Radio Tetep Eksis!


Beberapa hari belakangan ini gue kesel banget sama yang namanya PLN. Kesel gue ini bukan tanpa alesan, gue kesel karena sering banget terjadi pemadaman listrik di daerah gue. Bisa-bisanya sampe 3 kali terjadi pemadaman dalam satu hari, udah kayak ngisep lem aibon aja 3 kali sehari. Bahkan kadang-kadang lebih dari 3 kali. *Huft!

Yang bikin gue makin kesel itu, pemadaman listrik cuma PHP aja. Cuma mati sebentar, gak sampe dua menit udah hidup lagi. Sialnya pas gue lagi buka laptop, dan si Adell laptop kesayangan gue langsung mati tak berdaya. Tau kan kalian Si Adell kenapa bisa langsung mati?
Disisi lain gue bersyukur cepet idup, namun disisi lain gue kesel banget. Kadang sempet mikir orang PLN cuma iseng biar ada kerjaan gitu. Dimaenin itu sakit tau  pak!


Semalem, PLN pun kembali berulah. Saat gue lagi asyik nonton anak jalanan, tiba-tiba lampu padam. Patut di ingat, gue nonton anak jalanan karena gue gak mampu merebut remote dari ibu dan adek-adek. Padahal gue udah minjem jurus seribu bayangan milik Naruto, namun tak berdaya di hadapan ibu dan adek-adek gue. Jadilah gue ikutan nonton... hehe...

Agak kesel aja gitu nonton drama sinetron itu menurut gue si. Dramatisasinya panjang banget padahal ujungnya simpel banget dan mudah kebaca endingnya. Bukan gue sok tau atau sok bisa bikin film yang berbobot. Gue cuma liat dari sudut penonton aja, cuma pengen industri sinetron lebih baik lagi. Gak hanya modal tampang artis yang kece tapi menghibur sekaligus mendidik. Maksud mengibur dan mendidik juga harus melihat pola pikir masyarakat indonesia. Jangan sampe menghibur dan mendidik bagi beberapa kalangan saja. Sedangkan kalangan marjinal kayak gue ini gak mampu mengikuti pola pikir pak produser... *Jin baik lewat bantu nulis... hehe

Selain itu yang gak gue suka dari drama percintaan sinetron. Kisah cinta yang terlalu ekstrem abis, dalam artian hanya bisa dipakai jika kita menjadi pemeran dari sebuah sinetron tersebut. Karena menurut gue kayaknya gak mungkin deh untuk di pakai di kehidupan sehari-hari.
Apa gue yang cupu ya?? Kayaknya nggak deh...
Misalnya gue pernah bikin suprise di hari ulang tahun pacar, eh malahan terlihat cupu daripada romantis. Klo mau lanjut ceritanya klik disini ya “Hanya Ada di FTV”. Maka dari itu, gue bisa bilang kisah percintaan di televisi itu kisah yang ekstrem!!

Kembali ke topik awal. Setelah listrik padam dan kegelapan datang. Gue rebahan sejenak beberapa menit. Gue gak langsung mengambil lilin karena biasanya langsung idup lagi. Karena gue sering kedapatan lagi ambil senter atau lilin pas baru mati lampu. Eh tiba-tiba idup lampunya. Di PHPin itu sakit tau pak PLN. Cius ini mah... *Hiksss sambil senderan di tembok...

Namun setelah menunggu hampir dua menitan, gue beranjak dari tempat duduk karena kali ini tebakan gue meleset. Iistrikpun tidak menunjukkan tanda-tanda menyala. Gue pun akhirnya menyalakan lilin.

Saat ini hanya lilin lah yang mampu menerangi sekaligus menemani keluarga gue. Namun, gue bingung mau ngapain, jadilah gue maenin lilin bareng adek gue yang cewek. Gue lupa juga umur adek gue yang ini berapa. Tapi yang pasti anak umuran kelas 6 SD lah. Hehe

Entah kenapa gue malem itu pengen nemenin adek gue maen lilin. Adek gue jaga lilin dan gue operasi nyari mangsa. Kita ngepet dulu! Hehe

Becanda kok, gue cuma maenin bayangan dari sinar lilin. Bentuk yang sangat mudah kayak ular, agak sulit bentuk kepala kambing dan level paling sulit menurut gue si binatang seperti ulat yang sering disebut si kaki seribu. Asli ini sulit dilakukan, gue masih kekurangan buat kakinya. Kaki gue baru ada 20, itu aja udah gue kumpulan dari jari-jari tangan dan kaki. Berarti klo gitu gue masih kurang 50 orang. Akhirnya daripada gue bawa 50 orang masuk ke rumah, gue pun urungkan niat itu. Karena gue gak bisa, gue jahil aja niup lilin dan kabur ke kamar. Adek gue pun nangis ketakutan. Hidup ini memang kejam dek... hehe

Di dalam kamar, gue cek HP gue. Gak ada notifikasi satupun. Gue curiga karena itu hal yang mustahil. Gue kan aktivis sosial media (Ngeluarin muka songong). Gue selidiki ternyata sinyal gak ada, Yaelah pake gangguan segala si. *Ihh... kzl kzl kzl...

Gue galau karena HP android lagi gangguan ditambah batre udah 8%. Gue pun iseng-iseng buka HP yang satunya. HP yang cuma bisa sms dan telpon aja tapi gue suka sama HP ini. HP yang sering gue sepelekan namun memiliki kesetiaan yang udah nemenin gue hampir 3 tahun ini. Tetep setiap walaupun udah gue duain sama HP android, namun sanggup setia. Coba klo dia punya hati dan perasaan pasti gue udah ditinggalin jauh-jauh hari.

Kegalauan gue bercampur dengan bete, dikarenakan listrik yang tidak kunjung hidup. SHIT LAHHH....!!
Demi bisa memperbaiki mood yang rusak, gue pun iseng ambil headset. Kali ini bukan dengerin mp3, karena  HP android gue udah lobet. Sedangkan HP gue yang satunya gak ada aplikasi musik. Gue pun mencoba membuka radio, yang udah lama gak gue dengerin.

Dalam keadaan gelap. Gue berbaring dengan ditemani bantal yang sedikit berbau iler ala-ala banyol. Gue dengan khidmat mencari sinyal yang pas dan paling jernih tentunya. Sampe skill tingkat tinggipun gue perlihatkan. Caranya gue taro HP gue diantara jempol dan telunjuk kaki. Setelah itu gue posisikan kaki keatas. Jadilah gaya lilin yang gue pelajari waktu SD pun berguna juga. Hehe

Dengan begini, gue bisa menangkap sinyal-sinyal cinta dengan mudah. Namun beberapa menit kemudian, tiba-tiba punggung gue berbunyi “KRETEEKKK DUBRAKK!!”. Spontan langsung gue turunkan. Gue takut tulang-tulang gue hancur oleh kebodohan gue sendiri.

Setelah mendapat sinyal yang pas. Akhirnya gue bernostalgia dengan radio yang udah lama banget gue dengarkan. Saat gue asyik mendengar salam-salam dari penyiar radio. Pikiran gue teringat waktu zaman SMA sekitar 5 tahunan yang lalu. Gue sering banget kirim-kirim salam. Sedihnya dari sekian banyak salam. Gue gak pernah kirim salam sama pacar alias gue waktu itu JOMBLO PAKE NGENEST!!. *Tisu mana tisu TOILET...

Entah kenapa klo bisa di bacain sama penyiar waktu kirim salam atau request lagu itu rasanya seneng pake banget. Ibarat gue lagi lebaran dapet baju baru campur agustusan, campur ulang tahun dan campur cewek PMS. Eh maaf untuk yang terakhir tolong abaikan. Intinya si gue seneng banget klo di respon sama penyiarnya.

Jujur... Gue gak nyangka ternyata radio tetep eksis di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju. Radio punya caranya sendiri memanjakan pendengarnya yang setia. LUAR BIASA!!

40 komentar:

  1. Ajarin dong nyol jurus seribu bayangan
    Tenang ntar gw bakal ganti kok chakralo sama rem chakra

    Abang macam apa itu sama umur adeknya sendiri gtw!!!!

    Itu pas dengerin radio, kupingnya dipasang g nyol apa dilepas gitu aja
    Hati2 kalo kupingnya dilepas bisa disemutin loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh bang klo mau belajar, hubungi gue aja.

      Bukan gak tau bang, tapi lupa.. hehe

      Tenang aja bang, gak akan gue lepas kok.. hehe

      Hapus
    2. gw juga siap ngajarin lu Bang Nik, sekalian gw nanti bakalan ngasih lo si kyubi. Kan gw naruto -_-

      Hapus
    3. Ampun bang kampret alias naruto.. haha
      Klo bang niki berhasil, gue ajarin yahhh

      Hapus
  2. Jelas masih eksis dong nak...
    hampir tiap hari gue pentengin tuh radio di pos satpam tempat kerja gue...
    SERIUS!!!

    Biasanya sih denger lagu2 malaysia lawas yg mellownya WARBIASAAAAHHHH....
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah jarang denger lagu malaysia, dulu ngehits bgt!

      With keren bang, keren masih mengikuti perkembangan radio. ^_^

      Hapus
  3. Kesel tapi tetep aja di tonton -_-
    mending kaya gue aja cari tontonan sendiri bisa download atau minta ke temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang minta sama temen bang.. klo download abisin kuota aja.. haha

      Hapus
  4. Mendinglah emak lo masih cinta sinetron dalam negeri. Lah emak gue senangnya sama yang india. Udah teriak-teriak gak jelas lagi kalau ada adegan perselisihan antara keluarga :v Tapi gue gak ikutan nonton, gue udah ada film di laptop untuk di tonton.

    Ahhhh luu, bikin gue flashback juga. Waktu SD sering juga gue bareng sama kakak kirim-kirim salam ke radio. Waktu itu juga pernah kirim salam buat keluarga yang lagi sakit di rumah sebelah, semoga cepat sembuh dan blalalal. GILAAAAAAA!!! Gue kangen sama radio, bukan sama penyiarnya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhaakk sama mak gue juga gitu ,, sinetron india turki dan antek anteknya, tapi menurut gua sinetron Anak Jalanan gak cocok kalo di tonton bocah

      Hapus
    2. Njirrr.. kok pas suka film india yg gak jelas itu ya.. haha

      Klo dulu gue suka film india sama bang sahrukan.. selain era itu, gue gak suka.. haha

      Hapus
  5. Samaan lah, akhir-akhir ini di daerah gue PLN juga ngeselin. Sering mati listrik tiba-tiba, mana lama banget lagi terus udah nyala, eh mati lagi, sering gitu.

    Dan ya, sampe sekarang gue juga masih suka dengerin radio dong. Terutama kalo lagi bete ga ada tontonan yang seru hehe. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, semenjak malem itu gue mulai suka lagi dengerin radio.. hehe

      Hapus
  6. Hmm.. Matikan saja pak PLN listriknya.. Biar mabok ini orang.. Ahaha

    Ngomogin radio, gw jdi inget pas sekolah SMA, dulu.. Ge sampingan jadi penyiar radio.. Itu ngangenin bagt bro.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih keren bang. Dulu pernah jadi penyiar radio. Pasti lo cerewet kann?? Haha

      Hapus
  7. Ini radio kayaknya bakalan selalu ada. Gak bakal mati. Peminatnya selalu ada. Malah gue punya cita cita untuk jadi penyiar juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget bro..
      Gak ada matinya deh sama radio. Keren!

      Hapus
  8. Kadang HP Samsunh lipat bisa membuat gue baper seharian,karena denger radio buat nyari lagu galau haha. Biasanya gue paling sering tuh nyari lagu di Prambors atau DeltaFM.

    Gue ga butuh hape canggih kayak Samsung Galaxy S10 , kalau samsung lipet aja udah bisa buat gue nyaman.

    Salam kenal yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang samsung galaksi s10 udah keluar bang? Hehe

      Betul bang, hp simpel tapi gak.bikin baperan ya.. haha

      Hapus
  9. Radio juga masih eksis kali, tiap pagi yang ngebangunin aku bukan alarm atau telepon dari si dia (?) tapi radio dari dapur. Kamar tidurku deket dari dapur, tiap masak ibu sambil dengerin dari radio.

    Sekarang sudah banyak sih radio yang nyediain live streaming, jadinya mereka bisa bertahan sampai sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti gue yang gak gaul ya bang.. *Hiksss

      Hapus
  10. Wah, saya kira di daerah saya aja yang sering mati listriknya..
    masih mending tuh mati nyala..
    nah, di daerah saya itu matinya bisa nyampe 1 hari..
    huaaa..

    sumpah, udah lama banget ngak pernah denger radio..
    gemana kabarnya ya? hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mati idup itu bikin alat elektronik cepet rusak. *huft!

      Baik2 aja kok kabar radionya.. hehe

      Hapus
  11. alhamdulillah daerahku masih stabil pasokan listriknya nyol, jadi jarang mati lampu. cuman emang kalau lagi ada perbaikan, ape banget kalau udah kena giliran mati lampu, ditambah batere semarpon udah diujung hayat, wasalam dah.. kagak ada hiburan.

    pas baca postinganmu, sampe pertangahan jadi cengok, lah napa berubah jadi sinetron yang dibahas? emang lah nyol, ada-ada aja. kalau dirumahku bukan sinetron yg digandrungi emak, tapi noh sinetron india yg kagak jelas ceritanya. g dikantor, g dirumah, ibu-ibunya udah kena efek sinetron yang episodenya g main-main, india=indonesia emang suka bikin sinet puanjan2 nyol, dan anehnya semua serba KHAYAL kalau kejadian di kehidupan nyata.

    kalau ngomongin radio, jadi inget jaman SMA nih nyol. dulu suka banget ngirim sms buat request lagu sama salam-salam. bener kata kamu, pas dibacain ama penyiarnya ya ampun senengnya minta ampun :D aaaah jadi rindu sama jaman putih abu-abu gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga gak suka film india, sumpah gak jelas bgt.. hehe

      zaman kirim2 salam itu asyik ya.. hehe

      Kok kita sama ya. Mungkin ini jodoh. *eh..

      Hapus
  12. Gue setuju! (angkat tangan) Gue sendiri aja masih seing dengerin radio, walaupun sekarang udah agak jarang sih... Tapi percaya ga percaya, dengerin radio punya sense sendiri. Gue aja kalo dengerin radio pasti keinget masa lalu... Keingat dulu waktu gue kecil saat orang-orang masih banyak yg setel radio,.. jadi nostalgia banget...
    Radio jangan sampe punah...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eiya... sekedar masukan. Ini ukuran font tulisan kamu bisa diperbesar? apalagi tulisan-tulisan kamu kan terbilang panjang... Jadi kasian pembaca... sekedar masukan doang sih.

      Hapus
    2. Iya bang, gue jadi ikutan flash back gitu.. hehe

      Siap bang, makasih sarannya.. thank udah baca.. ^_^

      Hapus
  13. NYolll... Makanya, besok-besok coba dengerin radio. Jangan nonton mulu. Sekarang Radio malah banyak peminatnya lho.. Bahkan udah sering radio2 nasional buat App Android. Jadi, jangan salah kalo Radio tetep bisa eksis.

    Kalo soal mati lampu, barusan tadi malem di tempat gue mati lampu, makanya gue baru sempet BW sekarang. Iya, juga sih. Mungkin pak PLN-nya lagi gak ada kerjaan. Jadi, bentar2 pencet tombol off, terus lari ke kamar... "Lah, inikan cerita lo." :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, gue nya aja ya yg kurang gaul.. hehe
      Semenjak kemarin gue malah ketagihan denger radio.. hehe

      Hapus
  14. blajar stia dong nyol, kasian hp jadulnya mlah didain sama hp android, hahahh

    pas baca "gw.pun mainin brung adek gw" kdengaran nya agak sdikit mngganjal sih, tpi pas baca ddpan nya trnyata saya yg slah paham

    Jujur dlu gw gk prnah tnggelm di dunia radio, apalagi titip2 salam, plingan main radio amtir yg "roger2" klo titip2 slam gak prnah.

    Salut buat pkerja radio masa kini. Dtngah brkembngnya tknologi mreka mlah tmbah eksis.

    Oiya, trkait ke Ngenesan banyol. Sana titip2 slam sma pnghulu gih, hahahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo aja kali pikirannya kotor.

      Iya bang. Salut deh untuk semua orang yg bisa bikin radio tetep eksis!

      Hapus
  15. Gue kira pas lu bahas sinetron, lu jadi lupa diri nyol. Bahas sinetron sampe kelar. Kan kasihan tuh sinetron, awalnya gak bermutu jadi tambah gak mutu. Ngoahahaha. Pecinta sinetron yang gak terima, sini maju lo...

    Sumpah, lu jadi kakak emang bener-bener gak berperikelahiran. Masak umur adik sendiri gak tau. Gue aja tanggal lahir kakak perempuan gue hapal, sampe jumlah mantan kakak gue berapa gue inget. Kenangan bareng mantan aja gue inget. Entah kenapa memori ini tertancap begitu dalam. Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak gak berprikelahiran itu apaan bang??
      Lah kok malah jadi baper gitu... huhuhu

      Hapus
  16. Lama aku terpisah
    Dari dirinya
    Sekian lama

    Lama sudah berlalu
    Tapi jejaknya
    Tertanam s'lamanya

    Dia s'lalu ada
    Di dalam doa
    Terselip nama
    Di dalam doa

    Reff :
    Lewat radio aku sampaikan
    Kerinduan yang lama terpendam
    Terus mencari biar musim berganti
    Radio cerahkan hidupnya
    Jika hingga nanti ku tak bisa
    Menemukan hatinya
    Menemukan hatinya
    Menemukan hatinya lagi

    Lama sudah berlalu
    Tapi jejaknya
    Tertanam s'lamanya

    Dia s'galanya bagiku
    Dia s'galanya bagiku
    Apa yang terjadi jika ku gagal menemukannya.

    (Sheila on 7 - Radio)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups!!! Keren lagunya sheila... ^_^

      Hapus
  17. Sebenernya semenjak SMA gue jadi lebih suka denger radio daripada nonton TV. Agak kuno, tapi... sweet gimana gitu :D

    Btw, sering-sering mati listrik aja biar dengerin radio terus :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak guru juga kali bang. Hp bisa lobet dan binasa gue. Haha

      Hapus
  18. " pengen industri sinetron lebih baik lagi. Gak hanya modal tampang artis yang kece tapi menghibur sekaligus mendidik. Maksud mengibur dan mendidik juga harus melihat pola pikir masyarakat indonesia "

    Setuju sama sepenggal kata" diatas mas . . .!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. makasih nih klo setuju.

      Realitanya emang seperti itu si bang!

      Hapus

Support gue dengan komentar ya, bro!
Blog ini bukan apa-apa tanpa komentar kalian... :))))