penjajah, karena sifatnya itu ngejajah. Begini, kita kan naek bus sama-sama beli tiket yang sama dan tempat duduk yang sama kualitasnya. Nah, penumpang tipe penjajah ini dengan seenaknya menaikkan kakinya ke kursi bagian depan. Oke, klo bagian belakang mah gpp, toh ada kursi yang menghalangi. Lah Ini masalahnya udah mengambil hak orang lain. Kan tiap kursi itu ada untuk senderan tangan. Penumpang tipe penjajah itu mengangkat kakinya ke senderan tangan di kursi gue.

Shit! Mending wangi. Lah ini kaki atau terasi ya. Gak mau harga diri gue terjajah (Dibaca: Gak tahan bau kaki aroma terasi) gue kodein bapak-bapak paruh baya itu. Emang dasar lelaki semua sama aja, gak pernah peka klo di kodein. Pftttt

2.    Penumpang Tipe Kulkas
Pria yang gue ceritain ini masih muda, sekitar umur 30 tahunan lah. Klo lo pada mikir dia bawa kulkas, iya beneran. Dia bawa kulkas ke bus. BOOM!

Tapi yang gue maksud kulkas itu bukan kulkas yang diperjualbelikan di toko elektronik melainkan perutnya. iya perutnya udah kayak kulkas yang bisa menampung apa aja. Dia selama perjalanan ngemil mulu kerjaannya. Shitt!

Oke, gue ngomongin dia ini bukan karena gak dikasih kok. Tapi, ya masa iya tega liat muka gue kelaparan gak di kasih juga. Walaupun gue dan dia gak satu bangku, tapi ya minimal dia peka. FIX! Semua cowok gak peka.

3.    Penumpang Tipe Satpam
Gue mau menceritakan sosok pria yang selalu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi kami. Ya, pria ini memiliki jiwa satpam yang sangat tinggi. Salut ey! :D

Kenapa gue bisa bilang bertipe satpam. Begini, dalam 2 sampai 3 jam perjalanan. Penumpang tadi langsung berdiri, bukan berdiri di tempat duduknya. Tapi, duduk di pintu belakang. Berjiwa satpam sekali bukan?

Bahkan lebih ngenes lagi, saat orang-orang terlelap tidur (Termasuk gue). Gue liat sebelum tidur orang tersebut berdiri pas di belakang gue. Kan posisi gue itu paling belakang deket pintu. Jadi setelah beberapa jam tidur, gue liat lagi, dan dia masih berdiri kokoh bak patung pancoran. Dia sangat berjiwa satpam. Luar biasa!

Entah, sampe sekarang juga masih menjadi misteri. Motifnya apa coba sampe harus berdiri. Ada dua kemungkinan yang hampir pasti, dia memiliki jiwa satpam atau dia bayar setengah. \:D/

4.    Penumpang Tipe Tuyul
Plisss! Jangan langsung close tab baca tuyul. Plisss jangan... :(((

Ini gak mistis sama sekali kok. Gue bilang penumpang tipe tuyul bukan karena pada gundul dan gak pake baju. Bukan kok.

Begini, yang gue maksud tuyul itu adalah anak-anak. Iya, ada satu keluarga yang bawa anak-anaknya. Balita gitu sih kayaknya. Tau lah anak balita itu kayak apa, lagi aktif-aktifnya kesana-kemari. iya kayak tuyul yang wara wiri gak jelas. Rengek sana rengek sini. Gue sih kasian sama istrinya. Masih cantik sih. Klo suaminya mah bodo amat. :D

5.    Penumpang Tipe Neraka
Whats neraka! Iya neraka. Gue juga gak pernah kesana, dan semoga gue dan lo semua yang baca tulisan ini, kelak gak akan pernah nyentuh api neraka. Aamiin

Oke, yang gue tau dari berbagai macam buku. Neraka itu panas. Betul? Sampe sini kita sepemahaman kan. Hehe

Nah, penumpang tipe neraka ini pasti klo kena AC gimana? Iya, pasti kedinginan kayak di kutub. Membeku seperti rasa ini ke kamu. *Halah, malah baper lagi.

Intinya gini, ada emak-emak rempong yang super duper ngeselin tapi bikin ketawa juga. Aneh emang.

Saat di bus, emak-emak rempong itu udah kayak di kutub. Pake jaket, kaos kaki, 2 selimut untuk kaki dan badan serta bantal. Biasa aja ya?

Selain itu saat menunggu penumpang di agen. Dia tidur dan berbaring seenaknya. Posisinya memang sebelahnya kosong karena suaminya itu sedang turun untuk menikmati secangkir kopi hitam. Gak sampe situ, emak-emak rempong yang tadi sedang tidur malah ngorok. Iya, ngoroknya persis kayak katak lagi kawin. :D

6.    Penumpang Tipe Lambe Turah
Anak kekinian pasti tau banget si Lambe Turah. Nah, penumpang tipe lambe turah ini dipelopori emak-emak rempong yang duduk bagian depan.

Sialnya, suaranya sampe kebelakang. Kampret emang, mending bahas yang penting. Lah ini ngomongin artis kawin lagi, artis nikah sirih, artis cerai lagi. Bodo amat, mak! Mau artis bikin sensasi juga gak ngaruh sama hidup gue. Intinya bodo amat. Gue butuh ketenangan di dalam bus.

7.  Penumpang Tipe Baik Hati, Rajin Menabung, tidak sombong, penyabar, pokoknya perfect deh.
Nah, kita udah pada klimaksnya tipe-tipe penumpang bus. Sengaja gue tulis terakhir biar klimaksnya dapet gitu. Haha!

Ya, gak perlu gue jelasin lagi. Pasti lo tau tipe penumpang apa yang ingin gue ceritain. Intinya dia baik hati, rajin menabung, tidak sombong dan intinya perfecto.

Tanpa basa-basi lagi, salah satu contoh nyatanya adalah gue. BOOM!
IYA gue! Masalah? HAH!!! Yang protes, langsung aja komentar dibawah ini. HAHA!

* * *
Kayaknya cuma itu deh yang bisa gue ungkapkan di perjalanan bus kemaren. Next time klo gue naek bus lagi, gue mungkin bakal bikin tulisan episode 2. *Udah kayak sinetron aja.

Semoga yang gue tulis di atas dengan fakta-fakta yang ada membuat banyak manfaat bagi hidup lo. Semoga ya, iya semoga ya! :D
Bye! :)))))))


39 komentar:

  1. Tipe penumpang nyari duit engga ada y bang?
    Tipe penumpang tukang tidur juga g da y?
    Tipe penumpang yg berebutan stir sama sopir juga g da

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ttipe yang lo sebutin terakhir kayak luar biasa banget ya. Lo udah pernah liat yang begituan? HAHA

      Hapus
  2. gw kayaknya masuk penumpang tipe penjajah sama kulkas deh, soalnya nyari nyaman nya aja. Klo pnumpang keberatan ya gw pnggil emak gw yg tipe lambe turah...

    Namanya juga penguasa...huaaahahahahaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjir!!! Lo masuk 2 tipe sekaligus. Anda luar luar luar binasa!

      Hapus
  3. Dih serem banget 24 jam diem terus di bus.

    Haha kalau saya paling lucu yang tipe satpam tuh. Emang banyak yang gitu (tapi biasanya karena dia terpaksa sih).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih serem ditinggal tapi lagi sayang-sayangnya kali bang. Kayak cerita lo yang ditinggal nikah! wkwkwwk *Maaf, gue keceplosan! HAHA

      Terpaksa kayak mana bro? Jangan2 lo yang maksa lagi.

      Hapus
  4. Tipe kulkas.. Haha

    Gue sering nemu yg kayak gini, tapi wajar sih.. Biasanya juga gue gitu ke orang lain kalo naek bus.. Kalo sok akrab takut aja, takut knapa2. Ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan sok akrab deh. Nanti kena hipnotis lo. Wkwkkw

      Hapus
  5. Wah baru tahu ternyata mas Rifqi selain baik hati dan tidk smbong, suka mnabung juga ya, sudah berapa banyak tabungannya bang.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak enak lah klo gue publikasikan disini nominalnya. Ahaha

      Hapus
  6. Ya ampun itu sehari semalam duduk diem di bus. Taruh telur di pantat pasti mateng nyol. Hihi
    Sekarang kalo berpergian jauh, aku milih kereta deh. Kalo naik bus yang gak tahan itu kalo kena macet. Ampun ampun deh.

    Untuk jenis penumpang di atas, aku tipe terkahir. #ngakungaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah coba, mungkin next time gue bakal ngeremin telor. Hahaha

      Tempat gue gak ada kereta. :((((

      Hapus
  7. Gileee, itu sampai 24 jam di bus apa ya nggak kebelet boker atau pipis wkwkwk.

    tapi setidaknya kamu bisa mendapat ide dari pengamatanmu kepada penumpang-penumpang bus yang jengkelin kayak gitu.

    kalau aku sendiri kayaknya lebih kesel sama si lambe turah. yaa yang lain masih dimaklumi lah, tapi kalau udah dengerin ibu-ibu rempong ngegosip, kayaknya nggak nyaman banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kali gak berhenti. Sopir mana ada yang tahan. Hehe

      Asli, lambe turah itu super duper bikin kzl. Haha

      Hapus
  8. HA HA HA itu yang penumpang tipe neraka seriusan ? si ibu ibu itu ngorok tidurnya ? busyeet ekstream banget cara yang dilakukan untuk ketenangan tidur nya .

    24 Jam ? woow . Gue waktu itu pernah juga naik bus dari Lampung ke Jakarta , itu gue gak tau sih berapa lama , soalnya selama diperjalanan gue TIDUR :D .Tapi seru juga ya , ada bebrbagai macam perilaku manusia didalem bus . wakk .

    Apalag tuh , kalo ada anak kecil yang nangis kalo didalem bus ! waahhh ! ngeri cuy .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sambil ngorok. Huft!

      Yah! Klo cuma tidur kerjaan mah gak seru woy! Haha

      Hapus
  9. Gue masuk tipe apaan ya ?
    Gue kalo naek bis pasti langsung tidur, tapi ga ampe ngorok kayak di neraka ko.

    Tipe penumpang yang cuma numpang kayak pengamen gitu ga ada bang ?
    Aku kadang suka gila kalo denger suara pengamen yang acak acakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo bus gue ada pengamen. Fix! Gue keluar dari bus daripada dengerin pengamen nyanyi.

      Hapus
  10. Nyol, lo ngapain 24 jam di dalem bus? Gak rata tuh bokong? hahahaha. :D

    Gue jarang naik bus, sih. Paling pas perjalanan ke Luar negeri atau jalan-jalan ke Mall, tapi males bawa motor. Itu palingan. Jadi, kurang memperhatikan, sih.

    Tapi, kalo dari tipe yang lo buat, gue yg terakhir keknya. CUman, gue lebih kalem. Diem aja. Scroll timeline sampe nyampe. Gitu aja, sih. Datar bgt hidup gue di BUS. hahaha. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalanan keluar negeri? Wow! Gue mah apa atuh. Gue belum pernah keluar negeri. Gue kan iloveindonesia! Haha

      Hapus
  11. Waduh musti h ati hati nih kalau satu bus dengan kang rifki nanti bisa bisa dibaca tipe saya, haha ada ada saja nih kang tipe tipenya tapi kalau saya mah gak ada kali ya karena kalau saya mah suka diatas duduknya jadi bukan termasuk penumpang dong kalau diatas mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo bukan penumpang berarti gratis dong. Ajarin gue caranya dong. Haha

      Hapus
  12. Naik bus 24 jam? Lama banget..
    Saking dongkolnya sampai bisa terinspirasi tulisan kayak gini ya.. Hehehe
    Kalo saya ada di dalam bus kayak gitu, saya ini tipenya yg mirip2 kayak tipe neraka.. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah akibat dongkol malah kepikiran kayak gini. Terimakasih dongkol. Hehe

      Cieee neraka. Haha

      Hapus
  13. Kalo gue, biasanya kalo sendiri Tipe Satpam. Sok-sokan kuat padahal mah kaki udah sakit banget itu HAHA. :D

    Kalo sama temen-temen, tipe lambe turah. Berisik banget. Malahan gue pernah dimarahin sama keneknya gara-gara berisik. :D

    BalasHapus
  14. gue dari lampung ke jambi aja bang naik bus serasa masuk neraka, patah mematah semua tulang dan persendian gue.

    hahaha tipe ibu ibu rempong emang nggak bisa dihindari, mau dimana saja, kapan saja ibu-ibu rempong akan selalu ada.

    haha, gue kalo ngeliat tipe kulkas ini ketawa, apalagi kalo sudah berhenti di rumah makan, habis makan bajunya dinaikin setengah, agar kulkas dan tombol tengahnya keliatan hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busyet sampe jambi. Lama banget itu. Haha

      Iya, ibu2 lambe turah gak bisa di hindari. Bersabarlah wahai anak muda. Hehe

      Hapus
  15. Wkwkwk gilak -_- 24 jam dibis emang gila sih wkwkw. Aku pernah perjalanan dibis dari Jogja ke palembang. Seturunnya dari bis, serasa kayak masih dibis. Intinya gitu -_- mumet wkwkw

    Penumpang Lambe Turah ! HOreee :D wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo ketua lambe turah ya? Hah! Ngaku aja.

      Hapus
  16. Jadi kalo butuh terasi buat nyambel, ambil dari kaki penumpang bus aja yaaa hua hua

    BalasHapus
  17. tipe lambe turah ini bahaya loh ya, mengingat tipe ini diprakarsai oleh emak2 , belum gosipnya... belum ngomongin tetangga... ngomongin tukang sayur... arisan.. dan kawan-kawannya :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seharusnya diberantas. Tapi apalah daya seorang anak muda yang masih cupu. Harus melawan emak2 yng super duper luar biasa. ^_^

      Hapus
  18. Wah dari Lampung ke Pekalongan selama 24 di dalem bus, gimana ya itu rasanya, asik kayaknya. Gue juga pengen ngerasain berada dalam mobil selama seharian. Mau rasain feelnya :D

    Kalo gue sih tipe mata jelalatan, eh maksudnya bukan ke cewek, tapi jelalatan melihat pemandangan sekitar :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo lo naek sama yang asyik2 si pasti asyik. Tapi klo sama yang bikin kesel itu berasa hidup lo akan berakhir. Haha

      Hapus
  19. W gak tau lagi skrang kalo naik bus di bilang tipe yang mana ya...
    Gegara postingan ini w jadi inget udah berapa tahun ya w gak naik bus...

    BalasHapus
  20. hehe tipe yang terakhir WOW banget ya..

    BalasHapus
  21. Kalo penumpang tipe neraka ini kayak nya gw tau, golongan siapa yang di maksud hahaha

    BalasHapus

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))