Harga Selangit, Pelayanan Menggigit


Gak kerasa, udah hampir 2 minggu ini terdampar di Pulau Jawa, tepatnya di Kota Cilegon. Klik disini yang mau tau perjalanan gue hingga sampai Pulau Jawa.

Cerita gue kali ini terkait ketidakpuasan. Jangan mikir negatif gue gak puas karena abis pijat plus-plus atau abis wisata malam bareng cabe-cabean, bukan kok. *Habisnya gue belum tau tempatnya disini sih :D

Ceritanya gini, semalem dengan sangat kejam kuota gue habis bis bis tanpa sisa. Sakitnya lagi, kuota itu pergi tanpa pamit ke gue. Ibarat lo lagi sayang-sayang sama pacar, eh tiba-tiba dia ngilang gitu aja, beberapa hari kemudian ada undangan pernikahan pacar lo tadi sama sahabat lo sendiri. Sakit bro ditujah dari belakang itu!! *Semoga gak ada yang ngalamin kayak gini ya, takut baca cerita ini malah nangis ingus.. huhu..

Abis kuota sama aja gue ketinggalan zaman. Karena takut hal itu, gue ajak sepupu gue untuk nemenin gue beli kuota. Gimana gak ketinggalan zaman coba, sms di HP gue isinya operator semua, klo nelpon paling juga cuma orang rumah. Anjir banget emang temen-temen gue sekarang, udah gak mau smsan lagi. Mau gak mau gue harus imbangi, demi terselamatkannya harkat dan martabak telor gue, hehe...

Singkat cerita, gue dan sepupu udah sampe konter. Langsung aja abang-abang sok imut beranjak dari tempat duduknya. Persis kayak model lah, tapi ini lebih mirip model majalah yasin. *Upsss...

Saat gue tanya kuota internet, ternyata tinggal provider warna kuning dengan kuota 7 GB. Karena gue belum tau di daerah ini kualitas internet, gue cari provider yang lain yang udah teruji toksisitas dan uji emisinya, hehe

Gue si cari provider warna merah atau yang pernah kerja sama dengan tim kesayangan gue. Yups! Manchester United bro!! *Semoga bisa masuk 4 besar di akhir musim, Aamiin...
Karena gak sesuai dengan hati, gue pun mencari konter lain. Tapi klo boleh di bilang, di tempat gue terdampar ini termasuk sulit cari konter yang lengkap, klo ada juga jauh. Karena udah malam, gue cari yang terdekat.

Sampe di konter kedua gue langsung melihat-lihat kartu. Gue pun memanggil pemilik konter tersebut. Dengan cepat penjaga konter itu pun keluar dengan cara yang tidak biasa. Gue terkesima dengan keindahan dan paras cantik pemilik konter itu, bisa di bilang mirip model 80an, hehe..

Maksud gue bilang model 80an itu karena bisa di bisa di bilang penjaga konter itu udah nenek-nenek. Kira-kira berumur 60 tahun ke atas. Amazing bro! Udah tua masih gigih mencari rezeki, salut!

Tapi jujur, firasat gue mulai gak enak. Why? Bayangin aja, apa bener nenek ini bisa dan paham tentang paket-paket internet. Gue mulai ragu. Langsung terlintas dan teringat nenek gue di rumah, jangankan paket internet. Maen HP aja gak bisa, dan ini nenek konter bisa, amazing bro!

Dengan sangat fasih layaknya SPG yang ada di mall, nenek tadi menjelaskan setiap produknya. Gue hanya terpaku dan diam. Gue di buat bingung karena pilihan-pilihan yang di sediakan di luar ekspektasi awal. Jujur, disini lebih mahal daripada di tanah kelahiran gue. Gue gak bisa berbuat banyak, sempat mikir gue balik lagi ke Pulau Sumatera untuk sekedar beli paket internet, namun gue urungkan niat somplak itu.

Dengan berat hati gue beli paket internet 1 GB. Sengaja gue beli kuota yang kecil karena disini lumayan mahal sekaligus ngetes kecepatan. Udah hampir di buka, tiba-tiba hati gue pindah kelain hati, yups, gue beli yang 2 GB.

"Klo yang ini ada tambahan 2 ribu untuk motong kartu mas!" Ucap nenek konter.
"Wah, nek. Gratis aja lah motong kartunya." Jawab gue mengiba.
"Gak bisa mas, ini juga nenek gak dapet untung, udah murah." Jawab nenek
"Yaudah nek!" Jawab gue kesel.

Dalam hati gue cuma ngoceh. Ya ampun nek, cuma motong kartu aja bayar. Mau naek haji dua kali ya?! Selain itu, gak mungkin banget lah gak dapet untung. Ngapain jualan coba, mending sedekah aja nek! Gue udah mulai gak respect lagi.

"Eh ini udah di potong mas, jadi 2 ribunya gak usah." Ucap nenek tadi dan langsung memberikan kartu ke gue sambil cengar-cengir.
"Iya, nek. Makasih." Jawab gue langsung memberikan uangnya dan pergi meninggalkan konter seraya berucap dasar nenek matre!

Sesampainya di rumah, gue lihat HP gue tidak melihat tanda-tanda koneksi internet.

"Kenapa ini ya?" Tanya gue ke sepupu.
"Biasanya agak lama emang, coba aja tunggu." Jawab sepupu gue yang mulai ngotak-atik.
"Kayaknya ini belum aktif deh, yuk kesana lagi". Ucap gue.
"Ya udah yuk!" Jawab sepupu gue dan langsung menuju motor.

Beberapa menit kemudian gue udah sampe di konter lagi. Gue panggil-panggil kembali nenek itu.

Langsung gue utarakan maksud gue kesana, gue jelaskan secara detail.

"Ah.. udah aktif kok disini" cetus nenek tadi dengan jutek.
"Tapi ini gak bisa, nek." Jawab gue dan mengeluarkan HP android.

Gue dan nenek konterpun berdebat masalah kartu ini, nenek itu bersikukuh klo kartunya udah aktif. Tapi kenyataannya belum. Sampe akhirnya gue kasih HPnya ke nenek itu. Terlihat nenek itupun gugup kayak tertangkap basah maling daleman jemuran. Beliaupun langsung mendaftarkan ulang di HPnya. Saat sedang mendaftarkan kartu gue, tiba-tiba nenek tadi sibuk menelpon. Entah siapa yang di telpon, mungkin gebetan... hoho intinya curhat klo kartu gue gak bisa didaftarin. Namun belum selesai nelpon, tiba-tiba sambungan telpon terputus. Eh malah ngomel sendiri lagi.

"Kenapa tadi langsung di bawa mas klo belum aktif." Seru nenek konter ke gue.
"____" Walaupun udah nenek-nenek. Tetep aja aura cewek gak hilang, dan gue (para cowok) yang selalu di salahkan. Huft!


Jujur, saat itu gue kesel banget. Apalagi perut gue udah bunyi mulu, kayak lagi ada demo minta makan dan cacing gue mulai brutal kayak anak STM yang lagi tawuran. Ngeri bro!
Beberapa menit kemudian dengan susah payah. Tiba-tiba ada pesan di HP gue. Isinya selamat bergabung dan dan nikmati kuota 2 GB selama 30 hari. Akhirnya paket gue aktif juga, gue langsung memberitahu nenek konter itu.

Setelah gue memberitahu gue pun bergegas pulang karena udah malem ditambah gue kesel sama nenek itu plus perut yang keroncongan. Lengkap sudah kesialan gue.


50 comments:

  1. Yaelah nyol.. Tp salut sama nenek ny yg gigih berjuang cari rejeki. Jgn kesel dong nyol, namanya juga nenek2, btw gak semua cewek egois loh, gak melulu nyalahin cowok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya si, gue yakin gak semua cewek kayak gitu. Mungkin salah satunya itu kamu. *eaaa... :))

      Delete
  2. Yah, yang lu adepin nenek-nenek sih. Mereka udah senior dalam hal selalu benar. Kartu sekarang udah nggak perlu dipotong kok nyol, udah dipotong dari pabriknya.
    Ngomong-ngomong yang diperut lu baru cacing? Punya gue nih udah Anaconda. Baru kelaparan bentar aja anacondanya udah makan usus gue. Bersyukur aja kalo masih berbentuk cacing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow! Amazing ada anak konda. Itu benih siapa yang ada di perut lo? Jangan bilang gue yakkk

      Delete
    2. Bukan benih ini, udah gede kok. Nggak malu tuh kalah ama nenek-nenek? Nenek-nenek udah punya konter tuh. Lu bukannya nyari kerja malah jalan-jalan ke Jawa. Wahahaha...

      Delete
    3. Gak usah dipertegas gitu juga kali bang. -____-

      Delete
  3. Cie cie yg dateng dua kali buat ketemu nenek2 konter
    Naksir y bang?
    Udah bang tembak j

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kampret lo nik! Baca yg bener woiii... haha

      Delete
  4. Eh selamat datang di pulau jawa :)
    Aku malah pingin ke sumatra :v

    Eh, dilihat dari kemarin ngirit banget yak? :P
    beneran mahasiswa? jangan-jangan kamu malah mahasiwa.

    Potong kartu emang biasanya gratis, tapi ada juga yang bayar. Itu nenek-nenek keren yak? Masih kerja, walaupun rada sengak gitu.

    tapi dia jujur lah, pas bilang kalau kartunya ternyata sudah dipotong berarti kamu gak kehilangan dua ribu mu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue pertegas, gue udah bukan mahasiswa lagi. -___-

      Untungnya si jujur, apa liat muka gue yang sok pinter ini ya. Au ah... ambil hikmahnya aja. *emang ada hikmahnya yakk... kwkww

      Delete
    2. Hei bukan mahasiswa lagi yak? Kalu gitu jangan terlalu pelit iiih. Hahaha.

      karena pelitisasi itu menunjukkan tidak berbakat kaya. Percaya deh.
      aku aja belum percaya :v

      Delete
    3. Gue gak percaya lah klo lo aja kagak.. haha

      Delete
  5. Aku salut banget deh sama nenek itu. Usia tidak menjamin seseorang bisa menjalankan usaha. Aku malah curiga nenek itu lulusan S2 di Teknik Komputer di Harvard. Memang menurut aku sih, beli ponsel GSM itu ada ribetnya juga. Yakni mesti ganti-ganti kartu internet. Dari gue SMA kelas 1 hingga sekarang, gue tetap setia pake ponsel Smartfren, karena ga ribet ganti kartu. Tapi harganya memang cukup selangit, dan pelayananya bagus juga. Saran aja sih hahaaha

    Sekarang mikro sim memang udah bawaan dari pabrik. Jadi nenek itu ga bisa nyari untung lagi hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, amazing banget klo s2 harvard. Bisa jadi si.. haha

      Ya.. lo malah promo lagi. Gue si tetep setia dengan HP gue yang ini, sampe maut memisahkan kita. ^_^

      Delete
  6. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    sabar ya nak sama nenek..

    btw, masa di sana mahal sih?
    perasaan mahalan di sumatera deh..aku kan dari jawa, sekarang malah tinggal di sumateraπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nek. Cucu sabar kok. *Eh..

      Mungkin efek persaingan yg sedikit. Gue kan bilang di tempat gue sekarang. Konter HP yang lengkap itu jarang.

      Delete
  7. Waah baru tau juga kalo masih ada nenek-nenek penjaga konter. Sering liat paling nggak itu jualan sembako bukan pulsa. Kekinian juga ya neneknya... Coba tanya masih punya cucu gak? kali aja bisa dijodohin.

    Tapi masa gitu sih beraninya debat sama nenek-nenek, kasian tau... dia kan udah nenek-nenek... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kebenaran ngapain kita takut, tapi harus pake cara yang benar dan bijak.

      Delete
    2. Ciyeee.... iya sih... tapi tetep aja dia nenek-nenek... (tetep gak mau ngalah)

      Delete
    3. Yah... namanya juga jiwa muda. Gak mau kalah lah.. hehe

      Delete
  8. Ciyee yang lagi di pulau Jawa, sugeng rawuh ya..

    Aku gak pernah beli paketan sih, biasanya isi pulsa langsung otomatis kepotong buat kuota. Terus aku pakenya yang unlimited, pake operator cerdas itu lho.

    Nenek-nenek pejaga konter pernah aku temuin, sering malah. Biasanya cuma jaga doang, yang ngisi entar anaknya. Kalau yang ini hebat lah neneknya yang jadi SPG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah itu mah mahal... hhehe

      Tenang aja, nenek itu gak pake pakaian ala SPG. Tetep rapih layaknya nenek2. :)

      Delete
  9. Hahahaha
    Sekarang setiap beli kartu baru emang ada peraturan masukin pin konter
    Gue juga pernah beli kartu tanpa diaktifin di tempat. Gak kepake. Untung ada konter lain yang baik hati ngaktifin kartu gue.

    Tapi kadang juga suka ngotot kalo masalah ginian.
    Misalnya ngisi pulsa belum masuk. Harusnya kita yang ngomel malah dia yg ngomel -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu tuh emang yg kadang bikin kzl!!!

      Delete
  10. Ngapain lo di Jawa nyol? Yakin belum tau tempatnya? Kalo udah ketemu, kabarin gue, ya.. Hahaha. Malah ikut-ikutan.

    Oke, entah kenapa bahas nenek-nenek gini, gue antara pengen kasihan sama ikutan KZL. Ikut salut juga. Bener kata lo Nyol, meskipun udah tua, tetep aja semangat nyari rezekinya. Cuman, kalo soal Neneknya jualan paket Internet. Gue sih, jelas ragu banget. Di zaman skrg aja udah jadi Nenek-nenek, gimana zaman dahulu...

    Ya, mungkin lo harus maklum aja Nyol. Nenek itu juga paling gak tau kalo paketnya error gitu. Yaiyalah, apalagi lo tunjukkin Smartphone. Zaman dulu ada kantor pos aja, udah syukur. Jadi, dua sisi lo harus ngalah. Pertama, lo sebagai anak muda harus ngalah. Kedua, sebagai anak muda harus ngerti kalo nenek-nenek jualan paket, jangan buru2 beli. Sekian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo katanya juga di pulau jawa, dimananya pangeran?? Hehe

      Iya si bang, gue seharusnya ngalah. Tapi apa daya waktu itu laper juga. *karena lapar bisa merubah orang.. hehe

      Delete
  11. Lu harus tau nyol cewe kalau udh jadi nenek itu nyebelinnya berkali-kali lipat ngelebihin cewek pms. Untung lu cuma dijutekin aja kaga diceramahin, lagian neneknya belagu amat ya jagain konter, paling itu konter punya anaknya terus dia cuma jagain doang. Nah pas lu bilang belum aktif dia nelpon anaknya nanyain gimana terus langsung masukkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin nih nenek2 levelnya naik berkali-kali lipat dari cewek PMS!?

      Delete
  12. Kirain mau cerita makan diwarteg, eh ternyata beli perdana buat internetan

    Kalau kejadian mirip kamu belum pernah, tapi yg agak mirip baru2 kemarin ini. Jadi orang kantor nitip beli paket internet kuota 4gb. Pas udah dipake orang kantor, internetnya g nyedot kuota malah pulsanya yg diabisin. Aku mrasa bersalah banget. G enak, cuman pas nanyain ke konternya juga g tau harus gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan gue bilang di warteg pit???

      Ya ampun, suram amat tuh. Jadi lo yang gantiin ya? Sabar sabar.. :))

      Delete
  13. Nenek jaman sekarang gaul ya, jualannya kuota internet haha anjrit sangar dah.. SPG muda nan ranum aja kalah nawarinnya nih.. Lah potong kartu aja mesti bayar.. perhitungan banget : D untung Udah dipotong dari sononya ya~

    Btw, lain kalo kalo mau keluar pulau, bawa perdana aja dari rumah biar hati tenang dan Gak perlu berurusan sama nenek2 cadas~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide abang emang amazing banget ya! Harus bawa2 kartu kuota kemana-mana. ^_^

      Delete
  14. AKu cengo sendiri. Serius, yang ngurus konternya nenek-nenek? Hebat! :G
    Di Jawa emang biaya hidupnya lebih mahal, sih. Harus bisa adaptasi. :)
    Intinya, sih... Harus sabar. Nggak semua proses itu cepat. AKhirnya bisa, kan? Heuheu. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak semua cepat tapi bikin kesel mah. Bisa2 naek darah uy...

      Delete
  15. anjir baru nemu gue blog macam ini. btw nice blog. Keep writing, keep sharing, keeper kebobolan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mas.
      Terus semangat menulis aja dah.. ^_^

      Delete
  16. Gile gahol nih nenek neneknya.ternyata si nenek nenek tetep saja cewek ya, walau sudah nenek nenek tidak meninggalka sifat dasar kecewek annya, salut deh sama si nenek, dia masih gigih jaga konter. Itu anak cucunya kemana ya apa gak kesihan sama nenknya, tapu sejujurnya aku lebih kasihan sama pembelinya sih, jadi annoying gitu hahahahaha

    Kutau perasaanmu pasti dilematis besar nyol, mau ngotot takut dosa, gak sopan sama orang tua, gak ngotot tapi harhanya mahal ogah rugi. Yah sabar dan tabah aja sih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, gue dilema banget waktu itu. Huft
      Tapi apa daya, waktu itu gue gak punya pilihan. Hhehe

      Delete
  17. hahahahaa.. ya ampun kebayang itu nenek nenek di konter nya gimana bawelnya pas lu balik lagi. hahahaha

    pernah juga sih gue ketemu nenek2 yg jualan, tapi nggak cantik. kek d pasar gitu kan banyak tuh nenek2 yg jualan sayuran..

    tapi walo gimana pun lu tetep harus sopan sama dia, secara dia orang tua, yg harus di hormatin.. bener tuh komennya latifah.. nanti dosaa,masuk neraka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya iya, gue gak melakukan hal itu kok!

      Delete
  18. Itu nenek-nenek beneran :' kok gaul banget ya mas wkwkw aura kecewekannya juga nggak luntur pula :D

    ReplyDelete
  19. Neneknya cekeatan bener..
    Salut gue.
    Eh, somplak banget pas bilang pengen balik ke Sumatera cuma buat beli paket internet. :D.
    Lebih somplak lagi bilang MU finish 4 besar.
    Bukannya peringkat 1-4 sampai akhir musim udah keliatan ya? hehe, pissss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ramalan gue terjadi. MU gagal finis 4 besar. -___-

      Delete
  20. Masa sig lebih mahal dibanding Sumatera? Waktu terakhir ke Palembang, kuota habis, beli harganya lebih mahal. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nemu yang murah aja si gue waktu itu... hihi

      Delete
  21. salut banget sama nenek penjaga konternya, meskipun sudah nenek-nenek tapi masih bekerja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patut di contoh si, daripada jadi pengemis kan?
      Walaupun bikin naek darah.

      Delete

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))