Permainan Era 90an

Cerita ini terinspirasi dari anak-anak zaman sekarang dengan permainan super canggih ala smartphone. Saat gue sedang duduk santai menikmati sore hari (Dibaca: nunggu azan maghrib), gue liat adek-adek sepupu yang masih ingusan yang sedang asik maen smartphone. Entah alasan apa yang membuat orang tua mereka bisa memberikan HP super canggih kayak gitu di usia yang masih terlalu kecil (Masih SD). Ya, mungkin biar keliatan keren dan gaul kali ya. Entahlah....

Hmm... Gue aja sama anak-anak ingusan zaman sekarang kalah telak masalah teknologi, Gue masih pake bodohphohe bukan smartphone.

Gue jadi inget dengan maenan-maenan waktu gue masih kecil. Gue bersyukur banget lahir di era 90an karena bisa bisa menikmati maenan-maenan yang seru bersama teman-teman. Bisa berkumpul, ketawa bareng. Gak kayak zaman sekarang, pertemanan hanya lewat sosmed, interaksi hanya sebuah like and komen semata. MIRIS!

Daripada kita mikirin zaman sekarang dengan kecanggihan teknologinya. Yuk reunian sama permainan jadul tempoe doeloe. Pasti lo juga pernah maenin kayak gini juga kan... Chekidottt....

1.     Kelereng
Sumber
Masih inget gak nih dengan permainan satu ini? Dalam permainan ini lo harus jago nembak kelereng lawan. Nanti klo kelereng lawan kena ya dia bisa jadi milik lo.

Prinsipnya kaya cowok nembak cewek. Klo lo bisa nembak dengan jitu, lo bisa dapet pacar idaman lo itu.

Klo lo belum punya pengalaman? Gini aja bro, saran simpel dari gue bagi yang belum punya pengalaman nembak cewek.
Ketik REG<spasi>JOMBLO kirim deh ke nomer cewek cantik, sapa tau aja ada yang bilang lo gila. *Eh...

Kelereng merupakan permainan yang paling gue suka, kenapa? Gue paling jitu klo urusan nembak pake kelereng (Klo urusan nembak gebetan, gue apess mulu, sial!).
Gue sering menang klo lawan temen-temen gue.

Enaknya lagi klo lo udah punya banyak kelereng bisa lo perjual belikan dengan sesama teman lo. Walaupun gue jual ke temen-temen gue, besoknya udah ditangan gue lagi, gue menang lagi dan gue jual lagi. Cerdas kan gue. :D

2.     Gasing Kayu
Sumber
Pasti seru klo maen gasing dari kayu, terus cara mainnya: gulung bagian kepala gasing dengan tali, lalu lepaskan dengan cara ditarik di atas permukaan datar dan dibagian bawah gasing dikasih paku yang menonjol. Jadi kita gantian siapa korbannya yang akan gue serang bersama teman-teman.

Mungkin temen-temen gue dendam kesumat kali ya, karena gue terus yang sering menang klo maen kelereng. Jadi pas maen gasing ini, gue selalu kalah, dan gasing gue sering jadi korban hingga rusak karena terkena paku-paku temen gue. Dan biasanya klo udah gini gue langsung lari minta dibikinin lagi sama papi gue (Pasti ada yang mikir gini “makan singkong aja sok banget manggil papi”). Hhehe

3.     Layang-layang
Sumber
Tau kan layang-layang itu apa? Klo gak tau, ada lagunya nih yang sangat populer.

Ehemm.. ehemm,, cek sound cek sound..

Kuambil bulu sebatang...
Kupotong sama panjang..
Kuraut dan kutimbang dengan benang..
Kujadikan layang-layang...

Terus untuk anak zaman sekarang, telah terjadi perubahan kata di lagu tadi. Masih dengan nada layang-layang ya... chekidot..
.
Kuambil tongsis sebatang
Kutarik panjang-panjang
Kuangkat dan kufoto ulang-ulang
Foto selfie sama yayang (Dilarang kesindir yang jomblo! :D)

Ehhh malah nyanyi lagi.
Biasanya gue maen disawah sama temen-temen. Serunya lagi klo kita lagi maen saling gesek-gesekan, jadi biasanya klo gak punya gue yang putus ya punya temen gue. *Klo baru putus sama pacar, jangan baper gitu ah!

Disini juga melatih olahraga dalam bidang lari. Lho? Apa hubungannya?
Begini, klo punya lo putus atau punya sapa aja yang putus, itu udah jadi barang orang lain, jadi lo harus kejer layangan putus itu, biar gak diambil temen lo yang lain, jadi lo harus punya kaki seribu biar bisa lari kebut. Hhehe

“Oiii layangan putus!!” Seru temen gue.
Itu sih teriakan-teriakan yang biasa banget bagi anak-anak desa gue klo ada layangan putus.

Biasanya ada perompak layangan, yang sengaja menunggu layangan putus. Mungkin karena gak punya uang kali ya.
Tapi masalahnya, layangan putus itu seringnya masuk ke halaman orang lain, atau nyangkut di pohon, bahkan tiang listrik (Alhamdulilah tempat gue udah ada listrik).

4.     Bola Bekel (permainan legend para cewek)
Sumber
Untuk main bola bekel ini, biasanya pemain membolak-balik sesuatu yang terbuat dari keong kayaknya (Gue kan cowok, jadi gak tau namanya). Tapi bolanya jangan sampai menyentuh lantai lebih dari satu kali. Ini permainan yang sangat disukai para kembang desa. Udah segini aja penjelasannya, nanti klo kebanyakan dikira gue juga suka main. Gue kan cowok! Inget ya, C-O-W-O-K.

5.     PSP ala anak 90an alias Gimbot
Sumber
Ini adalah mainan favorit anak-anak tahun 90an. Untung dulu ada saudara yang pulang dari kota bawa gimbot, terus waktu balik lagi kekota, gimbotnya ketinggalan. Yaudah langsung pasti hak milik pindah tangan ke gue. Klo gak ada kejadian itu mungkin gue gak punya maenan paling seru itu (Jangan ada yang mikir gue sembunyiin waktu saudara gue mau pulang kekota ya! Ini alami begitu aja terjadi :D)

Gimbot yang umum beredar di pasaran biasanya sih berbentuk persegi panjang gitu dengan beberapa tombol untuk dipencet dengan jempol, layar sentuh belum ada bro! Trus game yang ada cuma 2 atau 3 game aja. Nggak kayak PSP atau game zaman sekarang yang bisa nyimpan sampai ratusan game.

Nah di Gimbot ini, game yang ada biasanya si Tetris. Buat yang nggak tau apa itu Tetris? “Masa kecil kalian kurang bahagia”. Dan klo yang tau game Tetris itu apa “Pasti kita seumuran” :D.

6.     Karet Gelang
Sumber 
Yupss bener banget karet gelang, gue masih inget banget karet gelang warna merah yang dimaenin. Ntah kenapa komoditas karet warna merah, padahal pada saat itu ada karet gelang warna kuning, ijo dan lain-lain. Ini masih menjadi misteri gue sampe saat ini. Klo ada yang tau tolong banget pencerhannya ya bro? Makasih.

Permainan ini biasanya dimainkan saling untuk menembak. Mirip sama kelereng tadi sobat. Jadi umpannya kita taro pada ranting yang ditancapkan ditanah, dan bergantian untuk saling menembak. Klo dapet kena, sudah tentu hak milik karet itu menjadi milik lo.

Yang gue ceritakan tadi untuk cowok, klo cewek biasanya antar karet saling disambung agar panjang, lalu dimainkan untuk saling meloncat dengan sistem point gitu. Permainan ini juga seperti olahraga lho... karena melatih tubuh untuk selalu bergerak, kadang gue juga ikutan maen (Upsss. Keceplosan :D)

* * *
Hmm... Apalagi ya?
Kayaknya cukup dulu deh, masih zuhur si. Takut gue batal puasa gegara kebanyakan mikir. Hehe
Klo ada tambahan, langsung komentar dibawah aja atau bisa kirim via email disini. Pasti gue balas kok. Bye bye... :)))))))

66 comments:

  1. Jadi inget dulu suka maen kelereng, gimbot, sama layangan. Sampe-sampe kulit dekil sama rambut jadi merah karena sering panas-panasan. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya sekarang masih dekil juga. *Eh...

      Delete
  2. haha iyaa rame main 90an kangen bangeet

    ReplyDelete
  3. Pemainan jaman dulu sama sekarang emang jauh bedanya. dulu koleksi kelereng gue banyak banget, sekarang entah kemana semuanya. permainan2 kayak ular tangga sama monopoli pun sekarang udah di digitaliasai. anak SD sekarang mainnya mah point blank dan kawan-kawan :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semua interaksi via internet. Parah ah!

      Delete
  4. Haha nostalgia banget mas :D saya pernah alamin semua tuhh ya walaupun kalah mulu sihh :D tapi kalau untuk main layangan saya jagonya mas :D karena saya nariknya pakai kincir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kelereng gue lumayan jago. Tapi belum pernah ikut kompetisi internasional kelereng. *emang ada ya :D*

      Hah! Kincir apa??

      Delete
  5. Wah tua y?
    Kok petak umpet, petak jongkok, main segitiga, maen buah karet, mainin cewek eh
    Kok engga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue jarang maen yg itu. Yg gue inget cuma yg diatas nik. Apalagi maenin cewek mah gue cupu

      Delete
  6. miris juga sih ngeliat realita anak jaman sekarang lebih suka gadget daripada main bareng sama temen. gue liat adik gue sendiri sih lebih sering asik maen tabletnya daripada mbaur sama temen. huf -_-
    btw, kalau gue dulu lebih suka main bekel itu sih, dulu gue sering diolok olok gak bisa lempar bola dan sering jadi anak bawang gitu ahahaha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih.. adek2 sepupu gue juga begitu.

      Cieee... yg anak bawang.. hihi

      Delete
  7. di tempat gue cowok2 juga sering ikut lompat tali lo, wkwk. Dulu sampe ada sparing gitu cowok cewek haha.
    Salam kenal gaann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gitu sparing cowok vs cewek. Terus sapa yg menang? :)))

      Delete
  8. Congklak Nyol, congklak. Jaman bocah, aku suka mainan congklak sama nenek aku. Nggak pake kerang tapi pake batu. Trus main tazos, trussss baju bajuan tuh yang dari kertas. Trus pistol pistolan yang dari kayu.

    Kalo dari mainan yang kamu sebutin di atas, aku paling payah kalo main kelereng, gasing,sama layang layang. Kalo main bola bekel, sampe sekarang sih sama adek aku kalo di rumah.

    Bahagia banget ya kita termasuk anak 90an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sampe sekarang maen bola bekel. Gue aja udah gak pernah liat lagi orang maen begituan.. ^_^

      Delete
  9. Hahaaha kalo jaman bocah, main kelereng di tempat gue nyebutnya 'gundu'. :))
    Yang seru juga tuh permainan yang ga make alat. Kayak petak umpet, petak jongkok, main benteng segala macem. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gundu itu untuk orang jawa atau sunda ya? Hmm...

      Iya kata orang2 si itu seru, tapi gue si cupu! Haha

      Delete
  10. gue sukanya maen Tamiya, Monopoli, yoyo sama congklak wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga suk tuh.. itu permainan udah agak modern dikit. Gue suka si sonic bro!!

      Delete
  11. Mau gimanapun...anak anak jaman sekarang nggak kaya anak jaman dulu...kebersamaannya...kolektifnya...kita anak 90 an bener menikmati hidup sebagai anak dengan permainan pure anak...nggak ikut ikutmainan orang orang tua..malahan sulu orang tua yang ikut mainan anak anak...gangsing kayu (atau istilah di daerah saya disebut kekean) layangan, Nekeran...tapi sekarang anak anak yng ikut mainan orang orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya perubahan zaman emang gak bisa dihindari. Padahal lebih seru permainan diatas ya. Kebersamaannya itu loh yg bikin kangen.

      Delete
  12. Semua pernah ngalamin kecuali main kelereng sampe sekarang belum bisa-bisa mainnya ga kaya cowok cepet banget bisanya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lah, emang itu kebanyakan cowok yang maen. Cowok yang kayak gue ini lah.. hihi

      Delete
  13. true banget tuh, gue anak 90-an maennya gituan, dulu mah asik banget maennya, tapi nggak tau kenapa kok permainan itu lama kelamaan nggak ada didaerah gue yak, bocah" pada megang hp semua, hp gue aja kalah bagus, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kata2 yg terakhir kok sama banget. Anak saman sekarang hapenya canggih2 semuahh... :(((

      Delete
  14. Tambah nyols, main bentengan, gobak sodor, petak umpet, seru tuh. Tapi diantara semua itu aku paling suka main layangan, yang gede, tapi yang megangin ayahku hahaha. Aku juga suka miris liat adek adek ponakan, masih bocah, masih pada pampersan kemana mana mainannya udah tablet, streamingan ini itu. Kok aku merasa itu bukan bukti cinta orang tua, tapi bukti ketidakpedulian orang tua, si orangtua lebih percaya anaknya didongengin mesin, ketimbang emaknya. Yaampun! Bersyukurlah anak era 90han

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal streaming kadang ada unsur negatif juga ya.

      Besok gue klo udah jadi orang tua, harus lebih peduli lah. :)

      Delete
  15. hahaha
    dulu aja saya baru dibelikan hp sama orang tua pas SMP kelas 3..
    anak-anak zaman sekarang, baru umur 3 tahun udah bisa mainan smarthphone..
    jadi inget pas main kelereng, dulu tuh sampai bisa ngumpulin berbotol-botol.. hehehe
    nambahin lagi boleh ngak, mainan tamiya.. yang mbil-mobilan itu.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih jago maen kelereng? *tos dulu kita.. haha

      Iya nih. Anak kecil udah punya hape canggih semua.

      Delete
  16. wahahaha... kalau permainan ini saya sudah tamat semua :p

    ReplyDelete
  17. untuk karet gelang saya jadi inget pas dulu kak(paling berkesan dan sering terulang) :v, maen jauh ke kampung sebelah, saya menang banyak, eh gak dikasih pulang sama anak2 disana... pakai alasan "gaboleh ninggalin yang kalah gitu aja".. wkwkw.. thx kak artikelnya, jadi nginget masa lalu, masa2 yang indah itu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa gak boleh pulang, kejam juga.

      Iya makasih ya udah baca. Selamat kangen2an.. hihu

      Delete
  18. itu mah gak taun 90an sekarang saja di dusunku masih ada sampe sekarang kalau kaya gitu...menjaga budaya masa dulu..
    jagan tingalkan budaya masa dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin nih masih ada? Hebat banget tempatmu bisa bertahan gitu. Keren banget!

      Delete
  19. Hahahaha.... Kalau saya paling suka main layangan. Duh itu paling bikin lupa diri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat dari pulang sekolah, pulang maen maghrib. Hihi

      Delete
  20. Yaampun, aku pernah mainin semuanya. Adlagi patok lele, tapi gaak tau kalau ditempatmu namanya apa. Bedanya kalau di kampung aku gasingnya gak gitu bentuknya, agak beda sih. Kalau layangan bener banget, ooii layangan putus hahaha flashback banget jadinya. Btw salam kenal, aku anggota BE juga, tapi dah lama gak nongol aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patok lele itu apaan? Haha

      Wah.. BE juga? Yuk dong aktif lagi.. ayokkkk

      Delete
  21. Jadi kangen main tetris, dulu kalo puasa ngabuburit nya pasti main ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang di smartphone juga ada loh mas cum. Biar mengobati rasa kangen. Hihi

      Delete
  22. Enggak ada yang enggak tak mainin. Permainan di atas tak mainin semua. Dulu nggak cewek nggak cowok main bareng kalo di tempatku. Jadinya rame banget. Kadang kita mainin mainannya cewek, yang cewek juga kadang ikut main mainannya cowok, main bola misal. Njir, seneng banget dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Njirrr... Gue masih kangen permainan zaman dulu.

      Delete
  23. Yang udah agak modern, monopoli. Ini juga favorit. Kalo gue sih tetep main bola. Sampe sekarang gak ada bosennya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bola atau futsal gue juga masih maen. Walaupun bukan sama temen sepermainan waktu kecil.

      Delete
  24. ah jadi nostalgia, nice post bang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga udah komentar dan berkunjung.. :)))

      Delete
  25. dulu main kelereng kalau pulangnya bawa kelereng banyak berasa bangga banget dan kalau bawa kelereng sedikit banget. muka udah butek banget haha

    syukur di tempat gue anak-anaknya masih banyak banget yang main layang-layang atau bermain kereleng. jadi gak terfokus sama smartphone. ya karena belum di perlukan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih seru dong kampung lo bang. Keren!!!

      Delete
  26. Paling yang pernah aku mainin ya kelereng. Ah, masipun gue anak 2000an, gue malah suka mainan jaman dulu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih seru permainan jadul kan bang.. hehe

      Delete
  27. ada yang kurang, monopoli, bepe-bepean, petak umpet, petak jongkok, gobak sodor dll hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gue sebutin semua bakalan panjang banget kali ya. Ini udah yang paling gue inget si.. hihi

      Delete
  28. wih jadi bernostalgia nih, jaman-jaman gw sd dulu
    jangan lupa berkunjung ya gan http://kresnayuki.blogspot.co.id/ masih baru nih xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanti gue berkunjung. Tunggu aja gue gentanyangan di blog lo.. hehe

      Delete
  29. permain-permainan zaman dulu memang lebih seru daripada mainan anak zaman sekarang, dulu main itu bareng-bareng, lha sekarang main bareng tapi sibuk sendiri-sendiri karena pada mainin smartphone, kaasian sama anak-anak zaman sekarang, gak bisa ngerasain serunya mainan zaman dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih.. kasian banget ya.. kadang anak kecil masih pampers aja udah dijejelin smartphone

      Delete
  30. pernah semua, termasuk bekelan. pdhal saya cowok XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAH! lo cowok tangguh berati ya. Sama kita! :D

      Delete
  31. Nah gue suka ngejar layangan bro dan sering dapet! saat gue dapet disitulah gue serasa jadi ranger merak. tapi saat ini sedih banget duh, Ngejar gebetan gak dapet-dapet malah ketikung mulu. njay ! peluk gue siapapun peluk gue...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini gue pelukkkk. kasian banget lo ya. Ketikung mulu. SAKIT WOY! haha

      Delete
    2. Toloooong... tolooong Ada abang2 maho mau meluk gue ! (lari) buss..

      Delete
    3. WOY!! GUE BUKAN MAHO YAAAA!!! *Capslok Jebol

      Delete
  32. Kangen sama maenan itu semua, kadang kalau main kelereng, menangnya aku jual lagi.. wkwk

    Asli kadang, kangen maen gimbot itu, dirumah kalau gak salah masih ada.. :)

    ReplyDelete
  33. itu gimbot mirip banget sama punya kuhhh, tapi ilang.. kok ada di elu, lu ngambil punyaaaaa KUUUU KEMBALIKAN!

    ReplyDelete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))