Fenomena Saat Bulan Ramadan

Sebelumnya gue mau ucapin selamat menjalankan ibadah puasa ramadan ya bro, bagi yang menjalankannya. :)))

Alhamdulillah, gak kerasa udah beberapa hari ini kita lewati Bulan Ramadan yang penuh berkah. Berarti menandakan lebaran sebentar lagi. Gak kerasa ya, haha... *Padahal baru 4 hari puasa :D

Eitss... Sebelum gue jelasin tentang "Fenomena Saat Bulan Ramadan". Gue mau ngasih tau tentang kekeliruan yang terjadi di masyarakat, termasuk gue sendiri. Kebanyakan masyarakat indonesia, bahkan media besar indonesia sekalipun menganggap kata "Ramadhan" yang benar. Padahal klo kita cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Ramadhan tidak terdeteksi radar, alias gak ada arti sama sekali.

Jadi yang benar apa dong Nyol!

Uhukkk... Menurut KBBI kata yang benar itu Ramadan. Gak pake huruf H.


Jadi... Klo udah tau itu salah, mari kita gunakan yang benar. Biar gak malu-maluin. Hihi...

* * *
Oke baiklah, sekarang waktunya gue paparkan hasil pengamatan gue tentang Fenomena Saat Bulan Ramadan dari sudut pandang gue sendiri. Chekidot bro... :))))

Pertama: Iklan Sirup
Klo boleh curahkan isi hati gue selama ini. Caelah...
Sebenernya yang menandakan puasa atau tidak itu bukan dari terlihatnya mantan deh. Eh maksud gue hilal. Maklum, nama mantan temen gue namanya si Hilal. :)))

Ya, bukan terlihatnya hilal, tapi terlihatnya iklan sirup yang semakin banyak di layar kaca. *Pemikiran bodoh gue sih, tapi ini udah teruji toksisitas dan uji emisinya loh... Hehe...

Ada beberapa merk sirup yang selalu konsisten iklan hanya pas ramadan. Kadang sempet mikir. Apa cuma bisa promosi satu bulan dalam satu tahun. Gak ada modal gitu. Padahal secara gak langsung, selain Bulan Ramadan malah orang gak puasa. Jadi, kemungkinan minum sirup di siang hari makin besar. Hmm...

Entahlah, intinya klo udah ada iklan sirup berarti anda memasuki Bulan Ramadan. Percayalah!

Kedua: Artis Seksi Indonesia Mendadak Alim
Saat memasuki ramadan, banyak kalangan artis seksi nan hot yang berbondong-bondong merubah total penampilan. Gak perlu gue sebutin juga lo pasti paham. Artis-artis mana aja yang melakukan hal ini.

Ya, mungkin mereka ingin tobat 1 bulan, atau biar hawa nafsu pria-pria lapar kasih sayang kayak gue ini agar ngerem nafsu liarnya. Hmm...

Satu sisi gue dukung, sisi negatif gue mengatakan ini sekedar pencitraan agar tetep laku di Bulan Ramadan. Gimana gak mikir pencitraan, lah cuma 1 bulan doang sih...

Ketiga: Buka Bersama
Nah... Ini nih fenomena selanjutnya yaitu buka bersama. Bahkan jadwal buka bersama sudah diagendakan sebelum ramadan datang. Niat banget emang!

Bahkan, hampir semua orang memiliki jadwal super padat. Dari temen SD kelas 1 sampe kelas 6. SMP kelas 1, kelas 2, kelas 3. SMA kelas 1, kelas 2, kelas 3. Temen kuliah semua jurusan. *Nah loh...

Mereka semua pengen ngajak buka puasa bareng. Bisa dibayangkan jadwal yang super padat! :))

Ya, dengan buka bersama itu memang membawa dampak positif karena sebagai ajang silaturahmi. Namun, namanya juga bulan ramadan, pasti banyak godaan. Tujuan awalnya silaturahmi, berganti jadi tujuan lain.

Tujuan yang sering gue dapati biasanya pamer. Pamer kesuksesan, pamer karir, pamer pacar baru, pamer mobil baru, smartphone baru, kaos kaki baru, kancut baru. *Eh...
Lo juga kayak gitu kan? Udah ngaku aja!

Keempat: Ngabuburit
Nah, ini menjadi salah satu fenomena yang menarik di Bulan Ramadan. Gue juga gak tau pasti artinya apa dan sejarah awalnya kayaknya.

Biasanya orang-orang yang ngabuburit intinya nunggu azan maghrib tapi dilakukan dengan jalan-jalan keluar.

Lah... ngapain di tungguin, entar juga dateng sendiri. Maghrib itu udah gede loh, gak usah di cari juga dateng sendiri. Dia udah sunat juga kok. Bahkan sampe 3 kali disunat. :D

Kelima: 11 Rakaat atau 23 Rakaat
Solat tarawih menjadi fenomena yang tak kalah seru. Solat tarawih memiliki perbedaan antara 11 Rakaat dan 23 Rakaat di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan satu desa yang memiliki beberapa masjid dan mushola sering terjadi perbedaan.

Klo anak muda kayak gue dan temen-temen gue nanya 11 Rakaat atau 23 Rakaat mah bukan karena mau banyak-banyak ibadah. Tapi mau cari yang cepet... hihi

Menurut gue si, semua sama-sama benar karena memiliki dasar masing-masing. Tinggal kita menjalankan dengan baik dan khusuk. Iya gak? *bisa bijak juga gue yah... hehe

* * *
Mungkin cuma itu yang bisa gue sampaikan hasil dari pengamatan yang sering terjadi di masyarakat. Intinya dari semua itu, jangan makan dan minum di siang hari ya. Apalagi mikir yang aneh-aneh. :D

So, semangat berjuang untuk menuntaskan misi puasa ramadan. Keep Spirit!

49 comments:

  1. haha kocak artis indonesia mendadk alim di bulan ramadhan *ehh RAMADAN ya menurut KBBI juga :) memang sih banyak banget fenomena di bulan ramadhan termasuk iklan-iklan bernuansa fitri :) hihi Btw itu si Hilal cwo apa cwe sih ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan bernuansa ramadan kali, bang. Nanti klo bernuansa fitri pas lebaran.

      Lo maunya cwo apa cwe si hilal itu? Hehe

      Delete
  2. Jadi selama ini kata Ramadhan yang dipake itu salah ya, mesttinya Ramadan, makasih nih infonya.. mungkin ini sama aja kayak kata jomblo yang sebenarnya asalnya dari jomlo, ya mirip-miriplah... nggak ada yang jomlo kan ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah kira-kira.
      Aduh, ada gak ya yang jomlo disini. Hihi

      Delete
  3. Selamat datang bulan Ramadan!
    Ewh, masih ada beberapa fenomena lagi nih bang.
    Misalnya, band-band yang biasanya rilis lagu percintaan mendadak rilis album religi, pekan pertama puasa yang ramai itu di masjid (tarawih) tapi pekan selanjutnya mah di mall (belanja diskonan) hahaha.
    Sungguh indah memang ya bulan yang satu ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bgt, band2 mulai rilis single religi.

      Eh untuk solat tarawih kebanyakan emang begitu, awalnya aja yang rame ya..

      Delete
  4. Kalau artis Indonesia yang gemar buka-bukaan sekarang jadi mendadak alim, itu udah musiman di Indonesia. Segitunya kali yah biar memperoleh popularitas hehe. Brace yourself. Iklan marjan bakalan bertebaran lagi di setiap tayangan televisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap2 nih, apalagi iklannya bersambung mulu sampe lebaran tiba.

      Delete
  5. jadi gue selama ini gak bisa bahasa indonesa, wadduuh ternyata penulisannya ramadan bukan ramadhan. mulai sekarang deh gue berubah dari ramadhan menjadi ramadan :D hehehe

    gue juga binggung sama iklan sirup begituan, adanya cuma sebulan sekali dalam setahun, padahal kalo diiklanin tiap bulan loh pasti ada ajah yang beli. atau mungkin itu godaan biar kita tergiur saat iklan ???

    kalo soal artis sexy yang jadi alim gue salut deh, dia sudah menghargai dan menahan kita supaya tidak tergoda, kan nanti bisa batal puasanya :D hehehe

    sampai puasa dapet 4 ini gue udah dapet 2 jadwal buka bersama, gak tau deh ntar kalo minggu2 akhir mungkin seminggu penuh isinya buka bersama semua. kalo bukanya sambil nyari takjil di masjid sih nggak masalah, laah buka bersamanya pakek ngerogoh kantong lagi hemmmm. niatnya hemat malah tekor :D

    23 atau 11, kalo gue sih fleksibel ajah deh :D 11 oke, 23 okey yang penting ikut sholat :P

    ohh iya bang 1 lagi fenomena pas bulan ramadan itu, fenomena PPT (Para Pemburu Takjil) khusus anak kosan :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Para pemburu takjil? Sebagai mantan anak kos, gue juga dulu pernah kayak gitu. Untung aja punya banyak temen, jadi bisa calling2 klo ada takjil gratisan. Haha

      Delete
    2. hehehe bener banget bang, pengalaman gue sih hampir sama. ada yang udah berangkat duluan terus ngasih kabar deh. "eeh disini ada bagi-bagi takjil" tanpa dikomando semua langsung berangkat, mungkin di daerah gue sekolah dulu hampir semua masjid udah didatengin deh buat dapet takjil + makan gratis :D

      Delete
    3. Iya! Bikin kangen banget ya...

      Delete
  6. Iya nyol bwner banget ramadan bukan ramadhan kemaren Ku abis baca di hipwee kalo gak salah. Dan yang kamu sebutin semua itu benar, tadi bewe juga lagi bahas fenomena ramadan, posisi pertama masih diduduki sirup marjan. Ini sirup emang ajaibbanget. Kalo di tempatku ngabuburit lebih populer dengan JJS jalan jalan sore hahaha
    Kalo artis yg mendadak alim itu aku rasa biar mereka tetep laku aja sih, daripada idealis dengan keseksian tapi dibanned fpi, kan repot :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, yang penting menghasilkan daripada di banned. Haha

      Delete
  7. Sebenernya bukan ramadan tapi romadon
    Coba liat dh huruf arabny bang
    Disitu da huruf ro fathah mim fathah do fathah dan nun mati bang
    Nah temenin si nun j bang
    Gimana mw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nik, ini kan gue jelaskan menurut KBBI.

      Delete
  8. Tapi itu entah kenapa di masjid deket rumah gue ada yang 23 rakaat ada yang 11, tapi selesainya bareng. Maha Besar Allah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat gue yang 23 Rakaat malah lebih cepat. Maha besar Allah. :)

      Delete
  9. Yang pasti masjid mendadak penuh, dan pencurian sandal melonjak tajam.

    ReplyDelete
  10. setelah saya liat-liat dan pikir-pikir, sepertinya emang iya ya iklan sirup itu munculnya pas mau masuk bulan puasa dan pas bulan puasanya.. hahaha
    bukan hal yang biasa lagi kalo artis mendadak jadi alim.. biar dibilang kekinian.. wkwkwkwk
    kadang emang iya sih, buka bersama di jadikan ajang pamer.. tapi ya sudahlah, yang penting momen kebersamaannya aja.. :)
    udah liat berita yg shalat tarawih 23 rakaat dalam waktu 7 menit belum? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beritanya udah dimana-mana tuh. Super cepat cuma 7 menit. Maha besar Allah. :)

      Delete
  11. Ramadan, Ramadhan, Romadhon, atau Ramadlan? hehe aku pun masih bingung. Yang aku tahu, klo nurut ejaan kbbi dan english, pakai Ramadan. Tapi karena berasal dari kata bahasa Arab, latinnya mengarah ke ramadhan (bahkan ada komunitas di salah satu masjid UK yg jg nyebut Ramadhan). gitu Insya Allah. Jadi terserah mau nulis pakai yg mana, yg penting ngerti makna dan punya alasan hihi ^^ Selamat meraih kemuliaan Ramadhan!

    ReplyDelete
  12. Ngomongin penulisan KBBI. Awalnya gue sih, nulis Ramadhan tapi karena ngerasa ada yang salah. Guepun ngecek di KBBI dulu. Makanya judul di blog gue gak jadi salah. Awalnya sih, ada 'h'-nya. XD

    Ngomongin Sirup Marjan itu sebenarnya misterinya patut untuk gue kupas sih, nyol. Ya, lagian kenapa juga iklannya harus dibuat bersambung? Terus, kenapa iklan ini cuman dimunculin pas Puasa, terus, kenapa iklan Sirub ABC gak berani masang iklan juga? Ini misteri banget. Keknya gue perlu buat skripsi lagi, nih. XD

    Ngomonging artis seksi jadi alim, ya bener kata temen-temen di komentar sebelumnya. Biar laku dong Nyol.. XD

    Oke, yang ke-3 ini sedang gue hindari banget. Kenapa? Gue lagi males ikutan acara buka bersama gitu. Alasannya karena akan ada bukber selanjutnya yang sejatinya akan membuat gue sendiri jadi sok sibuk. Lagian, buka bersama yang paling gue pengen sekarang, cuman sama keluarga. Kalo sama orang lain, ada sih. Tapi, tahun ini keknya gak terlalu banyak gue hadiri.

    Ngabuburit. Ngebaca judul itu kalo pake nada pelan. Ada something yang rada bau jorok. Tapi, gue jarang sih, kalo di kota. Males. Macet. Kalo di kampung, baru deh... Kelayapan. XD

    Terus, soal Tarawih 11 atau 23, itu juga gue ngerasain keduanya. Kalo di Pekanbaru, lumayan banyak yg pake 11 Rakaat (lutut gue aman). Tapi, kalo di Kampung, banyak yg pake 23 Rakaat (keamanan lutut gue terancam). XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya inilah nikmatnya ramadan yang penuh keajaiban.

      Klo.solat tarawih tempat gue ada yang 23 Rakaat malah lebih cepet dari 11 Rakaat. Keren bgt!

      Delete
  13. Kalo ngomongin soal bukber, emang sih dari temen SD sampe kuliah kalo mereka ngajak bukber pasti kita ketemu, masalahnya kalo tiap hari ngadain bukber terus bisa abis uang kita. wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tiap hari, mending ajak ngontrak 1 rumah aja deh... hehe

      Delete
  14. Jadwal bukber saya sangat padat tahun ini, gak seperti tahun lalu. Dari mulai temen SMA SMP SD bahkan TK sekaligus, tapi alhamdulilaah :D berkat Ramadhan saya mendapat berkah di bulan ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen TK? Yakin lo masih inget temen TK lo sapa aja?

      Delete
  15. Jadi yang bener yang mana nih? ramadan atau ramadhan?
    Apakah nama terakhir gue harus diganti jadi ramadan? Tapi kan namanya udah ditulis di kartu keluarga :(. Oh gue ngerti, mungkin gue harus hapus pake tipe x.

    Fenomena no 4 paling gue suka, ngabuburit. Cara gue ngabuburit paling beda dari orang - orang. Biasanya gue ngabuburit sambil jalan di taman, nggak lupa sambil minum es teh biar kuat nunggu adzan maghrib. Eh ketauan deh^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak gitu juga kali pake tipex bang.. haha

      Itu ngabuburit apa ngapain ya sambil minum es teh? Haha

      Delete
  16. Temen-temen gue dari SD sampe SMA gak pernah ngajakin bukber. Udah pada lupa semua kali, gue juga udah lupa sih sama mereka :D. Ntah dimana rimbanya.

    Jadi ya paling yang ngajak temen kuliah aja.

    Kalo sholat tarawih gue lebih nyaman sama yang 11 rakaat, soalnya gue bisa dengar jelas bacaan imam. Kalo yang 23 Rakaat seakan gue lagi senam sehat. Cepat banget gerakannya. Tapi ya itu tergantung pribadi masing-masing. Bener kata lo, mereka pasti punya dasarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segitunya banget bang. Melupakan teman-teman.

      Iya, klo 23 mah pake nos bang. Haha

      Delete
  17. Bagian iklan sirup, bener banget qi. Iklannya marjan bakal mendominasi bahkan sebelum bulan puasa, eh pas nanti puasanya udah sampai minggu ke 3 gitu, si iklan marjan ini udah lebaram, gileeeee!!!!! Emang bener, kayaknya penganut iklan sirop puasanya sesuai iklan tayang pertama kali, terus nanti kalau pas iklannya lebaran udah g puasa lagi si penganut sirop ini.

    Btw kalau solat trawih ditempatku 11 rokaat, tapi alhamdulillah bacaannya masih wajar, g cepet g juga lambat, pas lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieee yang mau lebaran duluan ngikutin iklan sirup. Hehe

      Alhamdulillah klo masih wajar. Gue mah kayak lagi senam aja. Bisa sampe keringatan, padahal ada AC nya..

      Delete
  18. Kalau di desa saya ada petasan pakai bambu, ada tongklek dll. Seru banget.

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. Iya, bang! Thank udah berkunjung. :))))

      Delete
  20. Hahahaha iya banget, teraweh dari masjid ke masjid di'uji coba'. Cari yang paling cepet x))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieee yg pernah tour masjid cari yg paling cepet.. hihi

      Delete
  21. Semoga ramadhan kali ini membawa banyakberkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas. Semoga aja begitu. Aamiin...

      Delete
  22. wkwkw, artis indonesia mendadak alim XD tapi kalau bekber itu enaknya ama temen lama atau sama temen baru kenal kaya baru join ke komunitas terus ada ngadain bukber jadi seklaian renui ketimbang dengan kawan kawan sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kenapa kawan sekarang? Gak seru ya.. hehe

      Delete
  23. ternyata yang benar itu ramadan bukan ramadhan ya, makasih sudah dikasih tahu kesalahannya, biar gak salah terus.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2..
      Itu jika kita lihat dari kbbi yah...

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))